Menilik Sejarah Korset Dunia

1143
Menilik Sejarah Korset Pelangsing di Dunia

Beauty – Masalah bentuk tubuh sudah menjadi masalah klasik yang ternyata dialami wanita dimanapun sejak zaman dahulu. Jika wanita Jawa memiliki “stagen” atau kain Panjang yang dililitkan di pinggang agar dapat memiliki bentuk tubuh yang bagus saat memakai kebaya, lain halnya dengan wanita di Eropa yang menggunakan korset setiap saat. Korset yang digunakan wanita Eropa pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan stagen pada orang Jawa, hanya saja korset lebih ketat dan kencang sehingga dianggap lebih efektif untuk mempertahankan bentuk tubuh yang ideal bagi para wanita di zamannya.

Pada abad ke 19, korset mulai populer di negara Prancis. Masa itu para wanita memiliki standar ideal untuk tetap tampil ramping sehingga baju apapun yang dikenakannya tampak lebih cantik dengan postur tubuh yang lebih tegap dan bagus. Trend ini sangat populer diantara wanita bangsawan. Para wanita memakai korset agar tubuhnya dapat terlihat seperti lekukan jam pasir karena korset digunakan untuk meminimalisir bentuk pinggang dan membuat bentuk pinggul dan bagian dada terlihat lebih menonjol. Korset pada zamannya, dililitkan tali panjang pada bagian belakang sebagai pengencang korset pada tubuh agar pas.

Korset pada umumnya berbahan kain yang fleksibel atau kulit yan dibuat menyerupai kerangka tulang rusuk. Dulu tulang paus menjadi kerangka  sehingga korset bisa menjadi kaku dan kencang. Namun saat ini korset mengalami perubahan,bahan yang digunakan sebagai bahan dasar adalah plastik agar korset lebih ringan digunakan.

Sampai sekarang, telah banyak berbagai macam jenis korset modern yang lebih praktis digunakan dan menjadi trend populer tersendiri. Tidak hanya pada saat memakai gaun atau pakaian formal namun korset dipakai tiap saat agar tampilan bentuk badan dapat terlihat sempurna. Salah satunya seperti produk slimming suit dari Jaco yaitu Kozuii Slimming Suit dan Secret Slimming Suit. Dua produk ini memiliki fungsi kerja seperti korset pelangsing dengan kandungan ion negative, membantu menurunkan berat badan dan merawat kekencangan kulit tubuh anda.

Advertisement