5 Jenis Alat Olahraga dari Jaco TV Shopping yang Pas Digunakan Di Rumah Aja Saat Berpuasa

708
5 Jenis Alat Olahraga dari Jaco TV Shopping yang Pas Digunakan Di Rumah Aja Saat Berpuasa

Sport – Hai Sahabat Jaco! Rasanya Ramadan tahun ini berbeda dari Ramadan tahun sebelumnya yaa, hal ini dikarenakan kondisi dunia yang sedang mengalami pandemi Covid-19, sehingga berbagai kegiatan yang rutin dilakukan selama Ramadan di luar rumah, harus tetap dilakukan meski di dalam rumah. Salah satunya adalah berolahraga. Berolahraga saat Ramadan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama meningkatkan imun tubuh saat berpuasa di tengah pandemi. Namun, kamu harus tetap berolahraga di rumah saja ya! Nah, berikut ini 6 jenis alat olahraga yang pas kamu gunakan di rumah aja saat berpuasa.

1. Treadmill

Olahraga pertama yang mudah untuk dilakukan di rumah adalah jogging. Walaupun jogging identik dengan kegiatan berlari, tapi kamu tidak perlu berputar-putar dalam rumah. Dengan menggunakan treadmill, kamu cukup berlari di tempat sambil nonton televisi juga bisa. Lakukan aktivitas ini setidaknya selama 10 menit setiap hari. Jadi, aktivitas olahraga ini bisa dilakukan secara lebih menyenangkan.

2. Sepeda Statis

Bersepeda merupakan sebuah kegiatan olahraga dengan cara mengayuh. Dengan bersepeda, dapat menguatkan kaki, meningkatkan kesehatan dan membakar kalori. Sekarang, olahraga ini bisa dilakukan di rumah, yakni dengan sepeda statis. Alat ini memiliki banyak manfaat, mulai dari mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood, hingga atasi penyakit berbahaya, lho!

3. Home Gym

Homegym merupakan alat olahraga yang paling lengkap diantara alat olahraga lainnya. Homegym biasanya digunakan oleh member fitness untuk latihan pull up, olahraga ini cocok untuk kamu yang ingin membentuk otot di seluruh tubuh. Penggunaan homegym cukup mudah, kamu hanya perlu mengatur posisi duduk yang diinginkan, lalu kamu bisa menariknya dengan kedua lengan. Alat homegym jarang digunakan di rumah, karena lebih cenderung kepada member gym. Namun tidak menutup kemungkinan bila anda ingin mendapatkan alat homegym ini di rumah sendiri.

4. Air Walker

Selanjutnya, kamu bisa berolahraga di rumah dengan air walker. Air walker sendiri merupakan alat olahraga yang bisa kamu gunakan dengan berbagai macam fungsi, diantaranya adalah Stretching, Walking / Jogging, Sprinting, Squeezing (dada, pinggul, betis), Lean forward (dada, pundak, triceps), Back forward (punggung, biceps, pinggang), Inner/ outer thigh (paha dalam, paha luar). Dengan menggunakan alat ini kamu dapat melakukan latihan untuk mengencangkan tangan, punggung, paha, betis dan bokong, mengeraskan bahu, meregangkan lengan tangan, kaki dan pinggang.

5. Dumbbell

Jika belum begitu berani untuk menjajal angkat beban, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan dumbell untuk melatih kekuatan lengan. Dumbell bentuknya lebih kecil dan pendek dari barbel, hanya bisa digunakan untuk satu tangan. Ukuran berat dumbbell pun bermacam-macam, berkisar dari 2-10 kg, tergantung pada kemampuan kamu. Dumbbell sendiri bisa membantu kamu dalam membentuk massa otot lengan dan bahu. Dumbbell juga bisa diikutsertakan saat kamu melakukan sit up, bench press, hingga squat untuk memaksimalkan sesi olahraga.

Berpuasa sering dijadikan alasan oleh kita untuk tidak melakukan olahraga, apalagi dalam kondisi pandemi saat ini. Padahal berolahraga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Namun, seiring dengan banyaknya alat olahraga yang dapat digunakan di rumah, hal itu tidak bisa dijadikan alasan lagi. Alat yang dijual pun sangat beragam dan dapat kamu pilih sesuai kebutuhan serta budget yang dimiliki.

Sesuaikanlah jenis latihan serta gerakan olahraga dengan kondisi tubuh masing-masing, ya. Jangan lupa, selain berolahraga, mengatur pola makan sehat juga tidak kalah penting. Ingat, menjaga kesehatan jauh lebih baik daripada berobat. Yuk ubah pola hidupmu mulai sekarang!

Advertisement