Hati-Hati! Kelebihan Berat Badan Memicu Berbagai Penyakit Kulit

410
Jangan Sampai Rutinitas yang Sibuk Membuat Anda Malas Berolahraga

Health – Apa saja yang Anda ketahui tentang penyebab penyakit kulit? Penyakit kulit biasanya memang disebabkan oleh jamur, bakteri, tungau, atau kotoran lainnya. Namun ternyata banyak faktor lain yang bisa memicu kemunculan penyakit kulit. Salah satu yang sering diabaikan banyak orang adalah kelebihan berat badan. Padahal orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan memang lebih rentan mengidap penyakit kulit.

Lipatan Kulit yang Mudah Menyimpan Kotoran

Kelebihan berat badan biasanya akan membuat seseorang memiliki kelebihan lipatan kulit di sekitar lengan, perut, paha, dan selangkangan. Lipatan kulit tersebut tentu mudah menyimpan kotoran bila Anda tidak membersihkannya dengan benar setiap hari. Hal sepele inilah yang dapat menimbulkan iritasi kulit yang mengganggu.

Lebih Mudah Berkeringat

Keringat adalah hasil metabolisme tubuh yang ada pada semua orang. Namun tidak demikian halnya dengan orang yang kelebihan berat badan. Sebab berat badan berlebihan akan membuat seseorang lebih gampang berkeringat walaupun hanya melakukan aktivitas fisik yang ringan. Akibatnya, kelebihan keringat tersebut bisa memicu iritasi kulit dan beberapa gangguan lainnya seperti jerawat dan biang keringat. Tubuh yang berkeringat secara berlebihan juga rentan menjadi tempat perkembangbiakan bakteri dan jamur.

Timbulnya Stretch Mark pada Permukaan Kulit

Berat badan yang bertambah atau berkurang secara drastis dapat menyebabkan timbulnya stretch mark pada permukaan kulit. Stretch mark adalah tanda berupa garis-garis halus berwarna merah atau ungu. Tidak jarang pula kemunculan stretch mark juga disertai dengan rasa gatal. Proses pengobatan stretch mark membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang mahal. Metode laser dan penggunaan obat-obatan dengan bahan tertentu harus dilakukan secara konsisten supaya kulit dapat kembali mulus.

Munculnya Garis-Garis Hitam di Sekitar Lipatan Kulit

Orang yang kelebihan berat badan biasanya memiliki garis-garis hitam di sekitar leher, ketiak, siku, dan lipatan-lipatan tubuh lainnya. Hal tersebut bukan berasal dari penumpukan kotoran, melainkan suatu kondisi kesehatan yang bernama Acanthosis nigricans. Gangguan kulit ini terjadi akibat tingkat insulin yang tinggi dalam tubuh.

Kondisi kelebihan berat badan memang membuat metabolisme tubuh harus bekerja ekstra memproses asupan gula. Kadar insulin berlebihan tersebut rupanya bisa memicu aktivitas sel kulit secara berlebihan. Sehingga ada bagian kulit yang menebal dan warnanya menggelap. Penurunan berat badan secara bertahap dapat membuat Acanthosis nigricans bisa berangsur-angsur hilang.

Bila tak ingin mengalami berbagai penyakit dan gangguan kulit tersebut, tentu saja Anda harus lebih cermat menjaga berat badan. Jalani pola hidup sehat agar berat badan Anda senantiasa ideal. Jangan lupa pula menjaga kebersihan kulit secara teratur. Supaya risiko penyakit kulit akibat kotoran, bakteri, atau jamur dapat diminimalkan. Lakukan proses eksfoliasi secara teratur sehingga kulit Anda senantiasa sehat dan membuat Anda kelihatan awet muda.

Advertisement