Makan Wortel Hingga Kecanduan Softlens! Intip 5 Mitos Unik Seputar Mata!

27
Makan Wortel Hingga Kecanduan Softlens! Intip 5 Mitos Unik Seputar Mata!

Health – Banyak mitos yang beredar seputar mata yang seringkali membuat kita bertanya-tanya akan kebenarannya, dan pada akhirnya mempercayainya agar tidak menyesal di kemudian hari. Namun, ada baiknya kita mengulik mitos-mitos tersebut dari sudut pandang sains agar dapat memberikan informasi yang jelas sehingga kita benar-benar dapat mengetahui cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata. Yuk, cari tahu mana yang mitos dan mana yang fakta!

Mitos 1: Makan wortel dapat meningkatkan kualitas penglihatan

Memang benar bahwa wortel mengandung banyak Vitamin A sebagai suplai vitamin yang penting untuk menjaga penglihatan mata. Namun, Vitamin A tidak hanya sebatas pada wortel, tetapi juga bisa ditemukan di keju, kuning telur, dan hati ayam. Selain itu, Vitamin C dan E juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk mencegah katarak dan degenerasi macula mata. Sehingga, konsumsi wortel dan sumber vitamin lainnya dapat menjaga kualitas penglihatan agar tidak menurun namun tidak dapat mengoreksi rabun jauh maupun rabun dekat.

Mitos 2: Membaca di tempat redup atau gelap dapat merusak penglihatan

Tempat yang redup akan menyulitkan mata dalam menentukan fokus ketika membaca sehingga otot-otot mata harus bekerja lebih keras yang berujung pada mata lelah. Ketika fokus membaca, biasanya refleks kedip akan menurun sehingga menyebabkan mata cepat kering. Namun, efek dari membaca di tempat redup yaitu mata lelah, mata kering, hingga nyeri kepala bersifat sementara. Belum ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa membaca di tempat redup dapat menyebabkan kerusakan penglihatan yang permanen.

Mitos 3: Menggunakan kacamata atau lensa kontak dapat melemahkan penglihatan dan menimbulkan ketergantungan

Mitos 4: Tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah kelihatan penglihatan

Seiring bertambah usia, lensa mata akan bertambah gelap, lebih opak, dan dalam beberapa kasus lensa mata menebal sehingga menyebabkan rabun jauh. Retina juga akan menipis dan menjadi kurang sensitif karena kematian sel, menurunnya aliran darah, atau regenerasi. Jika langsung memeriksakan mata ketika timbul gejala pertama seperti penglihatan yang kabur atau tidak jelas, sakit mata, semburat cahaya, titik hitam yang timbul tiba-tba, maka pada kasus tertentu akan ada penanganan yang dapat mencegah, memperbaiki, atau memperlambat proses kehilangan penglihatan.

Tak dipungkiri, mata adalah salah satu organ yang paling aktif digunakan sejak kecil, ditambah kebiasaan anak masa kini yang sangat akrab dengan gadget ketika makan, bermain, bahkan sekolah. Maka, tidak ada salahnya sejak dini membiasakan diri untuk menjaga kesehatan mata, seperti perbanyak asupan vitamin dan memperhatikan jarak mata ketika membaca, menonton TV, atau belajar dan bekerja didepan gadget. Ada juga cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas penglihatan, yaitu dengan rutin terapi mata menggunakan Jaco iBrite.

Jaco iBrite adalah alat terapi mata dengan keunggulan 3D Moving Cursor untuk melatih otot silaris mata, digital acupuncture untuk meregangkan otot silaris mata dengan simulasi akupuntur elektrik, dan vibration atau getaran yang berfungsi merelaksasi dan merangsang area mata. Rutin terapi mata dengan iBrite akan membantu melatih otot dan saraf di area mata untuk meningkatkan fokus, membuat mata lebih rileks, dan mencegah berbagai gangguan mata. Manfaat iBrite akan terasa lebih maksimal jika digunakan bersamaan dengan iBrite Therapy Tissue yang mengandung ekstrak rumput laut, daun mint, dan sari bunga untuk meningkatkan fungsi akupuntur, memberikan relaksasi, dan mengurangi kantung hitam di mata. Karena mata adalah jendela hati yang begitu pentingnya, pastikan Anda dan keluarga senantiasa menjaga mata agar dapat melihat indahnya dunia bersama Jaco iBrite!

Baca Juga :   Wajib Ikuti! Jalani Pola Hidup Sehat ala Jacompanion