Fakta Menarik: Manusia Tidak Bisa Hidup Tanpa Tulang Belakang

276
Fakta Menarik Manusia Tidak Bisa Hidup Tanpa Tulang Belakang

Health – Tulang belakang merupakan bagian dari rangka aksial manusia, dikenal sebagai kolom vertebral atau tulang punggung. Memiliki fungsi sebagai penyangga utama tubuh sehingga manusia dapat berdiri tegak, membungkuk, dan menggeliat. Tulang belakang juga memiliki tanggung jawab besar untuk melindungi kanal dan sumsum tulang belakang. Hal itu membuktikan bahwa tulang belakang memiliki peran yang sangat penting dalam hidup setiap manusia.

Tulang belakang adalah tulang-tulang yang memiliki berbagai macam ukuran dan bentuk yang mirip satu dengan yang lainnya, membentang dari bawah tengkorak hingga ke tulang ekor. Dan tulang-tulang ini saling tersusun satu dengan yang lainnya, sehingga membentuk kurva atau lengkungan tertentu, apabila tulang belakang manusia dilihat dari sisi samping maka akan membentuk atau menyerupai huruf ā€œSā€. Bentuk tersebut mengoptimalkan pembagian tekanan mekanis saat tubuh kita bergerak maupun saat beristirahat.

Tidak hanya memiliki tugas yang penting, tetapi tulang belakang juga memiliki fakta-fakta menarik yang mungkin belum kalian ketahui, simak fakta nya sebagai berikut:

1. Tulang belakang terdiri dari banyak tulang

Tulang belakang manusia terdiri dari banyak tulang yang berbentuk seperti cincin dan saling menumpuk satu sama lain. Kebanyakan orang terlahir dengan jumlah tulang belakang sebanyak 33 buah. Akan tetapi pada saat mencapai usia dewasa, tulang belakang akan tersisa 24 buah. Karena pada saat terjadinya pertumbuhan, beberapa tulang belakang kita akan menyatu.

2. Tulang belakang memanjang saat di ruang angkasa

3. Semakin lama istirahat semakin lemah dan sakit

Saat kita mengalami nyeri punggung, melakukan istirahat satu sampai dua hari mungkin akan membuat anda merasa lebih baik, akan tetapi lebih dari itu akan menyebabkan tulang punggung lemah dan semakin sakit. Olahraga ringan dapat membantu daripada hanya istirahat atau minum obat-obatan. Disarankan untuk berjalan beberapa menit setiap jam meskipun itu menyakitkan.

4. Cakram pada tulang

Cakram adalah peredam guncangan saat kita berdiri, berjalan dan berlari. Berada di antara tulang-tulang belakang, cakram ini memiliki bagian luar yang keras tapi memiliki tekstur yang kenyal dan lembut pada bagian dalamnya. Namun jika cakram ini robek, jeli lunak yang di dalamnya dapat keluar dan bisa menyebabkan rasa sakit, lemah, bahkan mati rasa.

5. Posisi tidur terbaik bagi punggung dan tulang belakang

Posisi tidur menyamping paling baik bagi kesehatan punggung kita. Apabila kita tidur tengkurap, itu bisa menyebabkan punggung tegang dan melukai leher. Tidur telentang memberikan tekanan ekstra bagi punggung.

Sekarang sudah tahu kan bahwa tulang belakang kita merupakan bagian tubuh yang sangat penting karena memiliki peran yang besar dalam kehidupan sehari-hari, dan juga fakta-fakta seputar tulang belakang semoga dapat memberikan informasi baru untuk kalian! Menjaga kesehatan tulang belakang merupakan hal yang perlu dilakukan agar tidak menyesal di kemudian harinya, Lumbar Pillow merupakan salah satu solusi bagi kita untuk menjaga dan mengatasi masalah tulang belakang, dengan fitur-fitur pengobatan nyeri pinggang seperti bantalan yang empuk, heating system, dan juga medical magnet untuk membantu mengatasi sakit dan nyeri pinggang hingga saraf terjepit.