4 Manfaat Sehat Teratur Gunakan Sepeda Statis

1104
4 Manfaat Sehat Teratur Gunakan Sepeda Statis

Sport – Tak ada hal-hal yang bisa menghalangi Anda jika sudah niat berolahraga secara teratur. Olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Kalau Anda tak sempat berolahraga di luar rumah, Anda bisa memanfaatkan peralatan olahraga untuk beraktivitas fisik di rumah. Salah satu peralatan olahraga yang paling sering digunakan adalah sepeda statis.

Meskipun tampak sederhana, penggunaan sepeda statis secara teratur ternyata bisa memberikan 4 manfaat sehat ini bagi Anda:

1. Membakar Kalori Secara Maksimal

Proses pembakaran kalori ketika menggunakan sepeda statis tergantung dari berat badan, durasi, dan beban latihan. Sebagai contoh, pria dengan berat badan 70 kg dapat membakar 260 kalori bila menggunakan sepeda statis dengan beban latihan sedang selama 30 menit. Jumlah kalori yang dibakar bisa meningkat kalau beban latihannya ditingkatkan meskipun durasi latihannya tetap sama.

Menggunakan sepeda kardio statis adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Karena Anda tinggal meningkatkan durasi dan beban latihan untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Memperkuat Otot-Otot Kaki

3. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Berolahraga dengan sepeda statis sama dengan jenis olahraga cardio lainnya. Karena bersepeda olahraga statis juga akan membuat jantung bekerja secara maksimal ketika memompa darah ke seluruh tubuh. Manfaat tersebut juga sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah. Aliran darah akan senantiasa lancar. Risiko kadar gula darah dan kadar kolesterol yang tinggi pun dapat diminimalkan.

4. Meminimalkan Risiko Cidera

Risiko cidera sewaktu bersepeda memang tergolong tinggi. Karena persendian akan mengalami tekanan besar. Apalagi bila Anda harus melewati medan yang sulit dan membuat Anda rentan jatuh. Hal tersebut tak akan terjadi jika Anda mengandalkan sepeda olahraga statis. Berolahraga dengan bersepeda statis jelas lebih aman dan minim cidera bagi semua usia, termasuk bagi ibu hamil.

Empat manfaat sehat tersebut pasti membuat Anda tak ragu lagi menggunakan sepeda statis mulai sekarang. Konsisten menjalani pola hidup sehat memang tak sulit. Manfaatkan peralatan olahraga semaksimal mungkin untuk menghemat tenaga dan tetap bugar sepanjang hari.