Rekomendasi 5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Penderita Saraf Terjepit

70

Health – Mengalami saraf terjepit bukan berarti kamu tidak boleh sama sekali melakukan olahraga apapun karena takut malah menambah nyeri. Beberapa olahraga justru ada yang disarankan untuk dilakukan agar mengurangi nyeri dan memperkuat otot, sehingga bisa mempercepat kesembuhan dan juga mengurangi kemungkinan terkena saraf terjepit lagi kedepannya.

Dengan berolahraga, tubuh kita juga semakin sehat dan bugar. Bila kamu baru saja mengalami saraf terjepit, lakukan 5 olahraga berikut ini kamu malah bisa sembuh tanpa harus melakukan operasi, minum obat-obatan, atau pengobatan lainnya.

1. Peregangan Pemanasan

Peregangan sangat disarankan bagi saraf terjepit, dan menjadi salah satu pilihan fisioterapi. Melakukan peregangan pemanasan juga bisa membantu menambah asupan oksigen ke tulang punggungmu, yang sangat krusial untuk penyembuhan dan pemulihan.

Kamu bisa melakukan peregangan apa saja, asal jangan berlebihan alias overstretch yang malah bisa membuatmu nyeri sendi atau cedera otot. Kamu bisa menonton beberapa video tutorial gerakan peregangan di YouTube. Melakukan peregangan sangat mudah dan murah, kamu bisa melakukannya di rumah di atas selembar matras yoga atau jika tak sempat kamu bisa melakukannya di kursi bekerjamu di kantor.

2. Yoga

Yoga sangat bagus bagi kamu yang mengalami saraf terjepit, karena dapat membuatmu makin fleksibel, kuat, dan tegap, seperti dilansir dari Calorie Bee. Akan tetapi ada beberapa pose yang mungkin akan sulit dilakukan, jika terasa menyakitkan lebih baik kamu tidak melakukannya.

Jika kamu baru pertama kali mencoba yoga, lakukanlah gerakan-gerakan simpel terlebih dahulu. Karena biasanya jika langsung mencoba gerakan sulit, malah nantinya akan membuatmu stres dan cepat menyerah. Lebih baik juga menemukan instruktur yoga yang dapat membantumu mengajari pain management, dan juga beberapa pose yang bisa kamu lakukan tanpa menimbulkan rasa sakit.

Baca Juga :   Lumbar Pillow, Terapi Saraf Terjepit Tanpa Operasi

3. Berenang

Bagi orang yang bermasalah di bagian saraf, biasanya air menjadi sarana terapi pemulihan. Karena berada dalam air dapat menghilangkan tekanan dari tulang punggung dan ototmu, sehingga tubuh terasa lebih ringan dan tanpa sakit.

Salah satu olahraga yang bisa dilakukan dalam air adalah berenang. Dengan berenang bagian abdomen dan lehermu akan semakin kuat serta membantumu lebih cepat atasi nyeri.

4. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah olahraga paling mudah dan paling murah, dan kamu bisa berjalan sembari melakukan hal lain, misalnya pergi ke toko. Dengan berjalan kaki rutin, kamu juga bisa mengatur napas (karena termasuk juga dalam olahraga kardio) dan membuat moodmu rileks.

Lakukan dengan rutin setiap hari, tak perlu jauh-jauh dan berlebihan. Bawalah santai dan bisa juga kamu mengajak beberapa temanmu untuk ikut berjalan.

5. Latihan Kekuatan Punggung

Latihan penguatan punggung dapat membantu redakan dan pulihkan sarafmu yang terjepit. Ada beberapa latihan penguatan, namun pilih yang cukup ringan dan tidak terlalu sulit untuk dilakukan, seperti curl-up, plank, pelvic tilts dan bridges.

Lakukanlah semua olahraga tersebut dalam rangkaian secara rutin jika kamu sedang dalam usaha pemulihan.

Untuk mempercepat proses pemulihan, jangan lewatkan terapi saraf terjepit dengan menggunakan Lumbar Pillow ya! Dengan melakukan olahraga dan terapi rutin, niscaya saraf terjepitmu semakin cepat pulih.