7 Tips Penting Memilih Treadmill untuk Digunakan di Rumah

44

Sport – Di jaman yang serba canggih ini, berolahraga bisa dilakukan di mana saja sesuai kenyamananmu. Bisa di gym atau tempat fitnes, bisa di area khusus untuk berolahraga dan taman kota, bahkan bisa juga dilakukan di dalam rumah loh! Buat kamu yang memiliki aktivitas padat dan sulit meluangkan waktu untuk berolahraga ke luar, kamu bisa memilih alternatif berolahraga di rumah dengan menggunakan treadmill.

Dengan banyaknya produk treadmill di pasaran, bukan berarti memilih treadmill terbaik menjadi lebih mudah. Justru kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menyeleksi berbagai tipe, fitur, ukuran, motor penggerak, perawatan, dan yang terpenting adalah harga yang cocok untuk kantongmu namun tetap berkualitas. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan hal-hal ini sebelum membeli treadmill yaa!

1. Harga Sesuai dengan Isi Kantong

Bisa dibilang alat olahraga yang satu ini punya harga yang cukup menguras isi dompetmu. Jadi, ketika kamu ingin membeli treadmill, kamu harus benar-benar pertimbangkannya dengan matang. Sebaiknya kamu tidak terlalu tergiur dengan harga treadmill yang murah, karena harga yang murah bisa akan sangat mengorbankan kualitasnya.

Saat menggunakannya pun, kamu akan berlari pada sabuk konveyor sebagai tumpuan. Untuk itu, pada bagian alat yang satu ini kamu tidak bisa asal memilih. Kamu harus mencari treadmill yang benar-benar bagus agar bagian sabuk konveyor tidak cepat rusak.

Ada dua jenis treadmill yang bisa kamu pilih. Ada treadmill manual yang sebenarnya tetap terbilang bagus, namun memiliki kekurangan tidak ada mode yang banyak untuk kamu gunakan ketika latihan. Untuk pilihan treadmill elektrik yang memiliki fitur lebih lengkap, tentunya kamu harus menyiapkan uang minimal Rp 3 jutaan ke atas untuk mendapatkannya. Namun, varian treadmill apapun yang kamu beli, pastinya nanti akan menjadi investasi di bidang kesehatanmu.

2. Periksa Setiap Bagian Treadmill

Selanjutnya, dalam memilih treadmill yang berkualitas, kamu harus memeriksa setiap bagian dari treadmill tersebut. Seperti yang sudah disebutkan di atas, sabuk konveyor pada treadmill memiliki fungsi yang sangat penting. Jadi, kamu harus jeli dalam memeriksa bagian yang satu ini. Setidaknya, konveyor tidak terlalu sempit dan pendek. Area lari kamu akan lebih optimal dengan sabuk konveyor yang memiliki lebar sekitar 40 cm. Sedangkan, panjang dari sabuk konveyor harus memiliki panjang minimal dari 100 cm. Dengan begitu, kamu bisa berlari dengan aman dan nyaman.

Baca Juga :   Jangan Sampai Rutinitas yang Sibuk Membuat Anda Malas Berolahraga! | Tips Olahraga

Jangan lupa juga untuk mengecek kecepatan minimum dan maksimum pada treadmill. Untuk lari santai atau jogging, kamu bisa mengatur kecepatan 12 km/jam untuk di awal. Gunakan sekitar 1-2 menit saja untuk mendapatkan feel lari di atas treadmill sebelum benar-benar membelinya.

3. Perhatikan Space Ruangan untuk Treadmill

Treadmill memang cocok untuk kamu yang gemar berolahraga di rumah kapan pun. Sayangnya, alat ini akan memakan space ruangan yang cukup banyak. Bahkan, di gym pun, kamu akan menemukan alat treadmill di sudut yang tersendiri dan berbeda dengan alat olahraga lainnya. Kalau kamu memang benar-benar mau membelinya, kamu harus menyiapkan sebuah ruangan khusus untuk menggunakan dan menyimpannya agar treadmillmu tetap aman dan awet.

Ada juga treadmill yang bisa dilipat untuk memudahkan penyimpanan, tapi biasanya treadmill ini punya harga yang lebih mahal dibandingkan treadmill biasa. Nah, ada baiknya kamu mulai berpikir untuk mendekor ulang beberapa ruangan di rumah kamu jika ingin benar-benar membeli treadmill.

4. Cek Kelengkapan Menu dan Kontrol pada Treadmill

Ada baiknya kamu harus menjajal treadmill yang hendak kamu beli. Hal ini mirip dengan membeli sepatu. Senyaman-nyamannya sebuah sepatu untuk kamu pakai, belum tentu nyaman untuk orang lain. Begitu juga dengan treadmill bagus yang memiliki banyak menu latihan.

Bisa jadi, menu latihan yang ditawarkan oleh sebuah merk treadmill bagus belum tentu kamu butuhkan. Kontrol dan pengaturan pada treadmill pun perlu kamu ketahui sebelum benar-benar menggunakannya. Tidak ada salahnya kamu menanyakan kepada penjualnya atau membaca buku manualnya terlebih dulu untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai fitur treadmill yang akan kamu beli.

5. Daya Motor Penggerak yang Cocok dengan Kapasitas Rumah

Ada baiknya juga jika kamu tanyakan untuk servis motor atau garansi pemakaiannya saat akan membelinya. Beberapa merk treadmill bagus biasanya memberikan garansi motor penggerak selama satu sampai tiga tahun.

6. Bisa Dibeli dengan Mudah

Tentunya kamu bisa membeli treadmill di berbagai toko olahraga. Namun, kalau kamu termasuk orang yang sangat sibuk sehingga tidak sempat pergi ke toko olahraga, membeli treadmill secara online pastinya akan sangat memudahkanmu. Selain bisa memilih dan membandingkan berbagai model treadmill di pasaran tanpa usaha lebih, kamu juga bisa memperhitungkan harga yang pas dan mencari berbagai keuntungan saat bertransaksi, bisa dalam bentuk diskon, cashback ataupun gratis ongkir.

Saat akan membeli treadmill secara online, sebaiknya kamu benar-benar membaca spesifikasi dengan detail. Jangan ragu juga bertanya kepada penjual untuk mendapatkan informasi yang kamu inginkan tentang treadmill tersebut. Karena treadmill ini bukan barang yang murah, pastikan kamu benar-benar mendapatkan informasi yang lengkap dan sesuai kebutuhanmu sebelum membelinya.

7. Mudah Dibersihkan dan Diservis

Karena kamu harus membersihkannya juga, sebaiknya tanya bagian-bagian penting yang harus dibersihkan setiap kali setelah memakainya. Penting juga untuk melihat dan mengetahui bagian-bagian yang harus dibuka untuk membersihkan treadmill tersebut. Hal ini juga jadi tips penting ketika akan membeli treadmill.

Di samping itu, tanyakan juga garansi dan aftersales dari treadmill tersebut. Karena banyak treadmill yang menggunakan mesin dan roda untuk berputar, ada baiknya melakukan servis dalam kurun waktu tertentu. Setidaknya, menambahkan oli supaya roda dan sabuk konveyor treadmill bisa terus berputar dengan lancar.

Setelah membaca tips membeli treadmill di atas, apa kamu tertarik untuk memilikinya di rumah? Sebelum tahun ini berakhir, yuk buat resolusi tubuh bagus di tahun 2019 ini benar-benar terwujud!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here