Kenali Kelainan Mata Sejak Dini dan Solusi Tepat Mengatasinya!

38
Kenali Kelainan Mata Sejak Dini dan Solusi Tepat Mengatasinya

Health – Mata merupakan salah satu indra penting yang harus kita jaga. Menjaga kesehatan pada mata dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya mengonsumsi sayur dan buah serta memperhatikan penggunaan mata saat beraktivitas agar tidak kelelahan. Namun, kelainan pada mata kerap terjadi karena kita lalai dalam menjaga kesehatan mata ditambah gaya hidup sehari-hari yang mudah membuat mata cepat lelah. Tidak pandang bulu dan usia, kelainan mata dapat terjadi pada siapa saja. Sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya kita mengenal apa saja kelainan pada mata yang sering terjadi:

1. Katarak

Kondisi ini terjadi disebabkan oleh adanya penumpukan protein pada lensa mata yang menyebabkan penderita kesulitan melihat secara jelas dan menjadi samar-samar. Penumpukan protein ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya obesitas dan diabetes. Operasi katarak menjadi solusi yang tepat untuk si penderita.

2. Buta Warna

Kondisi ini terjadi saat penderita tidak dapat membedakan warna tertentu. Faktor penyebab buta warna yang paling umum terjadi ialah faktor genetik atau turunan, serta mengalami gangguan kesehatan lainnya yang berdampak pada system saraf mata. Untuk solusinya, saat ini belum ditemukan cara untuk menyembuhkan buta warna yang disebabkan oleh genetik, namun kasus buta warna yang disebabkan oleh gangguan kesehatan lainnya dapat sembuh apabila penyakit penyebabnya berhasil disembuhkan.

3. Glaukoma

Merupakan gangguan pada saraf mata yang disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan pada bola mata. Peningkatan ini disebabkan oleh beberapa factor, salah satunya ialah sumbatan di saluran air mata. Pada kondisi ini menyebabkan cairan di mata akan meningkat. Solusi untuk menyembuhkan Glaukoma dapat disembuhkan melalui berbagai cara, yaitu dengan menggunakan obat tetes mata yang memiliki efek samping seperti mata menjadi merah atau iritasi, cara lainnya yang dapat dilakukan ialah dengan operasi dan juga dengan laser.

Baca Juga :   Bau Napas Tak Sedap Saat Memakai Masker Seharian? Atasi Dengan Iniā€¦

4. Rabun Dekat

Rabun dekat merupakan kondisi saat mata tidak dapat melihat dengan jelas dalam posisi dekat. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, manula bahkan anak-anak dapat terserang rabun dekat. Tidak ada teknik khusus untuk penyembuhan rabun dekat, biasanya penderita memakai kacamata atau jika ingin sembuh total dapat melakukan operasi.

5. Rabun Jauh (miopi)

Rabun jauh merupakan kondisi saat mata tidak dapat melihat dengan jelas pada jarak jauh. Kondisi ini paling sering terjadi kepada banyak orang. Untuk kelainan mata miopi (rabun jauh), dapat diatasi dengan penggunaan kacamata serta berkonsultasi ke dokter untuk tindakan medis lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi derajat rabun.

Mata memang salah satu organ yang bekerja ekstra selama manusia masih hidup, tanpa mata tentu aktivitas manusia akan terhambat bahkan berhenti total. Oleh karena itu, pnting untuk mulai memperhatikan kesehatan mata sejak dini, dimulai dari hal-hal sederhana seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan serat tinggi, istirahat yang cukup, serta memperhatikan aktivitas yang berhubungan dengan penggunaan mata. Eits, masih ada satu cara lagi yang ampuh untuk menyembuhkan mata rabun kamu loh! Relaksasi mata dengan iBrite secara teratur dapat membantu melatih otot silaris mata yang tegang dan Lelah, juga memberikan relaksasi di sela-sela aktivitas yang padat. Ditambah penerapan teknologi cahaya 3D, vibrasi, dan digital acupuncture membantu menjadi solusi bagi yang punya masalah mata minus, rabun, dan silinder. iBrite akan meningkatkan kualitas penglihatan kamu dan keluarga di rumah agar mata tetap rileks, sehat, dan terhindar dari berbagai keluhan mata. Tentunya kamu ingin terus melihat indahnya dunia lebih lama bukan? Yuk, pastikan iBrite senantiasa ada bersama kamu dan jaga mata selalu sehat!

Baca Juga :   Penting! Manfaat Foot Spa Untuk Kesehatan Yang WAJIB Diketahui!