Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

447

Health – Mata merupakan salah satu alat indera manusia yang sangat penting karena berfungsi untuk melihat benda di sekeliling. Menurut para ahli, mata ialah alat indra yang kompleks. Mata memiliki bagian-bagian beserta fungsinya yaitu, bulu mata, alis mata, dan kelopak mata memiliki peran penting dalam mendukung penglihatan. Namun banyak yang kurang menjaga kesehatan mata dengan baik. Seperti seringnya membiasakan hal-hal buruk yang menyebabkan berkurangnya kualitas mata anda.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, tidak terkecuali untuk kesehatan mata. Banyak cara sederhana untuk melakukannya. Beberapa langkah mudah berikut ini bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata anda :

Rutin Memeriksa Mata

Untuk memastikan mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia, maka harus rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya 2 tahun sekali agar penglihatan selalu sehat.

Orang dewasa yang sudah berumur lebih dari 40 tahun disarankan agar memeriksakan mata setahun sekali untuk mencegah penyakit mata akibat penambahan usia (Katarak). Bahkan mata anak usia 6-12 bulan juga harus di periksa untuk mendeteksi masalah penglihatan agar tidak mempengaruhi kemampuan belajarnya.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Beberapa penelitian menunjukkan jika sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, dan jeruk jika di konsumsi secara teratur, dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, yang terpenting mengkonsumsi Vitamin C & E, Zinc, lutein dan asam lemak omega 3 dapat membantu menangkal masalah mata terkait penambahan usia atau katarak.

Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Komputer

Terlalu lama menatap layar komputer mengakibatkan mata menjadi kering dan otot mata menjadi tegang, sehingga sulit untuk fokus menatap kejauhan dan pandangan menjadi kabur. Untuk mengatasi masalah tersebut, setiap 20 menit alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik untuk mengurangi ketegangan otot mata. Selain itu dapat juga mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam dan jika mata anda terasa kering, seringlah mengedipkan mata.

Kurangi Konsumsi Rokok

Mulailah untuk megurangi konsumsi rokok karena merokok dapat meningkatkan risiko penyakit katarak, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina mata.

Jika terasa seperti ada butiran pasir pada mata, bilas dengan air bersih, atau jika mata terasa gatal atau berubah menjadi merah, atasi dengan obat tetes mata atau kompres dingin. Segera periksakan kedokter mata jika terjadi gejala tersebut terus berlangsung.

Jangan abaikan berbagai masalah yang terjadi pada mata. Gunakan iBrite untuk membantu menjaga kesehatan mata. iBrite adalah alat terapi mata, yang efektif merelaksasikan mata untuk mencegah berbagai keluhan pada mata. iBrite menggunakan metode digital akupuntur dengan signal digital frekuensi rendah, memijat 7 titik akupunktur mata. Selain itu I-Brite juga membantu melatih otot siliaris mata melalui pelatihan 3D. Terapi digital akupuntur mencegah dan mengobati mata minus, rabun jauh, rabun dekat, silindris, dan danastigmatis.

Advertisement