Wajib Tahu! Cara Memijat yang Aman dan Nyaman Bagi Ibu Hamil

976
cara memijat ibu hamil - jaco tv shopping

Health – Kehamilan merupakan hal menyenangkan bagi pasangan suami istri. Keinginan untuk memiliki buah hati pun akan segera tercapai. Sayangnya, ibu hamil kerap mengalami keluhan pada bagian tubuh tertentu. Sebab perubahan bentuk tubuh dan pertambahan bobot calon bayi memang rentan menyebabkan pegal.

Faktanya, ibu hamil juga boleh dipijat untuk mengurangi keluhan pegal dan lelah. Cara memijat ibu hamil memang tak boleh sembarangan.

Namun, Anda bisa mempraktikkan cara memijat ibu hamil berikut ini dengan mudah. Agar ibu hamil kembali bugar dan bersemangat:

Memijat Bagian Punggung

Bagian sekitar punggung ibu hamil memang mudah lelah seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Oleh sebab itu, Anda bisa memijat bagian punggung ibu hamil secara perlahan-lahan. Letakkan kedua telapak tangan pada punggung ibu hamil. Lalu mulailah memijat dengan gerakan lembut dari atas ke bawah dan sebaliknya. Lakukan gerakan tersebut berulang kali agar ibu hamil merasa lebih rileks.

Menggunakan Ibu Jari

Baringkan ibu hamil ke arah kiri dengan posisi tubuh yang lurus. Anda juga dapat menggunakan bantal untuk mengganjal bagian perut. Selanjutnya, gunakan kedua ibu jari untuk memijat tulang belakang ibu hamil, tepatnya di bagian tengah punggung. Pijatlah pelan-pelan sembari mengajak ibu hamil menarik dan menghembuskan napas. Cara memijat sederhana yang satu ini rupanya ampuh membuat ibu hamil lebih mudah tidur nyenyak.

Bagian Samping Perut Juga Boleh Dipijat

Saat ibu hamil masih dalam posisi berbaring, Anda juga dapat memijat bagian samping perutnya. Gunakan baby oil atau spa oil untuk mempermudah gerakan tangan. Usahakan untuk tidak menekan perut terlalu kuat. Gosokkan tangan dari bagian samping perut hingga ke sekitar tulang kemaluan. Otot-otot sekitar perut akan terasa lebih rileks dan tidak menimbulkan kontraksi dini.

Punggung Kaki Juga Boleh Dipijat

Ibu hamil sering mengalami keluhan berupa pembengkakan punggung kaki. Oleh sebab itu, Anda juga boleh memijat punggung kaki dengan gerakan lembut. Karena cara memijat yang lembut tersebut dapat membantu memperlancar peredaran darah. Sebaliknya, Anda tak boleh memijat bagian telapak kaki. Karena di telapak kaki terdapat banyak titik-titik akupuntur yang berhubungan langsung dengan rahim.

Wah, ternyata cara memijat ibu hamil tidak sesulit yang Anda bayangkan. Kalau Anda telaten mencobanya, rasa pegal dan lelah yang dialami ibu hamil akan berangsur-angsur membaik. Proses kehamilan pun akan berlangsung lebih lancar dan menyenangkan.

Advertisement