Hari Tua Tetap Bahagia Dengan Cara Ini

16
hari-tua-tetap-bahagia-dengan-4-cara-ini
Hari Tua Tetap Bahagia Dengan 4 Tips Jaco

Trivia – Semua manusia pasti akan menjadi tua suatu hari nanti, tetapi tua bukan berarti kita mengalami kemunduran dalam hidup. Banyak yang bilang bahwa masa tua adalah babak baru dalam kehidupan kita, karena banyak peluang yang justru muncul pada saat kita memasuki usia yang lebih matang lagi. Waktu ini menjadi saat tepat bagi kita untuk mulai melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak bisa dilakukan. Bagi kalian yang sedang memasuki masa tua dan merenungi akan jadi apa hari-harimu kedepan, nih beberapa tips yang Jaco berikan agar masa tua tetap bahagia!

1.  Cari banyak teman

Selepas masa pensiun, intensitas orang dalam melakukan hubungan sosial pasti akan berkurang. Sebagian udah mempunyai kesibukan sendiri dan menikmati masa tuanya. Tapi, bukan berarti hanya duduk diam di rumah, tetapi justru kita harus aktif mencari aktivitas diluar rumah seperti mengikuti arisan bulanan, acara rohani, reuni dengan teman sekolah, atau sekedar berbincang ke rumah sanak saudara. Dengan saling berkumpul, kita bisa mengenang kembali kenangan semasa muda dan saling menyemangati untuk tetap semangat dan produktif melewati masa tua.

2. Diet sehat

Usia yang semakin menua tentu akan berdampak pada kesehatan tubuh. Mulai dari mengalami sakit gigi, nafsu makan menurun, indra kurang sensitive, sakit sendi dan otot, sering lupa, hingga yang paling parah mengalami masalah kesehatan seperti kolestrol, diabetes, jantung, dan stroke ringan hingga berat. Kunci utama agar kamu tidak mengalaminya adalah menjalani pola hidup yang sehat dimulai dari pola makan yang penuh nutrisi, tidur yang cukup, rajin olahraga untuk jaga massa otot, menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan ingatan. Jika perlu, imbangi dengan konsumsi vitamin dan mineral.

3. Membentuk Support System

Terkadang ketika kita sudah tua, kita jadi terpisah dengan anggota keluarga yang lain seperti anak dan teman yang sudah sibuk dengan kepentingan mereka sendiri. Namun tidak masalah, hal ini harusnya bisa jadi kesempatan untuk kita menjalankan hobi atau minat yang sebelumnya sempat tertunda karena kesibukan dengan keluarga. Kita mulai bisa memperdalam komunikasi dengan sahabat lama yang paling mengenal diri kita, sehingga kita akan punya support system yang baik untuk menemani kita melewati hari-hari dengan baik.

4. Mempertahankan Daya Ingat

Banyak orang yang takut menua karena khawatir akan kekuatan ingatannya, bahkan takut dengan ancaman Alzheimer yang seringkali mengintai orang tua. Makanya, jika sudah memasuki masa tua sebaiknya kita tidak berhenti untuk melatih fokus otak agar tetap tajam. Sering membaca majalah dan koran bisa jadi alternatif bagi yang suka membaca. Bagi yang suka main games, juga bisa melatih fokus dengan main games yang mengasah keterampilan otak seperti teka-teki silang. Kegiatan ini akan menstimulasi otak agar terus memproses ingatan-ingatan sehingga tidak mudah lupa.

Hari tua bukan untuk ditakutkan, tetapi harus disambut dengan penuh semangat. Ini berarti kamu telah berhasil melalui masa muda yang penuh tantangan, dan kini saatnya kamu mengambil waktu untuk bersantai dan menikmati waktu istirahat. Kerjakanlah hal-hal yang membuat kamu bahagia dan persiapkan mindset yang positif. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan karena itu adalah asset yang sangat mahal harganya. Bagi kamu yang ingin punya masa tua yang sehat dan produktif, jangan lupa rutin terapi dengan Master Qi dari Jaco. Terapi 10 menit Master Qi akan memberikan manfaat setara dengan 30 menit berlari atau jogging. Dengan begitu, kesehatan masa tua akan tetap terjaga dan hari bahagia menyertai kamu!

Advertisement