Sering Sakit Pinggang? Atasi dengan 5 Olahraga Ini!

26
Atasi Sakit Pinggang
Atasi Sakit Pinggang

Health – Gangguan kesehatan apa saja yang kerap dikeluhkan banyak orang? Salah satu yang paling sering dikeluhkan tentu saja adalah sakit pinggang. Mungkin Anda juga pernah merasa tersiksa akibat sakit pinggang. Faktor usia, kurangnya aktivitas fisik, dan salah posisi duduk rentan menyebabkan sakit pinggang.

Namun Anda tak perlu khawatir dengan gangguan kesehatan tersebut. Bila Anda melakukan 5 olahraga ini secara rutin, niscaya sakit pinggang Anda akan berangsur-angsur membaik.

Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah jenis olahraga yang sangat mudah dan bisa dilakukan semua orang. Anda hanya membutuhkan sepatu olahraga yang nyaman bila ingin mulai melakukan aktivitas fisik ini secara rutin. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Clinical Rehabilitation 2013, berjalan kaki efektif mengatasi sakit pinggang. Karena aliran darah yang lancar sangat bermanfaat untuk menyembuhkan cidera otot dan syaraf di sekitar pinggang.

Yoga

Otot-otot tubuh yang tegang juga bisa mengakibatkan pinggang Anda sakit. Solusinya, lakukanlah olahraga dengan gerakan ringan seperti yoga. Gerakan-gerakan dalam olahraga yoga akan membantu meringankan nyeri pada pinggang. Hal ini dapat terjadi karena aliran darah pada tubuh bagian bawah menjadi lancar dan otot-otot pun semakin rileks.

Bersepeda

Jangan ragu bersepeda jika Anda kerap mengalami sakit pinggang. Ketika bersepeda, berat badan Anda akan bertumpu pada tangan. Sehingga kekuatan otot tangan Anda akan semakin terlatih tetapi tidak seberat aktivitas angkat beban. Hal ini akan membuat tulang belakang Anda menjadi lebih rileks. Rasa sakit pada pinggang pun dapat segera teratasi bila Anda rutin bersepeda.

Renang

Olahraga yang satu ini dikenal sangat baik menjaga kebugaran tubuh dan risiko cideranya pun sangat rendah. Sewaktu berenang, tulang belakang Anda tak perlu menahan beban dalam jumlah besar. Aktivitas fisik ringan di dalam air akan membuat otot-otot di sekujur tubuh lebih mudah beradaptasi. Kalau Anda bosan dengan renang, Anda bisa mencoba variasi olahraga lainnya seperti aqua zumba.

Pilates

Popularitas pilates di tanah air memang belum menyamai yoga. Kendati demikian, pilates adalah jenis olahraga yang sangat baik untuk membantu meredakan sakit pinggang. Pilates terbukti ampuh menguatkan persendian yang lemah serta menguatkan tulang punggung dan anggota gerak lainnya. Pola latihan pilates secara rutin juga terbukti mampu memperbaiki postur tubuh yang kurang seimbang.

Baca Juga :   Manfaat Luar Biasa dari Berjalan Kaki untuk Kesehatan Jangka Panjang

Supaya Anda tak bosan ketika berolahraga, Anda bisa melakukan satu dari kelima olahraga tersebut secara bergantian. Sakit pinggang segera menjauh dari tubuh Anda, rutinitas sehari-hari pun bisa diselesaikan secara lancar dan cepat. Selamat berolahraga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here