Langkah-Langkah Pijat Bayi Praktis yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

422
Cara Memijat Bayi - Teknik Pijat Bayi

Health – Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Salah satu cara praktis yang dapat Anda coba sendiri di rumah adalah pijat bayi. Pijatan lembut pada tubuh si kecil dapat membuatnya merasa rileks, tidur lebih lelap, memperlancar peredaran darah, dan mendukung metabolisme tubuh.

Kini, Anda tak perlu pergi ke tempat pijat khusus bayi yang harganya mahal. Ikuti saja langkah-langkah teknik pijat praktis ini bila ingin memijat si kecil di rumah:

Menyiapkan Perlengkapan Pijat Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan memijat bayi adalah menyiapkan perlengkapan pijat. Anda mesti menyiapkan alas kain yang bersih dan lembut, baby oil atau minyak zaitun, pakaian bersih, dan popok. Anda harus memastikan bahwa si kecil tidak terlalu kenyang atau terlalu lapar saat akan dipijat. Sehingga bayi Anda akan tetap tenang selama Anda melakukan pemijatan.

Memulai dari Bagian Kaki

Proses memijat bayi mesti dimulai dari bagian kaki. Mulailah menggunakan baby oil atau minyak zaitun pada paha kemudian gerakkanlah tangan Anda ke bagian betis bayi. Pastikan bahwa Anda memijat si kecil dengan gerakan lembut agar si kecil merasa nyaman. Selanjutnya, gunakan ibu jari untuk memijat kedua telapak kaki. Untuk bagian jari kaki, tariklah semua jari kaki secara perlahan-lahan agar peredaran darahnya semakin lancar.

Lanjutkan ke Bagian Lengan

Setelah kaki selesai dipijat, Anda bisa segera beralih ke lengan. Pijatlah lengan bayi hingga ke bagian pergelangan tangan. Pada pergelangan tangan, lakukan gerakan memutar beberapa kali. Untuk memijat jari tangan, tariklah semua jari dengan lembut seperti gerakan memijat jari kaki.

Memijat Bagian Dada

Jangan ragu ketika memijat bagian dada bayi. Proses memijat dada bisa dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Letakkan telapak tangan Anda pada dada kiri si kecil kemudian buatlah gerakan memutar selama beberapa kali. Selanjutnya, letakkan tangan pada bagian tengah dada lalu tariklah hingga mencapai paha. Gerakan searah tersebut harus dilakukan beberapa kali supaya hasilnya maksimal.

Punggung Menjadi Bagian Akhir

Terakhir, posisikan bayi dalam keadaan tengkurap kemudian gunakan ujung jari untuk memijat leher, tulang belakang, dan bokong bayi. Anda dapat menutup sesi pijat bayi dengan gerakan lembut searah dari bahu hingga paha bayi. Kalau sudah selesai, Anda bisa segera memakaikan popok dan pakaian bayi.

Nah, proses pijat bayi ternyata sangat praktis, ya. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah ketika sedang senggang. Si kecil pun akan merasa lebih nyaman dan tumbuh kembangnya maksimal bila Anda melakukannya secara teratur. Selamat mencoba!

Advertisement