Aplikasikan 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata ini Selama Beraktivitas di Rumah

144
Cara Menjaga Kesehatan Mata

Health – Selama 2 bulan lebih melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), sebagian besar lini kehidupan telah berpindah ke layar gadget, mulai dari siswa, mahasiswa, pekerja, bahkan pedagang sekalipun. Hal ini membuat mata bekerja lebih ekstra di depan layar monitor maupun handphone.

Menatap layar sepanjang hari sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar masyarakat selama menjalani PSBB ini, hal ini bisa menimbulkan berbagai masalah pada mata. Untuk itu, sebelum terjadi berbagai masalah, yuk lakukan 7 cara ini untuk menjaga kesehatan matamu selama beraktivitas di rumah!

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan sehat yang mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, C dan C, zinc, lutein, selenium, dan asam lemak Omega-3 dapat membantu menangkal masalah mata terkait usia, misalnya katarak dan degenerasi makula. Berbagai nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan dan jeruk. Jadi, jangan lewatkan makan makanan bergizi yaa selama beraktivitas di rumah!

2. Beri Jeda Saat Menatap Layar Gadget

Menatap layar komputer atau smartphone terlalu lama dapat menyebabkan mata cepat lelah. Gejalanya dapat berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhan, dan pandangan menjadi kabur. Jika kamu bekerja di depan komputer sepanjang hari, jangan lupa alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik, setiap 20 menit sekali untuk mengurangi ketegangan pada mata. Selain itu, kamu juga bisa mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam sekali. Jika matamu kering, seringlah mengedipkan mata untuk mengembalikan cairan pada mata.

3. Memakai Kacamata Anti-Radiasi

4. Membuang Make-Up Lama

Pada riasan mata berbentuk cair atau krim, bakteri dapat tumbuh dengan mudah loh! Buang dan ganti make up lamamu jika sudah 3 bulan digunakan, lakukan hal ini secara rutin. Usahakan juga untuk tidak meminjamkan make up kepada orang lain. Selain itu, pastikan selalu mencuci wajah hingga bersih sebelum dan setelah memakai make up. Jika kamu mengalami iritasi atau infeksi pada mata saat menggunakan make up, hapus riasan dan segera konsultasikan diri ke dokter ahli ya!

5. Hindari Merokok

Tahukah kamu kalau merokok dapat meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik? Penyakit ini bisa menyebabkan kebutaan serta merusak retina loh! Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan penimbunan plak di pembuluh darah dan melemahkan arteri, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung. Berbahaya sekali ya dampak dari merokok ini bagi kesehatan mata dan tubuh lainnya! Untuk itu, selama beraktivitas di rumah, hindari merokok yaa Sahabat Jaco agar kesehatan matamu tetap terjaga.

6. Rajin Olahraga

Penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi. Cara menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Jika terasa seperti ada butiran pasir di mata, bilas dengan air bersih. Apabila mata terasa gatal atau terlihat merah, atasi dengan obat tetes mata atau kompres dingin. Segera periksakan ke dokter mata jika keluhan pada mata terus berlanjut, atau jika mata terasa sakit, bengkak, sensitif terhadap cahaya, seperti ada bintik-bintik gelap mengambang ketika melihat, atau jika kamu mengalami gangguan penglihatan.

7. Lakukan Terapi Mata

Terakhir, kamu bisa melakukan terapi mata secara rutin loh meskipun beraktivitas di rumah aja. Caranya, gunakan iBrite 1-2 kali sehari selama 15-20 menit. iBrite merupakan alat terapi mata yang dapat merelaksasi dan membantu mengurangi masalah pada mata. Menggunakan iBrite secara rutin bermanfaat melatih otot mata untuk meningkatkan fokus, merangsang saraf-saraf pada area mata, meningkatkan fungsi mata, membuat mata lebih rileks dan mencegah berbagai gangguan mata.

Baca Juga :   Manfaat Luar Biasa dari Berjalan Kaki untuk Kesehatan Jangka Panjang

Nah, itu dia 7 cara menjaga kesehatan mata selama beraktivitas di rumah. Tetap jaga kesehatan mata ya, Sahabat Jaco! Karena mata yang sehat dapat membuat kita lebih produktif.