Jangan Panik Menghadapi Obesitas, Ini Cara Ampuh Mengatasinya!

520
Mengatasi Obesitas - Jangan Panik Menghadapi Obesitas, Ini Cara Ampuh Mengatasinya!
Mengatasi Obesitas - Jangan Panik Menghadapi Obesitas, Ini Cara Ampuh Mengatasinya!

Health – Obesitas kini menjadi salah satu masalah kesehatan serius di berbagai negara. Jumlah pengidap obesitas terus bertambah. Awalnya, kelebihan berat badan dianggap sebagai sesuatu yang biasa. Namun anggapan tersebut berubah karena obesitas erat kaitannya dengan peningkatan risiko penyakit-penyakit serius.

Jangan berkecil hati bila Anda sekarang sedang mengalami kelebihan berat badan. Ikuti beberapa cara ampuh ini untuk membuat berat badan Anda kembali ideal:

1. Mengontrol Asupan Kalori Harian

Hal utama yang harus dilakukan bila mengalami kelebihan berat badan adalah mengontrol asupan kalori harian. Jumlah asupan kalori harian Anda tak boleh melebihi jumlah energi yang Anda butuhkan. Idealnya, orang yang kelebihan berat badan harus mengonsumsi kalori dengan jumlah lebih sedikit daripada kebutuhan energinya. Sehingga tubuh bisa memproses cadangan lemak sebagai energi. Prinsip sederhana ini akan mengurangi cadangan lemak berlebihan pada tubuh Anda.

2. Anda Tidak Dilarang Ngemil

2. Anda Tidak Dilarang Ngemil

Mengalami kelebihan berat badan bukan berarti membuat Anda dilarang ngemil. Justru Anda tetap membutuhkan asupan makanan sehat untuk mendukung metabolisme tubuh. Anda hanya perlu lebih cermat memilih jenis camilan dan menyesuaikan porsinya. Pilihlah camilan yang rendah lemak dan tinggi serat supaya Anda kenyang lebih lama. Camilan berbahan dasar oatmeal, buah, dan sayuran merupakan pilihan terbaik karena rendah kalori tetapi mengenyangkan.

3. Memilih Jenis Olahraga yang Tepat

3. Memilih Jenis Olahraga yang Tepat

Tak semua jenis olahraga bisa dilakukan oleh pengidap obesitas. Olahraga yang menguras energi  dan memacu kinerja jantung malah berbahaya. Karena berpotensi memperberat kinerja jantung si pengidap obesitas. Cadangan lemak berlebihan pada tubuh para pengidap obesitas sudah membebani kinerja jantung. Jadi, sebaiknya Anda memilih aktivitas olahraga yang lebih ringan. Beberapa jenis olahraga yang cocok untuk pengidap obesitas antara lain jalan kaki, yoga, renang, dan bersepeda.

4. Jangan Malas Bergerak

4. Jangan Malas Bergerak

Anda bukan hanya membutuhkan aktivitas fisik berupa olahraga teratur. Karena aktivitas sehari-hari juga harus mampu mendukung proses pembakaran kalori dalam tubuh Anda. Usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, berjalan kaki lebih jauh, atau melakukan kegiatan lain yang membuat tubuh Anda lebih aktif bergerak. Hal-hal sederhana tersebut rupanya ampuh mengatasi obesitas bila dilakukan secara rutin.

5. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

5. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Tubuh akan tetap membakar kalori selama Anda tidur. Oleh sebab itu, Anda wajib memiliki waktu tidur yang cukup untuk mendukung proses penurunan berat badan. Metabolisme tubuh akan berlangsung stabil bila Anda memiliki waktu tidur berkualitas. Kebiasaan bergadang hanya akan membuat energi Anda terkuras dan nafsu makan pun jadi sulit dikendalikan.

Mari memerangi obesitas sedini mungkin agar Anda terhindar dari risiko penyakit serius di masa mendatang. Jalani pola hidup sehat secara konsisten sebagai bagian dari pola hidup Anda.

Advertisement