Alasan Kenapa Kamu Harus Merawat Kulit Sejak Dini

655
Alasan Kenapa Kamu Harus Merawat Kulit Sejak Dini

Beauty – Kulit menjadi aset tubuh yang sangat penting. Memiliki kulit yang sehat dan terawat merupakan keinginan setiap orang. Dengan kulit yang sehat, maka polutan penyebab penyakit kulit bisa terhindarkan. Sejak kapan baiknya memulai perawatan kulit? Tentu jawabannya sejak dini, yaitu mulai dari remaja. Perawatan kulit yang dilakukan sejak dini bisa menjadi sebuah investasi kamu di masa depan nanti loh!

Risiko Ketika Kita Tak Merawat Kulit Wajah Sejak Dini

Mungkin saja di awal usia 20an, kita tak terlalu cemas mengenai kondisi kulit saat ini. Seakan semuanya terasa baik-baik saja, tanpa melakukan rangkaian perawatan kulit tertentu. Namun ingatlah, menjaga kulit tetap bersinar di usia 20 hingga seterusnya merupakan investasi jangka panjang dalam hidup.

Melansir Everyday Health 90% penyebab penuaan dini adalah faktor radiasi sinar matahari dan asap rokok. Tidak melakukan eksfoliasi kulit dapat menumpuk sel kulit mati, sehingga kesehatan kulit tidak terjaga. Membiarkan kulit tidak terawat bisa mengakumulasi masalah kulit. Efek yang timbul ketika kita malas mengeksfoliasi adalah kulit jadi lebih kusam. Padahal, kulit butuh beregenerasi. Karena itu, faktor tersebut perlu kita cegah dengan perawatan sejak remaja.

Manfaat Merawat Kulit Sejak Dini Untuk Kesehatan Tubuh

Tidak ada yang sia-sia ketika kamu mulai menjaga kesehatan kulit sejak sekarang. Salah satu manfaat yang diperoleh merawat kulit sejak dini adalah terhindar dari penuaan dini. Bagaimanapun, kulit merupakan organ terluar dari tubuh manusia. Kulit memberikan perlindungan untuk organ internal tubuh dengan berjuang melawan polutan, sinar UV, dan mikroorganisme penyebab penyakit.

Oleh karenanya, penting untuk merawat kulitmu selagi masih ada waktu. Mengaplikasikan sunscreen yang memberikan proteksi terhadap sinar UVA dan UVB dengan minimal SPF 30 merupakan salah satu upaya mudah untuk merawat kulit wajah dan tubuh. Ketika kesehatan kulit terjaga, tentu akan mengurangi mikroorganisme yang masuk ke dalam kulit. Dengan demikian, kulit sehat dan terhindar dari jerawat dan iritasi.

Sejak Kapan Sebaiknya Kamu Memulai Perawatan Kulit Wajah?

Ada baiknya seseorang mulai merawat kulit wajah dan tubuhnya di pra-remaja. Kulit yang sehat juga membuat wajah tampak lebih berseri. Melakukan perawatan rutin juga dapat mencegah dan menyembuhkan pertumbuhan jerawat, serta komedo. Nah, untuk di usia muda, ada tiga perawatan wajah dasar yang perlu dilakukan, yakni:

1. Bersihkan dan Cuci wajah

Merawat kulit wajah dapat dimulai secara mudah dengan menjaga kebersihannya. Masalah kulit wajah seperti jerawat tumbuh karena keringat, kotoran, minyak. Sebelum mencuci wajah, lebih baik kamu membersihkan dengan cleansing water, lalu cuci wajah dengan sabun cuci muka setiap pagi dan malam sebelum tidur yaa!

2. Pakai pelembap

3. Rutin Eksfoliasi Kulit Wajah

Untuk menjaga kulit tetap segar, kamu harus rutin mengeksfoliasi kulit wajah agar sel-sel kulit mati terangkat. Pastikan kamu menggunakan eksfoliator yang terbuat dari bahan alami dan aman untuk kulit wajah remaja. Lakukan kegiatan eksfoliasi ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu yaa!