Allantoin, Bahan Super pada Mineral Peeling

1297
Mafaat allantoin, Bahan Super pada Mineral Peeling
Mafaat allantoin, Bahan Super pada Mineral Peeling

Beauty – Untuk kalian yang sering menggunakan skincare pastilah jeli untuk melihat daftar bahan yang terdapat dalam kandungan skincare salah satunya adalah allantoin. Tahukah kalian apa itu allantoin? Yuk simak bahan super yang satu ini.

Apa itu Allantoin?

Allantoin terbuat dari nitrogen yang terbentuk secara alami dengan kegunaan sebagai pendingin kulit. Kandungan allantoin ini merupakan bahan yang sering digunakan sebagai bahan pelembab untuk mengobati atau mencegah kulit kering, gatal, bersisik dan iritasi ringan seperti ruam karena popok, luka bakar dan terapi radiasi). Biasanya allantoin berbentuk bubuk kristal berwarna putih dan tidak berbau. Zat ini pun memiliki kegunaan untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel baru dan jaringan sehat. Allantoin termasuk kedalam zat emmolients, zat yang dapat melembabkan dan melembutkan kulit, membantu pengelupasan sel kulit mati dengan aman dan mengurangi rasa gatal. Jika diperhatikan memang kegunaannya mirip dengan zinc oxide yang cukup popular digunakan untuk melindungi kulit dari iritasi.

Penyebab utama dari kulit kering adalah hilangnya kelembaban di lapisan kulit epidermis (lapisan kulit paling atas). Pelembab yang mengandung allantoin ini membentuk lapisan minyak di kulit atas yang dapat menghambat air keluar dari dalam kulit. Allantoin banyak digunakan sebagai kandungan dalam berbagai kosmetik seperti lotion atau gel pembersih (seperti mineral peeling dari Jaco), sampo, bedak bayi, gel rambut, tabir surya, krim cukur dan masker.

Apa saja manfaat Allantoin?

Allantoin bermanfaat untuk memberikan perlindungan pada kulit yang terluka, mengalami luka bakar, sengatan matahari atau tergores. Melembabkan kulit yang kering, melembutkan luka dingin dan lepuh pada kulit. Melindungi luka kecil seperti lecet, pecah-pecah, retak atau kulit yang terbakar. Mengurangi dan mencegah ruam yang timbul akibat popok. Mengembalikan kondisi kulit setelah lecet atau iritasi kulit ringan akibat gatal dan kemerahan.

Efek Samping dari Allantoin ?

Jika anda mengalangi peradangan kulit seperti iritasi dan kemerahan yang sering muncul, maka segeralah pergi konsultasi ke dokter. Hampir dapat dipastikan jika dokter akan memberikan resep dengan kandungan Allantoin. Jika memang dokter memberikan resep dengan kandungan Allantoin sudah dapat dipastikan jika kandungan tersebut memiliki banyak manfaat daripada resiko efek samping.

Terjadinya alergi akibat pemakaian Allantoin sangatlah jarang terjadi. FDA, sebuah lembaga administrasi pengawasan makanan dan obat-obatan di Amerika menyatakan bahwa Allantoin tidaklah beracun, tidak menyebabkan iritasi dan non-alergi. Zat ini aman digunakan dalam dosis yang dianjurkan tentunya.

Nah sekarang sudah tahu kan kalau produk perawatan kulit yang mengandung zat allantoin ini memang terbuat dari bahan alami yang pasti ampuh untuk atasi masalah kulit kalian.

Advertisement