Mata Sering Berkedut ? Ini Penyebabnya!

20
mata-sering-berkedut-?-ternyata-ini-penyebabnya

Kesehatan – Mata adalah salah satu organ yang paling sering digunakan untuk melihat dan berperan sangat penting dalam memperlancar aktivitas sehari-hari. Bagian-bagian dari mata memiliki tugas masing-masing untuk mengantarkan cahaya menuju ke otak untuk dicerna oleh sistem saraf. Pernakah kamu mendengar mitos yang terjadi saat mata kedutan di sebelah kiri yang berarti kamu akan bertemu dengan saudara jauh yang telah lama berpisah bahkan dipercaya akan datangnya keberuntungan? Sebagian dari kita harusnya pernah mendengar mitos ini.

Kedutan mata jarang menjadi tanda kondisi serius, namun jika terjadi secara terus-menerus bisa menjadi indikasi gangguan otak atau sistem saraf yang lebih serius. Jangan panik sahabat Jaco, mata berkedut bisa menyerang siapa saja dan terjadi pada salah satu atau kedua mata. Pada umumnya kondisi ini tidak berbahaya, tetapi bisa sangat mengganggu. Mata kedutan biasanya terjadi karena berbagai kegiatan sehari-hari seperti:

  • Mata lelah

Bekerja seharian di depan layar komputer juga dapat membuat mata lelah. Mata lelah ini dapat menyebabkan mata kedutan akibat saraf mata yang menegang

  • Kurang Tidur

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko mengalami mata kedutan. Untuk mengatasinya sahabat Jaco harus memenuhi kebutuhan istirahat dengan tidur yang cukup.

  • Mengkonsumsi Kafein

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan risiko saraf mata menegang dan membuat mata kedutan. Untuk mengatasinya, perlu membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein.

  • Merokok dan Konsumsi Alkohol

Tidak berbeda dengan kafein, zat yang terkandung dalam asap rokok maupun alcohol dapat meningkatkan saraf mata menegang dan mata kedutan. Membatasi konsumsi alcohol dan penggunaan rokok dapat mengatasi mata kedutan.

  • Efek Samping Obat

Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi dapat memberikan efek samping mata kedutan. Obat-obatan seperti antiepileptic dan antipsikotik diketahui dapat memengaruhi saraf dan otot sehingga bisa juga menyebabkan otot menegang dan tremor (tubuh gemetaran).

  • Stress

Stres pikiran merupakan salah satu penyebab yang dapat memengaruhi kesehatan fisik, termasuk penyebab mata kedutan. Tidak semua orang yang sedang stress akan mengalami hal yang sama seperti mata kedutan, namun stress bisa menjadi salah satu faktor pemicunya.

  • Blefarospasme

Jika terjadi mata kedutan menjadi kronis atau tidak terkendali ini dinamakan blefarospasme esensial jinak. Ini merupakan kontraksi otot-otot kelopak mata yang abnormal. Blefarospasme ini biasanya memengaruhi kedua mata. Kasus yang paling parah biasanya kedutan terjadi selama berjam-jam dan sangat sering.

Mata kedutan juga dapat menjadi hal yang perlu diperhatikan bahkan masalah serius yang diharuskan dilakukan pengecekan ke dokter. Perlu diwaspadai jika terjadi keluhan seperti ini: mata bengkak, merah atau mengeluarkan cairan yang tidak biasanya, kelopak mata atas terkulai, kelopak mata bener-bener menutup setiap kali berkedut, kedutan berlanjut selama beberapa minggu, kedutan mulai memengaruhi bagian lain dari wajah. Jika terjadi keluhan mata berkedut, sahabat Jaco bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan iBrite Gen 2 untuk merelaksasi mata sehingga mata menjadi lebih rileks dan segar. Kamu juga akan terhindari dari berbagai keluhan mata lainnya seperti minus, plus, dan silinder. Terapi iBrite dirancang dengan teknologi terkini yang membantu melatih otot silaris mata, merelaksasi saraf mata yang tegang, dan mengembalikan kenyamanan untuk beraktivitas kembali. Cukup 15 menit setiap hari, buat mata lebih siap melihat indahnya hari-harimu!

Advertisement