Fenomena ‘Tanggal Tua’ Yang Bikin Kita Resah!

9
A businessman who is sitting on the floor of the house opening the wallet but have to pay debt Calculation of large amounts of expenses. Debt concepts

TRIVIA – Tanggal tua atau tanggal menuju akhir bulan bisa jadi momen yang menakutkan bagi para pekerja kantoran ketika memasuki tanggal 20an setiap bulannya. Biasanya, tanggal-tanggal ini identik dengan gaji yang mulai menipis bahkan habis, serba irit dalam segala hal, dan tidak sabar menunggu gaji turun di tanggal 25 bagi karyawan swasta dan awal bulan bagi karyawan pemerintahan. Namun, sebenarnya jika kamu bijak dalam mengatur pengeluaran sesuai dengan jumlah pemasukan yang ada, kamu tidak perlu panik memasuki tanggal tua. Apabila kamu mengikuti tips-tips menghadapi tipisnya gaji dalam memasuki akhir bulan dibawah ini, dijamin akhir bulanmu akan terasa lebih menyenangkan!

1. Kurangi pengeluaran untuk jajan

Jajan memang jadi salah satu tantangan terbesar bagi sebagian orang. Tuntutan gaya hidup dan nafsu yang tak tertahankan seringkali membuat kita gelap mata dan akhirnya membelanjakan uang kita tanpa memikirkan kondisi kantong di akhir bulan nanti. Kamu bisa mulai dengan membawa bekal sendiri dari rumah dan tahan godaan ketika teman mengajak makan di luar.

2. Kurangi nongkrong di luar

Akhir minggu seringkali jadi alasan kita untuk nongkrong bersama teman di café, mal, atau tempat wisata lainnya. Kegiatan ini tentu akan memaksa kamu menghabiskan pengeluaran yang tidak sedikit dan sebetulnya tidak diperlukan. Kamu harus belajar untuk sesekali menolak ajakan teman apabila terlalu berlebihan, sehingga niat untuk jajan impulsif juga bisa tertahan.

3. Manfaatkan Promo

Memang hal-hal tidak terduga dimana kamu memerlukan sesuatu yang menghabiskan uang bisa terjadi kapan saja dan tidak dapat diprediksi. Tetapi, bukan berarti kamu bisa berfoya-foya ya! Tentunya kamu harus seksama memantau promo-promo yang ada, baik promo di aplikasi online, promo kartu kredit, dan promo special lainnya, agar kebutuhan kamu tetap dapat terpenuhi dengan budget yang paling minim.

4. Hemat Kuota Internet

Berapa ratus ribu yang kamu keluarkan per bulan untuk membeli kuota internet agar bisa menonton film favoritmu di HP atau scrolling Instagram? Jika dihitung dengan baik, sebenarnya pengeluaran ini bisa kamu pangkas dengan pintar mencari sinyal Wifi di tempat umum. Kamu juga bisa memperdalam hobi di waktu-waktu senggangmu, sehingga membantu untuk tidak berpaku pada gadget setiap hari dan melakukan hal-hal yang lebih berguna.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Kamu merasa gaji yang sekarang belum cukup untuk memenuhi gaya hidup? Cari lagi saja! Kamu bisa mencari berbagai jenis pekerjaan sampingan seperti freelance sesuai dengan keterampilanmu, ataupun memanfaatkan waktu pulang kerja untuk mendapat penghasilan tambahan. Memang tenaga dan waktu yang dikeluarkan pasti lebih ekstra, tapi ini semua agar kamu bisa tetap jajan tanpa khawatir tanggal tua bukan?

Itulah beberapa ancang-ancang yang bisa kamu terapkan dalam menghadapi tanggal tua. Intinya adalah konsisten dan bijak untuk memastikan pengeluaran sebanding dengan pemasukan kamu, dan jangan biarkan sifat impulsif sesaat membuat kamu jadi harus berlapar-lapar ria di penghujung bulan. Tetap terapkan mindset yang positif dan buat janji pada diri sendiri akan lebih berhati-hati dalam mengatur pengeluaran, jangan mudah terlena oleh ajakan orang atau karena lapar mata yang berakhir

Advertisement