Masih Muda Punya Kerutan Di Wajah? Pertanda Apa?

46
Masih Muda Punya Kerutan Di Wajah Pertanda Apa

Beauty – Masih banyak orang yang beranggapan kerutan atau keriput wajah hanya dialami oleh orang usia lanjut. Faktanya, kerutan pertama terbentuk di usia 20-an, yang biasanya muncul di daerah dahi atau sekitar mata. Banyak orang yang mengabaikannya, tapi juga banyak yang takut dan merasa tidak cantik lagi,sehingga berbagai upaya dilakukan untuk menghilangkan kerutan.

Sesungguhnya, kerutan adalah lipatan atau garis yang muncul di kulit dan pasti terjadi seiring bertambah usia seseorang. Semakin tua membuat kulit jadi lebih tipis, kering, kurang elastis, dan rentan mengalami kerusakan. Beberapa faktor yang tidak disadari dari kehidupan sehari-hari bisa mempercepat munculnya keriput, seperti terlalu sering terpapar sinar matahari (UV), polusi udara, merokok, dehidrasi, dan lainnya. Oleh karena itu, orang-orang yang sering beraktivitas diluar ruangan akan lebih berpotensi timbul kerutan lebih cepat akibat elastisitas kulit yang berkurang. Ternyata, kerutan pada tiap area bisa berbeda-beda jenisnya loh! Kalau kamu termasuk tipe yang mana?

1. Tipe 1: Atrophic Crinkling Ryhtids

Tipe ini merupakan garis kerutan yang relatif dangkal, letaknya parallel satu sama lain dan akan menghilangkan ketika kulit diregangkan. Contoh kerutan tipe ini adalah di dahi. Kerutan ini muncul akibat hilangnya kolagen dan menurunkan elastisitas kulit.

2. Tipe 2: Permanent Elastic Creases

Tipe yang juga disebut lipatan elastis permanen paling sering terjadi di area pipi, bibir atas, dan leher bawah. Tipe ini bersifat permanen dan memburuk dari waktu ke waktu, dan akan semakin bertambah parah apabila terpapar oleh sengatan matahari dalam kurun waktu yang lama.

3. Tipe 3: Dynamic Expression Lines

4. Tipe 4: Gravitational Folds

Ini merupakan lipatan garis yang dalam dan terbentuk karena gravitasi dan hilangnya ketebalan kulit. Garis ini akan terlihat semakin nyata ketika usia bertambah, dikarenakan gaya gravitasi yang terus-menerus menarik kulit ke bawah dan menyebabkan kerutan permanen.

Tidak perlu merasa khawatir berlebihan terhadap munculnya kerutan di wajah, tapi juga ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai langkah pencegahan maupun perawatan kulit agar kerutan tidak bertambah semakin banyak dan cepat. Langkah awal bisa dimulai dengan mengubah pola hidup yang sehat seperti menghindari aktivitas di luar ruangan pada pukul 10 pagi hingga 2 siang yaitu saat dimana matahari paling menyengat dan tidur yang cukup minimal 8 jam sehari. Hindari pula kebiasaan merokok, minum alkohol atau manis yang berlebihan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dermabrasi, terapi laser, botox, chemical peeling, facelift, filler, hingga steam face.

Salah satu perawatan wajah yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah adalah menggunakan Touch Up dari Jaco. Touch Up adalah alat setrika wajah berteknologi Korea dengan 100 gelombang radio mikro yang bekerja merangsang kolagen dalam kulit, meregenerasi sel kulit mati, sehingga secara optimal mencegah dan menghilangkan keriput di wajah. Untuk memberikan hasil yang maksimal, gunakan bersamaan dengan Micro Collagen dari Jaco, yaitu krim wajah anti keriput yang membantu merangsang pertumbuhan kolagen dalam kulit. Olesan Micro Collagen akan meningkatkan efektivitas gelombang mikro dari Touch Up kedalam kulit sehingga mampu membantu meningkatkan metabolisme kulit, anti oksidan, dan otomatis mencegah kerutan wajah. Dapatkan perawatan terbaik untuk kulit glowing hanya dengan Touch Up!