Bunda, Ini 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak!

42
Bunda,-Ini-5-Cara-Menjaga-Kesehatan-Mata-Anak

Health – Tanpa disadari, anak-anak sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa memberi dampak buruk terhadap kesehatan mata mereka. Misalnya seperti mengucek mata, nonton televisi terlalu dekat, atau main gadget selama berjam-jam. Sebagai orangtua, Bunda tentunya enggak mau kan mata anak menjadi rusak, sehingga di usianya yang masih kecil ia sudah harus menggunakan kacamata? Karena itu, menjaga kesehatan mata anak sangat penting agar ia dapat melakukan berbagai macam aktivitas, terutama belajar secara optimal.

Penglihatan yang baik sangat dibutuhkan anak untuk perkembangan fisik, kognitif, dan sosialnya. Di masa kanak-kanak, Si Kecil akan belajar bagaimana caranya menggunakan mata untuk melihat, membedakan warna, membaca, dan masih banyak lagi. Bila kondisi mata mereka kurang optimal atau bahkan terganggu, Si Kecil akan kesulitan melakukan berbagai macam hal, termasuk belajar dan bersosialisasi.

Untuk menghindari gangguan mata pada anak, Bunda tentu harus memelihara kesehatan matanya dengan baik. Caranya ada beragam, seperti:

1. Mengonsumsi dan memberikan makanan bergizi

Saat hamil, Bunda disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin A dan omega 3. Hal ini karena kedua nutrisi tersebut dibutuhkan dalam menunjang perkembangan mata janin dalam kandungan.

Nah, ketika Si Kecil terlahir ke dunia juga demikian. Bunda perlu untuk memasukkan makanan yang mengandung vitamin dan omega 3 ke dalam menu MPASI-nya. Adapun makanan yang mengandung vitamin A dan omega 3 yang perlu Bunda konsumsi dan diberikan kepada Si Kecil antara lain ubi jalar, ikan salmon, wortel, dan bayam.

2. Memeriksakan kesehatan mata anak

Bunda disarankan untuk memeriksakan kesehatan mata Si Kecil sejak usianya menginjak 6 bulan, meskipun tidak terlihat ada gangguan mata sekalipun. Kemudian, lakukan pemeriksaan mata rutin setiap 2 tahun sekali.

Baca Juga :   Yuk Ubah 7 Kebiasaan ini yang Dapat Membuat Tubuhmu Menggendut Tanpa Disadari

Hal ini dilakukan tidak hanya untuk menjaga kesehatan mata anak, tapi juga mencegah dan menangani gangguan mata yang mungkin diderita anak. Pasalnya, semakin cepat terdeteksi, diharapkan gangguan mata yang diderita anak akan semakin cepat untuk teratasi.

3. Menstimulasi penglihatan anak

Ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk menstimulasi penglihatan Si Kecil agar dapat berkembang dengan baik. Salah satunya adalah memberikannya mainan yang menarik dengan berbagai bentuk dan warna. Namun, pastikan bahwa mainan yang diberikan aman untuk Si Kecil ya, Bun.

4. Mengajak anak untuk mengunakan kacamata hitam saat di luar ruangan

Ajak anak untuk menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di bawah terik matahari. Hal ini dilakukan untuk mencegah dampak negatif paparan sinar matahari langsung pada mata, seperti kerusakan pada kornea dan retina mata.

Selain itu, usahakan untuk tidak mengajak anak bermain atau beraktivitas di luar ruangan saat sinar matahari sedang sangat terik, yaitu pada pukul 11.00 hingga 15.00.

5. Membatasi penggunaan gadget

Batasi penggunaan gadget pada anak dengan membatasi waktu anak bermain gadget yaitu hanya 1 jam per hari, terutama pada anak di bawah usia 5 tahun.

Aturan ini penting untuk Bunda terapkan karena penggunaan gadget yang berlebihan bisa berdampak negatif pada kesehatan mata, seperti mata lelah, gangguan ketajaman penglihatan, dan mata kering.

6. Rutin memakai iBrite

iBrite adalah alat terapi mata yang menggunakan metode cahaya 3D yang melatih otot silaris mata dengan cara berganti fokus antartitik dan jarak dengan cahaya 3D yang bergerak, digital akupuntur yang menstimulasi elektrik pada 7 titik di area mata untuk meregangkan otot silaris agar tidak kaku.

Baca Juga :   Sering Sakit Pinggang? Atasi dengan 5 Olahraga Ini!

Serta vibration yang berfungsi merangsang area mata untuk merelaksasi serta melancarkan sirkulasi darah. Terapi mata anak dengan menggunakan iBrite setiap hari selama 15 menit saja dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata anak jangka panjang.

Dukung juga kesehatan mata dan fungsi penglihatannya dengan memastikan Si Kecil mendapat istirahat yang cukup. Umumnya penglihatan anak sudah berfungsi sepenuhnya setelah usia tujuh tahun. Berikan yang terbaik untuk Si Kecil ya, Bun!