Perut Buncit Jadi Sarang Penyakit Ini!

23
perut-buncit-jadi-sarang-penyakit-ini

TriviaBanyak orang yang sering merasa insecure dengan bagian tubuh yang dianggap tidak sempurna, salah satunya perut buncit. Terjadinya buncit disebabkan karena ada penimbunan lemak di bagian perut yang terdiri atas dua macam yaitu lemak subkutan dan lemak visceral. Dapat diketahui bahwa lemak subkutan adalah lemak yang berada dibawah kulit dan dapat dicubit serta terlihat. Sedangkan lemak viseral berada di sekitar organ dalam tubuh sehingga tidak terlihat dan sering dihubungkan dengan kondisi obesitas di perut. Perut buncit terkadang membuat orang tidak percaya diri karena berpengaruh pada penampilan, namun ini juga berbahaya terhadap kondisi kesehatan secara umum.

Perut buncit dapat disebabkan oleh konsumsi terlalu banyak makanan yang tinggi gula dan kolestrol serta kurang berolahraga yang akan mengalami penumpukan lemak pada tubuh. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), untuk orang Asia terbilang buncit apabila ukuran lingkar pinggang diatas 80 cm pada wanita dan 90 cm pada pria. Berikut ini 5 penyakit yang berhubungan dengan perut buncit:

1. Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah

Lemak yang timbun pada perut akan sangat membahayakan karena lemak jahat tersebut dapat menyebar dan menyumbat pembuluh darah jantung. Lemak jahat ini juga aktif memproduksi sel sitokin yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Bahaya dari perut buncit ini sering sekali disepelekan oleh banyak orang, padahal sudah seharusnya diambil tindakan yang tepat agar lemak perut bisa terbuang.

2. Penyakit Hati

Hati adalah organ yang berperan penting untuk menghancurkan racun di dalam darah hingga membantu proses pencernaan. Lemak yang berlebihan disimpan oleh tubuh di dalam perut termasuk sekitar hati. Jika lemak berlebihan dapat menyebabkan perlemakan hati. Perlemakan hati ini tidak menyebabkan gejala yang nyata, namun kamu mungkin merasa lelah atau mengalami ketidaknyamanan ataupun rasa sakit di sisi kanan atas perut. Jadi jangan disepelekan bahaya perut buncit hanya terbatas pada penampilan saja ya.

3. Diabetes

Penumpukan lemak pada perut disebut juga sebagai obesitas sentral. Obesitas sentral ini menjadi faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti diabetes mellitus tipe 2. Perut buncit memiliki keterkaitan dengan resisten insulin sehingga dapat mengganggu metabolisme gula. Seperti yang dibahas sebelumnya lemak jahat memproduksi sel sitokin yang dapat memberikan dampak negatif pada sensitivitas sel terhadap insulin. Jika insulin tidak dapat bekerja untuk memasukkan gula ke dalam sel, tingkat gula di tubuh akan meningkat dan akan menyebabkan diabetes.

4. Hipertensi

Menurut penelitian yang dilakukan American College of Cardiology ini menyatakan lemak viseral meningkatkan risiko darah tinggi hingga 22 persen dibanding mereka yang memiliki perut rata. Kenyataannya, jika perut buncit tidak segera diatasi, tekanan darah tinggi sudah mengintai.

5. Demensia

Dilansir dari Verywellfit, perut buncit dapat mengakibatkan risiko penyakit kronis. Salah satunya adalah demensia yang mempengaruhi struktur otak dan dapat menyebabkan penyakit pikun seperti Alzheimer. Banyaknya penumpukan lemak pada tubuh terutama di perut dapat mengakibatkan fungsi kognitif otak menurun. Ada banyak sekali bahaya perut buncit yang tidak dapat disepelekan. Pengaruhnya sangatlah banyak terhadap jantung, pembuluh darah, hati dan otak. Untuk itu, kita harus tahu cara mengatasi perut buncit dengan cepat.

Perut buncit tidak hanya membuat kita kurang percaya diri, namun dapat membawakan efek negatif pada tubuh kita secara keseluruhan. Sahabat Jaco dapat mengatasinya dengan menjaga pola makan, berolahraga rutin dan mencukupi asupan serat harian. Hal seperti ini dapat dibantu dengan produk minuman serat buah dan sayur alami seperti Sousouyou karena mengandung Psyllium Husk. Sousouyou mengandung serat alami buah dan sayur serta premiks vitamin dan mineral yang dapat membantu mengangkat racun dan lemak yang menumpuk dari tubuh serta mengatasi perut buncit. Jangan khawatir, Sousouyou telah mendapat pengakuan langsung dari dokter gizi dan puluhan selebriti yang telah merasakan langsung manfaatnya. Cek selengkapnya di www.sousouyou.co.id !

Advertisement