Tidak Banyak yang Tahu, ini Dia Manfaat Mengonsumsi Teh Setiap Hari bagi Kesehatanmu

16
Manfaat Mengonsumsi Teh
Manfaat Mengonsumsi Teh

Health – Mengonsumsi teh di pagi hari bisa jadi merupakan hal yang biasa kamu lakukan di awal aktivitas harianmu. Selain menjadi teman di awal harimu, teh sendiri dapat menjadi teman mengobrol, teman makan, atau bahkan sekadar teman bersantai di sore hari. Teh tidak hanya memiliki rasa dan aroma yang khas, tapi ternyata tersimpan berbagai manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Berikut ini adalah manfaat teh yang perlu kamu ketahui!

1. Meningkatkan Konsentrasi dan Fungsi Kognitif Otak

Manfaat teh yang pertama adalah dapat meningkatkan konsentrasi. Hal ini dikarenakan teh memiliki kandungan kafein yang dikenal dengan fungsinya untuk merangsang sistem saraf pusat dan melancarkan peredaran darah ke otak. Hal inilah yang membuat kafein bisa membuat kamu lebih ‘melek’ sehingga pekerjaan sehari-hari dapat dikerjakan, alih-alih mengantuk. Kandungan kafein teh yang lebih rendah daripada kopi justru membuatnya lebih ideal untuk dikonsumsi. Selain itu, senyawa antioksidan dalam jenis teh hijau juga bermanfaat untuk melindungi otak dan menurunkan resiko penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

2. Menurunkan Resiko Diabetes

Menurut sebuah penelitian di Asia Pasific Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi teh hitam setiap hari dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 loh, Sahabat Jaco! Teh hitam mampu mengurangi glukosa darah dan dapat membantu mengendalikan gula darah. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol dalam teh dapat membantu para penderita diabetes menjaga resistensi insulin. Selain itu, polifenol secara signifikan mengurangi jumlah glukosa pada orang dewasa setelah mengonsumsi sukrosa sehingga dapat menurunkan resiko diabetes.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular

Teh juga mampu untuk mencegah penyakit kardiovaskular mulai dari gagal jantung, serangan jantung, dan stroke. Hal ini dikarenakan karena kemampuan teh untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Konsumsi teh secara rutin dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Selain itu, kandungan antioksidan dalam darah akan meningkat sehingga kolesterol jahat tidak teroksidasi. Untuk itu, disarankan untuk mengonsumsi empat hingga lima cangkir teh hitam atau hijau per hari tanpa gula yaa, Sahabat Jaco!

Baca Juga :   Cara Mudah Menguji Keaslian Batu Gwisamunsok pada Kalung Kesehatan

4. Menurunkan Berat Badan

Beberapa jenis teh yang populer seperti teh hijau, teh hitam dan teh oolong berasal dari tenaman Camellia Sinensis. Perbedaannya terletak pada pemrosesan daun teh yang berbeda, hingga menghasilkan warna, rasa dan manfaat kesehatan yang berbeda. Teh hijau sendiri dikenal dapat meningkatkan metabolisme, karena kandungan antioksidan alami yakni kafein dan katekin yang daoat meningkatkan pengeluaran energi dan membakar lemak. Kalau kamu bingung mau mengonsumsi jenis teh apa untuk menurunkan berat badan, kamu bisa coba Teh Daduzi yang memiliki kombinasi kandungan teh hijau dan teh hitam sekaligus, yang tentu saja sangat efektif mengurangi lemak-lemak di dalam tubuhmu. Hal ini tentu saja dengan catatan minum teh tanpa pemanis dan didukung dengan pola makan yang sehat yaa, Sahabat Jaco!

5. Menjaga Saluran Pencernaan

Selain membantu menurunkan berat badan, teh juga dapat membantu menjaga saluran pencernaan. Kandungan fitokimia dan tanin yang ada di dalam teh hitam memiliki efek restoratif pada saluran pencernaan kamu. Efek ini akan membuat sistem pembuangan kotoran menjadi lancar dan mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, polifenol yang ada di dalam teh juga dapat meningkatkan produksi bakteri baik dan mencegah bakteri yang merugikan pencernaan.

6. Menguatkan Tulang dan Gigi

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Teh juga diketahui memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan kulit. Salah satu jenis teh yang sering digunakan sebagai kandungan produk kecantikan, skin care hingga make up adalah teh hijau. Kandungan vitamin C, B, E dan antioksidan yang tinggi diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Polifenol yang merupakan salah satu jenis antioksidan berperan mencegah munculnya jerawat dan infeksi kulit, menurunkan resiko terkena kanker kulit, mengurangi efek penuaan pada kulit hingga mengontrol, kulit bermintak.

Selain itu, terdapat juga pendapat bahwa teh tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan makanan. Hal ini ada benarnya karena teh dapat mengganggu penyarapan protein dan zat besi. Lebih baik beri jarak antara sekitar 30-60 menit sebelum atau sesudah makan. Konsumsi teh bersama makanan juga tidak disarankan jika kamu mengonsumsi zat besi dan protein dalam jumlah sedikit.

Konsumsi teh secara rutin dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan, tapi tentunya teh tidak dapat dikonsumsi secara sembarangan. Jika ingin mendapatkan manfaat teh untuk kesehatan, sebaiknya mengonsumsi teh tanpa campuran gula maupun susu. Jika teh mengandung terlalu banyak gula dan susu, ditakutkan risiko yang didapatkan justru lebih tinggi dibandingkan manfaatnya untuk kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here