Kamu Harus Tahu! 5 Alasan Kenapa Massa Otot Tidak Bertambah

124
Kamu Harus Tahu! 5 Alasan Kenapa Massa Otot Tidak Bertambah

Sport – Bagi kebanyakan orang yang rutin pergi ke tempat gym atau fitness, tujuan akhir yang mereka inginkan adalah membangun massa otot dan juga mengencangkan otot. Meskipun kamu mungkin telah melakukan banyak riset dan menonton banyak video latihan secara online.

Namun nyatanya banyak orang yang masih melakukan berbagai kesalahan umum yang dapat menyebabkan lambatnya mereka dalam memperoleh hasil. Dan juga dapat memperlambat proses yang sedang mereka lakukan. Inilah beberapa hal yang menyebabkan massa ototmu tidak bertambah:

1. Tidak Makan dengan Cukup

Salah satu penyebab utama mengapa massa otot tidak bertambah adalah karena kamu tidak makan dengan cukup. Serta tidak makan makanan yang penting. Intinya kamu tidak makan makanan yang benar dengan cukup. Semua orang suka berdebat mengenai betapa pentingnya protein. Namun karbohidrat dan lemak juga sama pentingnya saat kita ingin menumbuhkan massa otot tubuh. Kamu harus mengincar 2.2g untuk protein, 5.5g untuk karbohidrat dan 0.6 lemak per-kg berat badan per harinya sesuai kebutuhan untuk melihat hasil sesungguhnya.

2. Tidak Beristirahat dengan Baik

Jika kamu berpikir bahwa yang kamu lakukan semua adalah tentang latihan dan mengabaikan istirahat yang cukup, maka kamu salah besar. Semua orang memiliki kehidupan yang sibuk saat ini, dan biasanya orang akan memiliki waktu tidur yang sedikit dan tidak memberikan tubuhnya waktu untuk pulih kembali. Untuk dapat mengisi energi tubuh secara efektif kembali, kamu harus menargetkan tidur setidaknya 8 jam per malamnya. Namun, dengarkanlah kebutuhan tubuh kamu sendiri! Apabila kamu merasa membutuhkan waktu istirahat yang panjang dari latihan, maka ambilah waktu sehari untuk berhenti melakukan aktivitas seperti latihan dan bersantai sehingga otot bisa santai sejenak.

Baca Juga :   Berolahraga Praktis di Rumah dengan JACO Row Bike

3. Terlalu Banyak Melakukan Aktivitas Kardio

Banyak orang bermimpi jika mereka bisa mengurangi lemak disamping melakukan proses pembentukan massa otot mereka yang melibatkan banyak aktivitas kardio. Sementara ketika melakukan aktivitas kardio, tubuh yang sedang melakukan proses pembakaran lemak justru dapat memperlambat perkembangan massa otot juga. Jika kamu ingin mengurangi dan menambah, yang bisa kamu lakukan adalah mengintegrasikan sesi kardio HIIT (High-Intensity Interval Training) atau pelatihan interval intensitas tinggi ke dalam latihan yang kamu lakukan. Selain itu, latihan yang intens dan pendek akan meningkatkan detak jantung dan membantu mempertahankan dan menjaga perkembangan otot.

4. Tidak Konsisten

Jika kamu tidak berada pada waktu latihan yang solid, maka tubuh tidak akan merespon pada latihan. Kamu perlu melakukan latihan pada setiap bagian tubuh setidaknya sekali dalam seminggu. Demikian pula, kamu juga harus menjadi orang yang konsisten pada diet dan pola istirahat yang mana akan membawa tubuh berkembang sesuai dengan yang kamu inginkan.

5. Salah Teknik

Jika ingin membentuk otot, maka tidak ada gunanya menggunakan beban sekecil mungkin untuk memaksimalkan tenaga. Rentang repetisi hipertrofi adalah sekitar 8 hingga 12 repetisi, jadi kamu harus secara konsisten mendorong diri sendiri untuk mengangkat beban lebih berat. Tetapkan target yang ingin kamu capai, dan ketika kamu dapat dengan mudah melakukan 3 set dengan berat yang tertentu, maka kemudian tingkatkanlah 5% untuk memberi tantangan yang lebih untuk dirimu sendiri.