Nyeleneh! Pria ini menatap matahari secara langsung selama 1 jam tanpa berkedip.

81

Seorang kakek asal India bernama MS Verma seketika viral dikarenakan menciptakan rekor baru yaitu mampu menatap matahari secara langsung selama satu jam. Bahkan seperti yang diberitakan, kakek ini tidak dibantu oleh alat bantu apapun seperti kacamata hitam dan sebagainya.

Dilansir dari Oddity Central via kompas.com, pria ini mampu memecahkan rekor nasional. Tidak dicapai secara instan, ternyata kakek ini sudah berlatih selama 25 tahun untuk bisa mencapai rekor nasional menatap matahari selama satu jam. Hal ini dilakukan karena Verma terinspirasi dari seorang guru spiritual asal India.

Aksinya memecahkan rekor ini dihadiri juga oleh perwakilan Book Of Record, seorang dokter dan politisi. Setelah aksinya dilakukan, kesehatan mata Verma juga di periksa langsung secara keseluruhan oleh dokter dan dianggap tidak memiliki masalah kesehatan pada mata nya. Namun, meski Verma sudah dipastikan tidak memiliki gangguan kesehatan mata, para ahli tidak menyarankan sama sekali hal ini dilakukan oleh orang lain.

Tahukah kamu? Pasalnya, menatap matahari secara langsung bisa sangat merusak mata.

Sinar Matahari memang sangat menyiksa apabila kita tatap secara langsung saat terik. Bahkan, banyak orang yang akan langsung merasakan efek buruk untuk kesehatan matanya. Menatap matahari secara langsung tidak bisa kita anggap remeh, karena hal ini bahkan bisa membuat mata kita mengalami kebutaan.

Lantas, apa saja sih dampak buruk kesehatan mata yang disebabkan menatap matahari secara langsung ? Simak 3 fakta dibawah ini ya!

  1. Merusak Kornea Mata

Faktanya, menatap matahari dalam waktu beberapa detik saja mampu membuat kornea mata kita mengalami kerusakan, hal ini dikarenakan sinar UVA dan UVB yang dihasilkan nya.

Kerusakan mata akibat paparan sinar matahari langsung yang menyebabkan rusaknya kornea dikenal dengan fotokeratitis. Gejalanya muncul beberapa jam setelah paparan pertama dan diawali dengan produksi air mata berlebihan, mata merah dan meradang,

  1. Merusak Retina Mata

Dampak buruk selanjutnya setelah kornea mata kalian rusak adalah menatap matahari dalam waktu sebentar ataupun lama, mampu merusak retina mata kalian. Hal ini bisa terjadi karena sinar ultra violet akan langsung masuk mengenai retina mata kemudian akan terserap dan berubah menjadi radikal bebas. Dilansir dari headlines, radikal bebas ini akan mengoksidasi jaringan tissue disekitar retina.

  1. Meningkatkan Resiko Kanker Mata

Dampak lain menatap matahari secara langsung dengan mata telanjang adalah bisa meningkatkan resiko penyakit kanker mata dengan tumbuh dan berkembang secara cepat. Hal ini tentunya sangat berbahaya karena pada tahap lanjut pertumbuhan sel kanker bisa menyebabkan gangguan penglihatan, menimbulkan floaters bahkan kebutaan.

Bicara tentang kesehatan mata, menjaga mata memang merupakan hal yang paling penting untuk kalian lakukan. Padahal setiap harinya di kehidupan kita ini banyak faktor yang dapat merusak dan membahayakan mata kita. Jika dibiarkan terus menerus, tidak menutup kemungkinan fungsi mata kita mengalami penurunan kemampuan penglihatan dan banyak orang yang memiliki masalah atau gangguan pada kesehatan mata seperti mata minus, plus, dan silinder.

Lantas, bagaimana cara merawat mata yang sudah terlanjur memiliki masalah seperti mata minus, plus dan silinder ?

a. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Salah satu hal yang paling mudah untuk menjaga kesehatan mata yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Kalian bisa mengkonsumsi makanan makanan yang mampu menyehatkan mata, seperti mengkonsumsi wortel, sayuran hijau, ikan berlemak (tuna, salmon, dll), kacang-kacangan, telur, dan makanan sehat lain nya untuk mata kalian.

 

b. Pakai Kacamata Hitam Saat Di luar Ruangan

Memakai kacamata hitam juga merupakan salah satu yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, menggunakan kacamata hitam saat diluar rumah mampu menjaga mata kalian dari paparan sinar matahari secara langsung yang bisa merusak kornea dan retina mata kita.

c. Mengatur pencahayaan ruangan atau gadget

Cara lain untuk menjaga kesehatan yaitu mengatur pencahayaan ruangan atau gadget yang kalian gunakan setiap saat. Seperti yang kita ketahui, saat ini gadget memiliki peran sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga seringkali merasa mata kita mengalami kelelahan yang dikarenakan cahaya layar gadget yang terus-menerus di tatap. Layar gadget dan lampu ruangan wajib kita atur  dengan menyesuaikan kenyamanan mata saat melihat, sebab ruangan yang terlalu terang bisa menyebabkan mata kita kurang nyaman, sedangkan dalam kondisi gelap pun bisa membuat mata mengalami buram dan kesulitan untuk mendapatkan fokus.

d. Rutin Melakukan Periksa Mata

Melakukan pemeriksaan mata secara rutin disarankan dilakukan pada semua orang, karena hal ini dapat membuat kita mengetahui kondisi kesehatan mata, serta dapat mendeteksi gangguan mata sejak dini. Untuk cara yang satu ini,  kalian bisa melakukan pemeriksaan secara rutin setiap 6 bulan sekali ke dokter mata

e. Rutin Terapi Mata Menggunakan Produk iBrite

Cara merawat mata yang dapat kita lakukan selanjutnya adalah rutin terapi mata menggunakan salah satu produk dari Jaco yaitu iBrite yang merupakan alat terapi mata menggunakan metode cahaya 3D, digital akupuntur dan vibration yang dapat merelaksasi mata, dan mengurangi keluhan pada mata seperti mengatasi masalah mata minus, plus, dan silinder.

Manfaat produk iBrite :

  • Melatih otot mata untuk meningkatkan fokus.
  • Merangsang saraf-saraf pada area mata.
  • Meningkatkan fungsi mata.
  • Membuat mata lebih rileks.
  • Mencegah berbagai gangguan pada mata.

iBrite memiliki spesifikasi, yaitu :

  1. Tombol Power On/Off
  2. Pulse (Akupuntur)
  3. Vibration (Getaran)
  4. Pengatur Kekuatan Denyut Pulse
  5. Elektroda (7 titik akupuntur)
  6. Strap Karet

Untuk penggunaan produk iBrite, harus bersamaa dengan Tissue terapinya. Teraphy Tissue ini memiliki fungsi untuk memaksimalkan fungsi akupuntur pada iBrite, merelaksasi mata dan mengurangi kantong hitam pada mata.

Cara Penggunaan

  • Kaitkan lembaran tissue iBrite ke bagian elektroda dan aplikasikan iBrite pada mata.
  • Hidupkan iBrite dengan menekan tombol On/Off, lalu sudah otomatis masuk ke mode cahaya 3D dan Vibration selama 5 menit, lihat dan ikuti titik hijau.
  • Setelah 5 menit, akan otomatis berlanjut ke mode digital akupuntur selama 10 menit.
  • Apabila ingin mode cahaya 3D dan Vibration saja, maka tekan tombol On/Off terlebih dahulu lalu tekan tombol Vibration, maka otomatis masuk ke mode cahaya 3D dan Vibration selama 15 menit. Begitu pun dengan mode digital akupuntur, tekan tombol Pulse maka otomatis masuk ke mode akupuntur selama 15 menit.
  • Tekan tombol (+) untuk menambah kekuatan denyut dan tekan (-) untuk mengurangi kekuatan denyut pada pengoperasian PULSE (akupuntur).
  • Lakukan 1-2 kali sehari, dengan waktu 15 menit setiap pemakaian, dapat digunakan terus menerus 15-20 hari secara berulang. Jika merasa mata masih lelah, dapat meningkatkan jumlah pemakaian

Perhatian

  • Alat terapi iBrite tidak boleh digunakan saat memiliki luka pada kulit mata, penyakit mata contohnya konjungtivitis (radang pada konjutiva mata), dan penyakit mata berat lainnya, tumor kepala, dan serangan jantung berat.
  • Ketika hendak menggunakan mode Akupuntur, tekan PULSE dan atur level kekuatan getaran (+, -).

Cukup sekian informasi mengenai viralnya pria India yang berkaitan dengan kesehatan mata dan sedikit tips dari aku untuk kalian yang butuh informasi mengenai cara merawat mata yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memecahkan permasalahan kesehatan mata kalian ya!<3 sampai jumpa di next artikel.

Advertisement