Air Purifier VS Humidifier VS Diffuser, Mana Yang Paling Baik?

26
Air Purifier VS Humidifier VS Diffuser, Mana Yang Paling Baik

Kualitas udara menjadi perhatian yang serius sejak dunia memasuki masa pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan virus mematikan ternyata bisa bermutasi dan menular melalui udara. Untuk menyiasatinya, masker sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang yang melakukan aktivitas diluar rumah maupun didalam ruangan tertutup dengan kapasitas orang yang banyak. Salah satu cara yang umum dilakukan orang untuk menjaga kualitas udara dalam rumah adalah dengan menggunakan beberapa perangkat elektronik seperti air purifier, air humidifier, dan diffuser. Ketiga alat ini memang berfungsi untuk menjaga kualitas udara, namun ternyata ketiganya memiliki fungsi utama yang berbeda tergantung kebutuhan loh! Yuk cari tahu perbedaan ketiganya dalam ulasan berikut ini!

1. Fungsi utama

Sesuai dengan nama masing-masing alat, ketiganya sudah memberikan gambaran tentang fungsi utama yang berbeda. Fungsi air purifier adalah membersihkan udara dari segala bakteri, virus, dan kotoran tak kasat mata yang beterbangan dalam ruangan. Lalu, fungsi utama air humidifier adalah melembapkan udara di ruangan. Ini sangat cocok digunakan jika ada anggota keluarga yang sering menderita flu, batuk, asma, alergi, maupun ruangan yang cenderung memiliki udara kering. Sedangkan diffuser berfungsi untuk membersihkan udara ruangan sekaligus menyebarkan wewangian dari essential oil yang biasa disertai dalam pembelian diffuser.

2. Cara kerja

Dengan fungsi utama yang berbeda, tentu cara kerja ketiga alat juga berbeda. Air purifier bekerja menyaring bakteri, virus, debu, dan kotoran tak kasat mata untuk disterilkan dan dipancarkan kembali sebagai udara bersih yang siap dihirup oleh keluarga. Lalu, air humidifier bekerja dengan mengubah air menjadi uap air dan disemprotkan ke ruangan agar udara menjadi lebih lembap. Humidifer sendiri memiliki 4 jenis sesuai sistem penguapan, yaitu sistem uap, gelombang elektronik, vaporasi, dan hybrid. Humidifier memiliki kemiripan dengan diffuser yang juga menyemprotkan uap ke udara. Hanya saja diffuser juga menyemprotkan uap dari essential oil. Diffuser juga terbagi menjadi 3 jenis yaitu diffuser ultrasonic, panas, dan uap.

Baca Juga :   Langkah-Langkah Pijat Bayi Praktis yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

3. Kebutuhan air

Banyak orang mengira peralatan pensteril udara seperti ketiga alat ini membutuhkan air untuk dapat bekerja. Ternyata, tidak semua alat membutuhkan air. Alat yang paling membutuhkan air adalah air humidifier, karena cara kerjanya yang menyemprotkan uap air ke udara agar lebih lembap. Dalam sekali pemakaian, alat ini membutuhkan kurang lebih 3 liter air. Brbeda lagi dengan diffuser yang hanya membutuhkan sedikit air sekitar 300-500 ml, serta air purifier yang tidak membutuhkan air sama sekali.

4. Tempat pemakaian

Air purifier cocok digunakan dalam ruangan yang sering digunakan untuk merokok, memasak, atau terdapat hewan peliharaan yang bisa menerbangkan bulu, karena air purifier akan bekerja menyedot udara kotor dan menyaringnya. Kemudian, air humidifier sebaiknya tidak boleh diletakkan di ruangan lembap karena hanya akan menambah kelembapan dan meningkatkan risiko jamur. Diffuser sendiri lebih cocok berada di ruangan dengan ukuran kecil karena manfaat dari wewangian essential oil akan menyebar lebih merata dan meningkatkan kualitas tidur.

Berikut sekilas ulasan mengenai perbedaan dari air purifier, air humidifier, dan diffuser. Serupa tapi tak sama, itulah yang menggambarkan ketiga alat ini, yang masing-masing memiliki keunggulan dan manfaat sendiri. Mau pilih yang mana, tergantung lagi pada kebutuhan masing-masing orang dan apa manfaat yang dicari dengan pemakaian alat ini. Yang terpenting adalah tetap pastikan Anda mendapatkan kualitas yang terbaik untuk kesehatan keluarga, dan tentunya bisa Anda dapatkan di Roomi Air Purifier dari Jaco. Air purifier Roomi juga dilengkapi dengan diffuser dan aromatherapy, sehingga Anda akan mendapat menfaat sekaligus dari air purifier yang menyaring udara kotor menjadi bersih, dan menikmati relaksasi bersama keluarga dengan wewangian yang melegakan. Khususnya di masa pandemi ini, kitab isa bantu ciptakan suasana rumah yang lebih bersih agar keluarga bisa lebih nyaman menghabiskan waktu di rumah, dan Roomi adalah jawaban paling tepat untuk kesehatan keluarga Anda!

Baca Juga :   Air Purifier Turunkan Risiko Penularan Virus Corona? Simak Penjelasannya!
Advertisement