Bosan dan Gelisah ? Tanda Gejala Cabin Fever!

26

Kesehatan – Kehadiran varian baru Omicron, yang dikenal sebagai varian dengan tingkat penyebaran tercepat membuat lonjakan peningkatan kasus Covid 19 saat ini hampir mencapai angka 50.000. Hal ini memicu beberapa perusahaan untuk melakukan sistem kerja Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Sayangnya kebijakan ini memicu berbagai perdebatan. Selain karena komunikasi antar tim menjadi tidak efektif, produktivitas pun dapat menurun akibat berbagai distraksi dirumah. Pekerja pun rentan mengalami rasa sedih, bosan dan gelisah yang merupakan tanda-tanda gejala dari Cabin Fever.

Cabin Fever mengacu pada perasaan negatif akibat merasa terjebak atau terisolasi terlalu lama. Cabin Fever tidak termasuk dalam gangguan psikologis namun dapat dirasakan oleh semua orang dengan gejala yang berbeda-beda.

Adapun gejala Cabin Fever yang perlu diwaspadai, seperti:

  • Merasa sangat sedih, gelisah (agitasi), dan putus asa
  • Lemas atau kurang energi
  • Mudah marah dan tersinggung
  • Sulit berkonsentrasi atau berpikir
  • Mengalami gangguan tidur, seperti sulit tidur atau bangun terlalu dini
  • Menjadi tidak sabar
  • Tidak tertarik dan tidak memiliki motivasi terhadap segala hal
  • Kerap mengidam makanan atau justru tidak nafsu makan
  • Mengalami kenaikan atau penurunan berat badan
  • Sulit percaya pada orang-orang di sekitarnya
  • Tidak mampu mengendalikan emosi dan stres

3 alternatif untuk mencegah dan mengatasi Cabin Fever

Cara paling efektif untuk mencegah dan mengatasi Cabin Fever adalah dengan berpergian atau melakukan aktivitas diluar seperti biasa. Namun, dengan kondisi dan kasus Covid 19 yang semakin tinggi, berikut beberapa alternatif yang dapat Anda lakukan dirumah.

  1. Jaga komunikasi dengan orang lain

Salah satu penyebab terjadinya Cabin Fever adalah rasa kesepian akibat terisolasi terlalu lama. Menjaga komunikasi dengan orang lain dan berbagi cerita mengenai keseharian dapat membantu Anda mengurangi rasa kesepian tersebut.

  1. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Sering mengidam makanan tertentu dapat menjadi tanda bahwa Anda merasa bosan. Dalam kondisi seperti ini, pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan, seperti diabetes. Beberapa makanan sehat dan bergizi juga diketahui dapat menjadi mood booster loh!

  1. Olahraga 15-30 menit sehari

Jaga tubuh Anda agar tetap bugar dengan cara rutin berolahraga 15-30 menit sehari. Ada berbagai macam pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan di dalam ataupun di sekitar rumah Anda, misalnya seperti berjalan kaki di pagi atau sore hari. Rutin berjalan kaki diketahui mampu mengurangi kadar gula darah dan resiko terkena penyakit diabetes. Selain itu berjalan kaki juga membantu mengeluarkan hormon endorfin yang bertugas untuk memperbaiki suasana hati dan mengurangi rasa cemas.

Agar seluruh manfaat berjalan kaki dapat Anda rasakan secara efektif dan maksimal, pastikan Anda menggunakan sandal yang nyaman dan dapat memberikan manfaat kesehatan seperti Sandal K-Walk. Sandal K-Walk memiliki cushion empuk sebagai penahan guncangan saat berjalan. Dilengkapi dengan titik refleksi yang lembut serta kandungan Serbuk Batu Turmalin, Herbal Argy wormwood, terapi getaran dan magnetik.

Kandungan ini dapat membantu Anda untuk memperlancar aliran darah, meningkatkan metabolisme tubuh, detoksifikasi dan masih banyak lagi! Sedangkan titik refleksi yang lembut pada Sandal K-Walk, mampu memberikan sensasi sedang dipijat atau relaksasi, sehingga dapat mengurangi stress. Sandal K-Walk tersedia dalam 4 series: K-Walk Strap, K-Walk Plus, K-Walk Energy dan K-Walk Relaxer yang bisa Anda pilih menyesuaikan kebutuhan dan selera Anda.

Segera cegah dan atasi gejala Cabin Fever akibat terlalu lama Work From Home dengan berjalan kaki menggunakan Sandal K-Walk!

 

Advertisement