Cara Mudah Mengurangi Mata Minus Tanpa Tindakan Medis

53
Cara Mengurangi Mata Minus

Health – Mata minus merupakan salah satu musuh terbesar generasi milenial dan Gen Z yang kerap berinteraksi dengan berbagai macam alat elektronik, mulai dari smartphone hingga laptop. Cara mengurangi mata minus bisa dilakukan dengan menerapkan berbagai langkah.

Mata minus atau yang memiliki nama lain Miopia, adalah kondisi dimana mata tidak dapat menangkap bayangan objek jauh tepat di retina, melainkan di depan retina. Maka dari itu, orang dengan Miopia memiliki penglihatan jarak jauh yang buruk. Objek yang jauh akan terlihat buram sebab fokus mata tidak jatuh tepat pada retina. Ini bedanya mata orang normal dan yang mengalami mata minus.

Bagi para penderita mata minus yang kecil, cara mengatasinya tidak perlu menggunakan kacamata atau penanganan khusus. Cukup mengonsumsi makanan sehat dan menerapkan pola hidup yang benar. Namun, untuk penderita mata minus yang telah menyentuh angka besar, operasi menjadi satu-satunya cara untuk mengobatinya. Operasi ini menggunakan media laser yang nantinya akan membuat mata normal kembali secara permanen.

Namun, operasi laser ini memiliki risiko tinggi dan merogoh kocek yang lumayan mahal. Alhasil, cara yang paling banyak dipilih adalah menggunakan bantuan kacamata. Di sisi lain, cara mengurangi mata minus bisa dilakukan secara alami tanpa tindakan medis seperti berikut ini:

1. Fokuskan penglihatan menggunakan telunjuk

2. Senam mata

Senam mata bisa dilakukan dengan menggoyangkan bola mata dari kiri ke kanan, kemudian berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Latihan ini juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi biji mata.

3. Lepas kacamata ketika tidak diperlukan

Saat menggunakan kacamata, mata akan terbiasa terfokus pada pusat lensa atau bagian tengah kacamata dan hal ini bisa menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk memandang ke arah lainnya. Jadi lepaskan kacamata ketika tidak diperlukan. Selain itu, dengan melepas kacamata, akan mengurangi ketergantungan pada kacamata.

4. Terapi mata dengan iBrite

iBrite adalah alat terapi mata yang menggunakan metode cahaya 3D, digital akupuntur dan vibration sehingga dapat merelaksasi dan membantu mengurangi keluhan pada mata.

Fitur 3D moving cursor dapat melatih otot silaris mata dengan cara berganti fokus antar titik dan jarak dengan cahaya 3D yang bergerak. Lalu, digital acupuncture yang merupakan simulasi elektrik pada 7 titik di area mata untuk meregangkan otot silaris agar tidak kaku. Dan vibration yang berfungsi merangsang area mata untuk merelaksasi serta melancarkan sirkulasi darah.

Lakukan 1-2 kali sehari terapi dengan iBrite dengan waktu 15 menit setiap pemakaian, maka hasil yang diinginkan pun akan terasa manfaatnya.

Selain itu, dengan mengonsumsi buah dan sayur pilihan seperti wortel dan buah bit yang kaya akan vitamin A akan sangat baik untuk kesehatan mata. Perhatikan kesehatan mata sedini mungkin, karena mata adalah salah satu indera manusia yang paling berharga!