Bukan Cuma Membakar Kalori, Ini Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

41
Bukan-Cuma-Membakar-Kalori,-Ini-Manfaat-Jalan-Kaki-di-Pagi-Hari

Health – Ada banyak manfaat jalan kaki di pagi hari yang perlu diketahui oleh banyak orang, bukan hanya sekedar untuk membakar kalori. Tidak banyak orang yang melakukan aktivitas ini di pagi hari karena sulit untuk bangun. Maka dari itu, kamu perlu tahu beberapa manfaatnya agar mata dapat terbuka lebar.

Saat kamu menetapkan diri ingin menurunkan berat badan, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar hal tersebut tercapai. Salah satunya yaitu dengan jalan kaki selama kurang lebih 30 menit di pagi hari. Namun, apa aja sih manfaat jalan kaki di pagi hari selain untuk membakar kalori yang berlebih dalam tubuh? Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengurangi gejala varises

Seiring bertambahnya usia, varises sangat mungkin terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh darah vena yang biasanya terjadi di sekitar betis dan kaki.

Jalan kaki setidaknya 30 menit bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi, sehingga tidak terlihat lagi pembuluh darah vena yang menonjol dan terlihat di area betis.

2. Menurunkan risiko penyakit kronis

The American Diabetes Association menyatakan berjalan kaki mampu menurunkan kadar gula darah dan risiko terkena penyakit diabetes. Selain itu, peneliti di University of Boulder Colorado dan University of Tennessee menemukan fakta bahwa berjalan kaki rutin setiap hari bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke sebesar 20 hingga 40 persen.

Bahkan penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine tahun 2002 menemukan fakta bahwa orang yang berjalan 30 menit per hari atau melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama lima hari setiap minggunya memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak.

3. Memperkuat otot paha dan betis

Manfaat jalan kaki 30 menit sehari lainnya yang bisa didapatkan yaitu menguatkan otot paha dan betis kamu. Alih-alih terlihat bergelambir karena lemak, latihan ini bisa membuat tampilan kamu lebih baik karena otot yang mengencang. Melakukan latihan kekuatan seperti squat dan lunges bahkan dapat semakin mempercantik tampilan betis dan paha.

4. Membuat suasana hati semakin baik

Tahukah kamu kalau manfaat berjalan kaki 30 menit sehari ternyata sama dengan makan tiga buah dark chocolate. Pasalnya, orang yang rutin berjalan kaki mengalami perubahan sistem saraf yang membuat suasana hati lebih baik dan menimbulkan rasa senang.

5. Lebih kreatif

Sebuah penelitian tahun 2014 di Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition, membuktikan bahwa berjalan kaki dapat memicu kreativitas. Oleh karena itu, mempraktikkan hal ini setiap hari tentu bisa kamu jadikan terapi berpikir kreatif.

Jika jarak tempat tinggal hanya sekitar 30 menit dari rumah, maka kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan tidak naik kendaraan. Berjalan kaki di pagi hari akan jauh lebih menyehatkan karena sinar matahari pagi menjadi salah satu sumber vitamin D terbaik untuk tubuh.

Agar kamu nyaman jalan kaki lama dan jauh, saatnya #GantiJadiKwalk sekarang! Karena Sandal K-walk adalah satu-satunya sandal kesehatan yang menggabungkan teknik suspensi peredam hentakan dan partikel gelembung udara dalam satu alas.

Sandal K-walk terbuat dari bantalan sol EVA yang biasa dikenal Phylon, yang merupakan jenis bantalan sol yang disebut sebagai Penahan Guncangan Terbaik di Dunia. Cushion EVA adalah Cushion dengan bahan Paling Ringan dan Empuk diantara jenis bantalan lainnya, sehingga dapat memberikan kenyamanan saat berjalan jauh dan berdiri lama.

Selain itu, Sandal K-walk juga memberikan kesehatan pada tubuh melalui Titik Akupuntur super lembut yang memberikan efek relaksasi saat berjalan, Ion Negatif yang melancarkan aliran darah serta Herbal Argy Wormwood yang dapat berfungsi untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

Segudang manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan berjalan kaki 30 menit di pagi hati. Jadi tunggu apa lagi, mulailah untuk hidup lebih sehat dari hal termudah yang bisa kamu lakukan, dengan jalan kaki pakai Sandal K-walk!

Advertisement