Jangan Coba-Coba Lakukan Hal Ini Ketika Sakit Pinggang!

276
Jangan Coba-Coba Lakukan Hal Ini Ketika Sakit Pinggang

Health –¬†Banyak orang yang sering menyepelekan sakit pinggang. Padahal, penyakit ini sangat mungkin menyerang siapa saja dari anak-anak hingga dewasa. Kendati secara umum kondisi ini tidak terlalu serius, namun sakit pinggang yang dibiarkan terus-menerus dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang akan berdampak pada menurunnya produktivitas, suasana hati, dan berbagai aktivitas harian lainnya. Bahkan yang lebih parah lagi, penderitanya malah mengabaikan kesehatan dan melakukan beberapa aktivitas yang dapat memperparah rasa nyeri pada pinggang. Jangan sampai kamu salah satu yang turut melakukan hal-hal berikut ini ya!

1. Mengangkat beban berat

Kegiatan ini adalah salah satu penyebab utama nyeri pinggang tak kunjung sembuh. Mengangkat beban yang berlebihan dari kapasitas kekuatanmu dapat memberikan tekanan pada saraf tulang belakang. Jika timbul rasa kesemutan, kebas di area tubuh tertentu hingga kelelahan fisik, waspadai karena bisa jadi kamu mengalami gejala saraf terjepit.

2. Berhenti olahraga

Olahraga ringan untuk peregangan tulang belakang justru dapat memperkuat otot-otot bagian inti, meningkatkan sirkulasi pada sendi, dan meningkatkan mood untuk membawa energi positif pada pikiran. Gerakan-gerakan yang bisa kamu coba sendiri adalah pelvic tilts, mengencangkan otot perut, ekstensi pinggang, knee rolls, cat stretches, dan yoga.

3. Membungkukkan badan

Efek negatif dapat jelas dirasakan oleh orang-orang dengan postur tubuh bungkuk karena menimbulkan rasa sakit si leher, pundak, hingga punggung karena otot bekerja lebih keras untuk menstabilkan tulang belakang yang bungkuk. 80% masalah punggung merupakan hasil sakit otot dari postur tubuh buruk, dan dapat menyebabkan kemunduran fungsi persendian tulang belakang.

4. Mencari diagnosis spesifik

Sebanyak 85% sakit pinggang dikategorikan sebagai isu yang non spesifik. Artinya, asal mula rasa tidak nyaman tidak dapat diputuskan pada satu titik tertentu. Meski pemeriksaan dapat menunjukkan struktur tulang dan sendi yang mengalami masalah, tetapi tidak ada tes yang dapat secara pasti menyatakan alasan jelas penyebabnya dengan akurat. Mencari diagnosis sendiri malah membuat kita larut dalam kebingungan dan rasa takut akan penyakit tersebut dan berujung pada kesimpulan yang salah.

5. Menunggu rasa sakit hilang dengan sendirinya

Jika rasa sakit terus berlarut tanpa menunjukkan tanda-tanda kesembuhan yang jelas, sebaiknya segera cari solusi untuk mengobatinya sebelum menjadi semakin parah. Jangan menunggu rasa sakit hilang dengan sendirinya karena itu sama saja memperparah situasi. Sebagai langkah pencegahan dan penanganan awal pada kasus ringan, kamu bisa menggunakan back care pillow atau bantal terapi tulang belakang untuk membantu penyembuhan nyeri pinggang.

Rekomendasi bantal terapi tulang belakang yang bisa kamu gunakan adalah Lumbar Pillow dari Jaco. Lumbar Pillow telah terdaftar di Kementerian Kesehatan RI sebagai bantal terapi yang dapat membantu meluruskan dan merenggangkan anatomi tulang belakang. Teknologi Dynamic Traction, Heating System, dan Medical Magnet akan membantu penyembuhan nyeri pinggang dan saraf terjepit. Bagaimana cara kerjanya? Sahabat Jaco dapat melihat konten edukasi dan penjelasan dari dokter di video youtube @jacotvs. Dapatkan Lumbar Pillow di Website www.jaco.co.id, Marketplace (Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak), atau datang langsung ke Showroom jaco terdekat di kotamu untuk coba menggunakan Lumbar Pillow sebelum membeli! Gratis Terapi Sakit Pinggang!

Advertisement