5 Budaya Natal Di Dunia Yang Mengejutkan!

17
5-budaya-natal-di-dunia-yang-mengejutkan

Trivia – Natal adalah salah satu hari besar yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh semua orang di dunia. Pasalnya, hari raya ini identik dengan kemeriahan, kebersamaan, lagu-lagu pujian, dan hiasan merah hijau yang menyegarkan mata. Namun, perayaan Natal di masa pandemi seperti ini membuat banyak orang saling mengunjungi dan merayakannya dengan cara virtual. Menjelang Natal, banyak orang sibuk menghiasi rumahnya dengan lampu warna-warni dan juga pohon Natal baik pohon berbahan plastik atau pohon Pine asli. Di Indonesia sendiri pohon Pine kebanyakan ditemukan di Puncak, Jawa Barat. Beberapa negara luar juga merayakannya dengan keunikan masing-masing:

1. Netherland

Setiap perayaan hari Natal pada 25 Desember, anak-anak di Dutch dengan penuh semangat meletakkan sepatunya di depan perapian dengan harapan Santa Claus akan mengisinya dengan hadiah saat malam itu tiba. Dalam tradisi jaman dahulu, wortel ditinggalkan di dalam sepatu untuk kuda-kuda setia Santa, untuk anak-anak yang nakal akan menerima kentang sebagai gantinya, tapi hukuman dengan memberikan kentang ini tidak lagi menjadi pertimbangan disana sebagai taktik yang menakutkan.

2. Islandia

Negara Islandia memiliki festival yang unik di Hari Natal, dimana terdapat seekor kucing raksasa dikatakan berkeliaran di pedesaan bersalju pada waktu Natal yang disebut sebagai Yule. Secara tradisional, para petani akan menggunakan kucing Yule sebagai insentif untuk pekerjaan mereka. Bagi mereka yang bekerja keras akan menerima satu set pakaian baru, tapi mereka yang tidak bekerja keras maka tidak akan mendapatkan pakaian baru serta akan dimangsa oleh kucing raksasa Yule.

 3. Swedia

Di negara ini memiliki tradisi Natal dengan kambing raksasa Gävle sebagai simbol. Kambing raksasa ini terbakar pertama kali pada saat kemunculannya di tahun 1966. Berdasarkan tradisi dulu sebenarnya tidak ada kegiatan membakar kambing raksasa ini dan tidak mengizinkan untuk membakarnya, namun ada saja insiden yang menyebabkannya terbakar dan bagi yang membakarnya akan dikenakan hukuman. Berdasarkan informasi yang dilansir dari Visit Gävle, kambing jerami ini merupakan yang terbesar di dunia. Kambing Gävle ini memiliki tinggi 13 meter, panjang 7 meter dengan berat 3.6 ton.

4. Jepang

Pada tahun 1974, makanan cepat saji di America restoran KFC pernah membuat festival di Jepang dengan slogan “Kurisumasu ni wa kentakkii!” yang berarti “Kentucky untuk Hari Natal!”. Kampanye seperti itu masih ada hingga hari ini meskipun Natal tidak menjadi liburan nasional di Jepang yang dimana mereka akan menyantap Kentucky pada hari perayaan Natal.

 5. Norwegia

Berdasarkan cerita rakyat di Norwegia, saat malam Natal adalah malam ketika roh-roh jahat dan penyihir naik ke langit untuk melakukan kejahatan. Penyihir sering menggunakan sapu sebagai alat transportasi mereka, tradisi di keluarga Norwegia adalah menyembunyikan tongkat sapu agar penyihir tidak bisa menemukan atau mengambil sapunya sebagai alat transportasi.

Itu dia cerita-cerita natal yang mengejutkan namun unik yang terjadi di berbagai belahan dunia. Apapun itu, natal tetap menjadi hari yang dinantikan karena menjadi lambang dari kasih Tuhan yang hadir ditengah-tengah dunia dan membawa kehangatan dalam keluarga. Dimanapun kita merayakan Natal, akan tetap terasa bermakna selama dilalui bersama orang-orang yang kita sayangi. Selamat Natal dan Tahun Baru Sahabat Jaco, biarlah suka cita Natal bisa terus bersamamu!

Advertisement