Kapan Waktu Terbaik untuk Eksfoliasi Kulit Wajah?

291
Kapan Waktu Terbaik untuk Eksfoliasi Kulit Wajah

Kecantikan – Setiap hari tubuh menghasilkan jutaan sel kulit baru tanpa henti. Kulit secara alami membuang lapisan terluarnya setiap satu bulan sekali. Lapisan ini sebenarnya bisa mengelupas dengan sendirinya. Akan tetapi, laju pengelupasan kulit akan melambat seiring bertambahnya usia.

Jika lapisan kulit yang mati tidak mengelupas, maka sel-sel baru di bawahnya tidak dapat muncul ke permukaan kulit. Kondisi ini yang membuat kulit tampak kusam dan kering. Selain itu, sel kulit mati yang menumpuk bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

Jadi, melakukan eksfoliasi sangat penting karena perawatan ini merupakan proses sederhana dalam menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit serta meringankan beberapa kondisi kulit. Selain mempercepat proses alami pengupasan kulit, perawatan ini juga memberikan manfaat lainnya seperti kulit yang menjadi lebih cerah dan aliran darah pada wajah menjadi lebih lancar.

Perawatan yang dikenal sebagai peeling ini juga meningkatkan keampuhan produk perawatan kulit wajah. Pasalnya, lapisan kulit lebih mudah ditembus oleh skincare sehingga manfaatnya akan menjadi lebih optimal. Namun, tidak perlu melakukan eksfoliasi setiap hari atau berlebihan, karena dapat menyebabkan kulit menjadi merah-merah, mudah iritasi dan juga kering. Lalu kapan waktu yang tepat untuk melakukan eksfoliasi kulit wajah?

Waktu eksfoliasi tergantung dari tipe kulit. Setiap individu memiliki tipe kulit yang berbeda, seperti kulit kering atau sensitif, berminyak dan berjerawat, kulit kombinasi, serta mature skin yang mulai mengalami penuaan. Keempat jenis kulit ini membutuhkan waktu perawatan eksfoliasi yang berbeda. Berikut waktu terbaik melakukan eksfoliasi untuk setiap tipe kulit:

1. Kulit kering atau sensitif

2. Kulit berminyak atau berjerawat

Eksfoliasi untuk tipe kulit wajah berminyak atau berjerawat bisa dilakukan 2-3 kali seminggu. Pilihan produk yang disarankan adalah eksfoliator kimiawi dengan kandungan asam salisilat. Karena bahan ini dapat menyerap minyak sehingga bisa mengurangi sebum pada wajah.

3. Kulit kombinasi

Kulit kombinasi merupakan gabungan dari tipe kulit berminyak atau berjerawat, sekaligus kering atau sensitif pada area wajah yang lain. Waktu perawatan eksfoliasi yang direkomendasikan untuk tipe kulit ini adalah 2-3 kali per minggu. Pada kulit kombinasi ini bisa menggunakan jenis eksfoliasi fisik atau kimiawi, misalnya scrub, dengan produk yang mengandung asam atau enzim tertentu.

4. Mature skin

Mature skin adalah kulit yang menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti adanya garis halus, keriput dan flek hitam. Eksfoliasi kulit wajah yang dapat dilakukan untuk mature skin adalah dengan eksfoliator kimia yang mengandung Alpha-Hydroxy Acid (AHA) sebanyak 2 kali per minggu.

Mineral Peeling dari Jaco merupakan solusi tepat untuk eksfoliasi kulit. Dengan dual phytopeeling system yaitu soft peeling dan deep peeling dapat membersihkan kulit dari kotoran, sel kulit mati dan menghilangkan keratin dengan maksimal. Terbuat dari bahan dasar alami seperti chamomile, madu, ganggang hijau dan lidah buaya, sangat cocok dan aman untuk segala jenis kulit.

Eksfoliasi adalah unsur yang tak terpisahkan dari rutinitas perawatan untuk kulit. Perawatan ini sangat aman dan bermanfaat, tapi harus dilakukan dengan cara yang aman agar kulit bisa mendapatkan manfaatnya tanpa mengalami efek samping. Yuk kenali tipe kulit wajahmu, pilih produk perawatan yang tepat, dan buatlah jadwal yang rutin!