Orang Gemuk Patut Perhatikan Hal ini Sebelum Berolahraga

514
Orang Gemuk Patut Perhatikan Hal ini Sebelum Berolahraga

Sport – Kegemukan sering terjadi karena seseorang hampir tidak pernah berolahraga. Bahkan hal tersebut juga turut diperparah dengan asupan kalori berlebihan dari makanan dan minuman. Kedua hal tersebut jelas akan memicu pertambahan berat badan secara tak terkendali.

Tak ada kata terlambat jika Anda baru ingin memulai rutinitas olahraga sekarang. Tubuh gemuk bukan halangan untuk berolahraga secara teratur. Asalkan Anda memperhatikan beberapa hal penting ini sebelum berolahraga:

1. Memulai Olahraga dengan Durasi Singkat

Memulai Olahraga dengan Durasi Singkat

Orang-orang yang kelebihan berat badan tentu mengalami keterbatasan dalam hal gerakan dan sistem pernapasan. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda memulai olahraga dengan durasi singkat. Olahraga selama 10 menit sudah cukup untuk membiasakan diri. Selanjutnya, tambahkan durasi olahraga Anda secara bertahap karena tubuh Anda sudah mulai beradaptasi dengan aktivitas fisik.

2. Memilih Jenis Olahraga yang Ringan Terlebih Dahulu

Memilih Jenis Olahraga yang Ringan Terlebih Dahulu

Olahraga ringan membuat orang-orang yang kelebihan berat badan tidak mudah lelah atau mengalami cidera. Anda bisa memulainya dengan berjalan kaki terlebih dahulu. Variasi olahraga lainnya seperti taichi dan yoga juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Karena jenis-jenis olahraga tersebut tidak membuat napas Anda terengah-engah dan Anda pun tak akan kesulitan menopang berat badan.

3. Memperhatikan Kenyamanan Diri Sendiri Saat Berolahraga

Memperhatikan Kenyamanan Diri Sendiri Saat Berolahraga

Rasa nyaman akan membuat Anda lebih mudah beradaptasi dengan beban aktivitas fisik. Oleh sebab itu, Anda wajib menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Siapkan pakaian berukuran longgar yang bahannya mudah menyerap keringat. Alas kaki yang solnya empuk juga patut menjadi perhatian Anda. Jika Anda sudah merasa nyaman, Anda pun lebih leluasa bergerak dan tak mudah mengalami cidera sewaktu berolahraga.

[irp posts=”1100″ name=”5 Jenis Alat Olahraga yang Efektif Menurunkan Berat Badan”]

4. Memanfaatkan Alat-Alat Olahraga di Sela Kesibukan

Memanfaatkan Alat-Alat Olahraga di Sela Kesibukan

Kesibukan bukanlah alasan yang dapat digunakan untuk menghindari sesi olahraga. Jika Anda memang sangat sibuk, luangkan waktu untuk berolahraga di rumah. Anda bisa menggunakan alat-alat olahraga berkualitas seperti sepeda statis, treadmill, atau dumbell. Olahraga di rumah akan membuat Anda lebih nyaman dan tidak mudah lelah. Sebab Anda bisa menyesuaikan beban latihan dengan kemampuan Anda.

5. Jangan Ragu Bergabung di Komunitas Olahraga

Jangan Ragu Bergabung di Komunitas Olahraga

Berolahraga sendirian mungkin sering membuat Anda tidak termotivasi. Siasati rasa malas tersebut dengan cara bergabung di komunitas olahraga. Pilihlah olahraga yang Anda sukai dan bergabunglah dengan komunitasnya. Anda pasti jadi lebih termotivasi setelah bergabung di komunitas. Sebab Anda bisa mendapatkan teman baru ketika menjalani sesi olahraga yang menyenangkan.

Pilihan kini sepenuhnya ada di tangan Anda. Ingin bertahan dengan tubuh yang kelebihan berat badan atau mulai menjalani gaya hidup sehat demi tubuh yang lebih bugar?

Advertisement