5 Kesalahan Saat Membersihkan Wajah yang Seringkali Tidak Kamu Sadari

498
5 Kesalahan Saat Membersihkan Wajah

Beauty – Membersihkan wajah tentu merupakan suatu keharusan bagi setiap orang jika ingin memiliki wajah yang bersih, segar, sehat serta bebas dari berbagai macam masalah kulit seperti jerawat, kering, kusam juga berminyak. Kegiatan ini pasti tidak asing yaa buat kamu! Saking terbiasanya, umumnya banyak yang lebih berfokus pada produk yang digunakan alih-alih teknik membersihkannya sendiri. Padahal, meskipun sepele, kesalahan dalam praktik membersihkan muka sebenarnya sering kali terjadi, loh! Agar tak keliru lagi, berikut 5 kesalahan umum dalam membersihkan wajah. Check it out!

1. Tidak Menghapus Makeup Sebelum Mencuci Muka

Kesalahan yang paling umum terjadi dalam membersihkan wajah adalah tidak menghapus makeup sebelum mencuci muka. Hayo, siapa masih ‘percaya’ kalau cuci muka saja atau pakai micellar water saja cukup untuk membersihkan muka?

Walaupun tidak mengenakan makeup, ada banyak hal yang menempel di wajah dan tidak bisa benar-benar bersih hanya dengan face wash. Misalnya, residu sunscreen, minyak, kotoran, hingga partikel polusi. Oleh karena itu, perlu tahap double cleansing agar pori-pori tidak tersumbat dan berujung menjadi komedo atau jerawat.

2. Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah Penghapus Makeup

Menawarkan kepraktisan yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja, tisu basah penghapus makeup atau makeup wipes kerap jadi favorit untuk bepergian. Sayangnya, meskipun praktis kemampuannya untuk membersihkan kulit tidak maksimal.

Kalau kamu butuh membersihkan wajah secara cepat dan praktis, bisa menggunakan facial wipes ini sesekali. Namun, sebaiknya hal ini tidak dijadikan kebiasaan dan jangan dilakukan setiap hari, ya! Facial wipes kurang mampu mengangkat sisa makeup, kotoran, dan sebum dengan maksimal. Sisa kotoran ini dapat membuat pori-pori tersumbat dan berujung dengan terjadinya iritasi dan jerawat. Tak hanya itu, gerakan mengusap wajah menggunakan tisu basah secara berulang-ulang juga dapat menyebabkan kulit kemerahan dan mudah keriput.

3. Melewati Cuci Tangan Sebelum Membasuh Muka

Kesalahan lain yang kerap dilakukan adalah tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan wajah. Meskipun tanganmu tidak terlihat atau terasa kotor, selalu cuci tangan sebelum menyentuh wajah adalah hal yang penting, apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Sebab, dalam sehari-hari kebanyakan orang menggunakan tangannya untuk memegang berbagai macam benda, seperti laptop, ponsel, gagang pintu, dan lainnya. Benda-benda itulah yang tanpa kita sadari bisa saja menyimpan banyak bakteri. Jika bakteri tersebut menyentuh kulit wajah, maka bisa menyebabkan iritasi atau infeksi kulit, terutama pada orang yang rentan terhadap eksim. Untuk itu, mulai sekarang selalu biasakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan atau menyentuh wajah, ya!

Baca Juga :   Mari Membersihkan Makeup Sampai Tuntas Agar Tak Menimbulkan Masalah Kulit

4. Menggosok Wajah dengan Cleansing Brush

Demi membersihkan kulit wajah secara menyeluruh, kini banyak orang yang memilih menggunakan alat bantu, seperti sikat pembersih wajah atau sering disebut facial cleansing brush atau pore brush. Namun, jika kamu termasuk pemilik kulit sensitif atau berjerawat sebaiknya berhati-hati, ya! Pasalnya, alat tersebut justru bisa menyebabkan celah mikroskopis pada kulit yang dapat meningkatkan risiko reaksi alergi atau iritasi kulit. Jika kamu memang ingin menggunakan cleansing brush, pastikan kamu sudah tahu cara penggunaannya yang tepat, ya!

5. Tidak Menggunakan Handuk Khusus Wajah

Umumnya, orang menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah. Namun, mengeringkan wajah dengan handuk juga bisa menjadi masalah dalam dua situasi. Pertama, jika handuk tersebut terkontaminasi bakteri atau jamur. Kedua, jika handuk tersebut sangat abrasif sehingga mengakibatkan wajah jadi iritasi.

Maka dari itu, kamu harus lebih berhati-hati ketika mengeringkan wajah dan memilih handuk dengan material yang lembut. Selain itu, selalu gunakan handuk bersih dan jangan pernah mengeringkan wajah dengan handuk yang sama untuk mengeringkan tubuh yaa!