Kunci Jaga Kesehatan Selama Work From Home

25
Asian woman student video conference e-learning with teacher on computer in living room at home. E-learning ,online ,education and internet social distancing protect from COVID-19 viruses.

Kesehatan – Pandemi Covid-19 telah memasuki tahun ketiga semenjak virus ini memporakporandakan dunia pada akhir 2019. Pada masa ini setiap orang yang dapat melakukan pekerjaanya di rumah dituntut untuk melakukan WFH atau Work From Home karena merebaknya varian-varian baru yang berbahaya dan membuat angka penularan semakin meningkat. Tak terkecuali di Indonesia, pemerintah daerah sekitar menerapkan berbagai aturan untuk menekan kasus agar rantai pencemaran dapat melandai, dan masyarakat tidak kewalahan mencari rumah sakit maupun layanan pengobatan saat terjangkit virus ini.

Beberapa aturan yang diterapkan adalah mengharuskan perkantoran maupun sekolah untuk menerapkan pembatasan jarak dan beraktivitas dari rumah. Namun, terlalu lama berdiam di rumah dengan mobilisasi yang terbatas juga tidak baik untuk kesehatan loh! Padahal, kita harus mengetahui kiat-kiat agar tubuh tetap fit selama pandemi belum berakhir. Kegiatan apa saja ya yang dapat dilakukan ya untuk menjaga tubuh agar tetap sehat? Simak penjelasannya!

1. Workout atau Olahraga

Ada banyak macam jenis olahraga yang dapat Sahabat Jaco lakukan hanya dari rumah saja lho! Contohnya, Sahabat Jaco bisa melakukan senam santai dengan mengikuti arahan atau gaya dari video di media sosial. Ada banyak gerakan variatif yang dapat dilakukan, sehingga Sahabat Jaco tidak akan bosan melakukannya. Selain itu berjalan santai di dalam rumah atau naik turun tangga dan melakukan berulang-ulang secara rutin juga bisa jadi cara untuk menjaga kesehatan kaki dan lutut. Jangan lupa untuk sering melakukan peregangan otot atau stretching di sela aktivitas di rumah agar otot tubuh tidak kaku.

2. Rutin Konsumsi Makanan Sehat

Tidak hanya dengan olahraga, namun imun tubuh harus dijaga dengan asupan makanan sehat. Rutin menerapkan pola makan sehat dengan nutrisi yang lengkap dari 4 sehat 5 sempurna akan bantu menjaga metabolisme tubuh untuk berfungsi dengan baik dan tentunya mencegah tubuh kita agar tidak terserang virus penyakit. Tubuh yang sehat juga akan memberikan energi dan produktivitas semakin lancar. Jadi, jangan lupa konsumsi serat dengan cukup ya Sahabat Jaco!

3. Luangkan Waktu Untuk “Me Time”

Bekerja di rumah tidak hanya membutuhkan tubuh yang sehat, namun kesehatan mental juga harus terjaga dengan baik. Oleh karena itu, Sahabat Jaco wajib menyediakan waktu khusus untuk menjaga pikiran dan mental kamu agar selalu rileks dan sehat. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah menonton film atau series favorit Sahabat Jaco. Opsi lainnya yang bisa dilakukan mendengarkan musik favorit, makan makanan kesukaan, atau tidur sejenak di sela-sela aktivitas agar pikiran tetap terjaga dan energi kembali recharge dengan baik.

4. Tubuh Terhidrasi Dengan Baik

Kesibukan di rumah ditambah lagi dengan kerjaan kantor yang menumpuk memang kadang bikin lupa waktu. Perlu diingat bahwa tubuh kita perlu konsumsi air mineral minimal 2 liter per harinya untuk memastikan cairan tubuh selalu terpenuhi. Karena tubuh manusia 70% mengandung air, jangan sampai lupa untuk minum air mineral yang cukup agar tubuh bisa terus berfungsi dengan baik ya! Kalau perlu, buat reminder agar Sahabat Jaco tidak lupa untuk minum ketika sudah tenggelam dalam kesibukan, baik dari alarm handphone maupun menggunakan botol minum 2 liter yang memiliki tulisan-tulisan pengingat.

Bekerja dari rumah memang punya tantangan tersendiri. Suka atau tidak, kita harus paham bahwa aturan ini dibuat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Jika bukan kita yang mulai, sampai kapan negara ini akan terbebas dari belenggu pandemic? Mari jaga kesehatan dan selalu taat dengan protokol kesehatan untuk selalu jaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker apabila ke luar rumah. Tubuh yang sehat, mendatangkan pikiran yang sehat!

Advertisement