Olahraga Yang Dapat Mencegah Nyeri Pinggang

19
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

OLAHRAGA – Sakit pinggang sudah jadi penyakit yang lumrah dialami oleh banyak orang. Penyakit ini bisa disebabkan kebiasaan duduk terlalu lama dalam posisi yang lama atau salah, sering mengangkat beban terlalu berat, dan jarang berolahraga. Sakit pinggang atau low back pain adalah rasa nyeri yang ada di sekitar tulang lumbar, jaringan, otot dan saraf punggung. Gejala yang biasanya dirasakan adalah rasa nyeri yang berlangsung lama, kram, kesemutan, kebas, ngilu yang menjalar ke bagian tubuh lainnya. Selain itu, faktor utama penyebab nyeri pinggang paling umum adalah obesitas, karena otot-otot di sekitar tulang punggung harus bekerja lebih keras untuk menopang bobot tubuh yang berlebih. Oleh karena itu, sebetulnya olahraga sangat penting untuk melindungi tubuh kita dari cedera tulang belakang. Lalu, apa saja olahraga yang bisa kita lakukan untuk mencegah nyeri pinggang?

  1. Partial crunches

Gerakan ini adalah setengah sit-up yang dapat membangun kekuatan pinggang dan otot perut. Gerakan ini sangat baik untuk mengatasi nyeri pinggang karena dapat melatih otot sekitar pinggang dan perut menjadi lebih kuat. Awali Gerakan dengan berbaring dan lutut ditekuk hingga telapak kaki menapak rata di lantai. Letakkan kedua tangan untuk menopang kepala, dan angkat tubuh kedepan seperti Gerakan sit up biasanya. Pastikan otot perut kencang dan bahu terangkat sepenuhnya dari lantai. Ulangi Gerakan ini selama 8-12 kali secara bertahap.

  1. Hamstring stretching

Hamstring adalah tiga otot besar yang menjadi penghubung otot dan tulang belakang bagian paha. Peregangan ini bertujuan untuk meringankan beban pada tungkai yang menopang punggung bagian bawah. Kamu bisa berbaring diatas permukaan lantai dengan menekuk salah satu lutut, Tarik bagian ujung telapak kaki dengan handuk. Lalukan gerakan secara perlahan agar kamu dapat merasakan otot yang ikut meregang pada bagian punggung. Tahan gerakan selama 15-30 detik dan ulangi 2-4 kali.

  1. Pilates

Pilates adalah peregangan otot yang fokus pada bagian inti otot perut. Olahraga ini dapat melatih fleksibilitas persendian yang lemah dan menguatkan anggota tubuh gerak lainnya. Olahraga ini sekilas mirip dengan yoga, dan sama-sama dapat meningkatkan stamina tubuh dan memperbaiki postur tubuh yang kurang seimbang. Lebih baik melakukan Pilates bersama dengan instruktur professional agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Pelvic Tilts

Gerakan-gerakan dalam olahraga ini dirancang khusus untuk melatih otot perut dan punggung untuk mengatasi kondisi saraf terjepit. Cara melakukannya adalah kamu tinggal berbaring di lantai dengan menekuk kedua lutut, kencangkan otot perut dan gerakkan bagian punggung ke kanan dan kiri. Pastikan kamu mengatur pernapasan dengan lancar dan tahan Gerakan selama 10 detik. Ulangi gerakan hingga 12 kali dan lakukan secara rutin agar nyeri pinggang berangsur pulih.

  1. Knee to chest

Sesuai namanya, gerakan ini sangat sederhana untuk mengatasi nyeri pinggang. Setelah berbaring di lantai, angkat kaki kiri ke arah dada dan tahan posisi selama 15-30 detik, ulangi lagi dengan kaki kanan. Pastikan punggung menempel lurus sempurna di lantai. Lakukan gerakan ini sebanyak 2-4 kali untuk masing-masing kaki sampai kamu merasa nyeri pinggang sudah lebih baik.

Demikian beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk penderita sakit pinggang yang nyatanya tidak perlu alat bantu apapun, apalagi tidak menghabiskan banyak ruang dan biaya untuk melakukannya. Setelah mencoba kelima gerakan ini, kamu juga bisa memilih gerakan mana yang paling cocok untuk kamu lakukan secara rutin setiap hari.

Disamping gerakan-gerakan diatas, agar nyeri pinggang bisa disembuhkan secara tuntas dan tidak kembali lagi di kemudian hari, sebaiknya iringi dengan terapi Lumbar Pillow 15 menit setiap harinya. Terapi Lumbar Pillow akan membantu meregangkan pinggang agar saraf dan otot pinggang bekerja dengan baik. Dilengkapi dengan fitur-fitur terapi yang paling canggih, kamu bisa melakukan perawatan nyeri pinggang sendiri di rumah! Dapatkan GRATIS TERAPI Lumbar Pillow dengan kunjungi showroom Jaco terdekat atau kunjungi www.jaco.co.id

Advertisement