Salah Kenali Aroma, Waspada Tanda Anosmia!

54
Salah Kenali Aroma, Waspada Tanda Anosmia!

Health – Hidung adalah salah satu alat indera manusia yang sangat penting. Selain untuk bernapas, hidung memiliki kemampuan untuk mengenali berbagai aroma, mulai dari wangi parfum hingga aroma yang kurang sedap. Namun, pernahkah membayangkan jika kemampuan utama indera penciuman ini hilang? Hilangnya kemampuan hidung untuk mencium aroma dikenal dengan istilah Anosmia.

Anosmia adalah kondisi gangguan pada indera penciuman yang ditandai dengan hilangnya kemampuan hidung untuk mencium aroma apapun. Normalnya, ketika ada aroma yang beredar di udara, sel saraf penciuman akan memberi sinyal ke otak, sehingga Anda bisa mengidentifikasi dan mengenali bau. Namun, indera penciuman pengidap Anosmia tidak bisa berfungsi secara semestinya sehingga tidak bisa mengetahui adanya bau.

Umumnya, Anosmia bisa terjadi sebagai akibat dari berbagai gangguan yang mempengaruhi indera penciuman seperti hidung tersumbat karena flu, alergi, infeksi sinus atau kualitas udara yang buruk.

Beberapa kondisi kesehatan yang juga bisa menyebabkan Anosmia, diantaranya usia yang sudah lanjut (di atas 60 tahun), Parkinson, penyakit Alzheimer, Diabetes, tumor otak, gangguan nutrisi, riwayat operasi hidung, dan multiple sclerosis. Serta saat pandemi ini, Anosmia menjadi gejala dari infeksi virus Covid-19.

Indera penciuman memiliki peran yang sangat penting untuk mengidentifikasi adanya bahaya atau sesuatu yang bisa mengancam keselamatan dan juga kesehatan. Oleh karena tidak bisa mencium bau apapun, pengidap Anosmia perlu berhati-hati terhadap bahaya berikut ini:

1. Keracunan makanan

2. Mengalami penurunan berat badan

Aroma pada makanan sebenarnya bermanfaat untuk merangsang nafsu makan seseorang. Namun, karena tidak bisa mencium bau apapun, pengidap Anosmia bisa saja kehilangan nafsu makan sehingga berat badan pun bisa menurun.

3. Kurang mawas diri

Kehilangan kemampuan penciuman membuat pengidap Anosmia kurang peka terhadap bahaya di rumah, seperti kebakaran atau kebocoran gas. Bagi pengidap Anosmia yang tinggal sendiri di rumah, disarankan untuk memasang alarm kebakaran atau pendeteksi asap di sekitar area dapur, serta menggunakan gas dengan perangkat listrik untuk menghindari kebocoran gas.

Penanganan Anosmia bergantung dari penyakit yang memicu terjadinya keluhan tersebut. Anosmia yang disebabkan karena flu, alergi, dan sinus biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Karena penyebab Anosmia ini cukup bervariasi, pencegahannya pun bergantung dari masalah kesehatan yang menjadi pemicu timbulnya Anosmia. Kondisi seperti usia lanjut, terapi radiasi, penyakit berat macam Alzheimer, Parkinson, atau cedera hidung misalnya, memang tidak bisa dicegah begitu saja.

Dilansir dari Verywell Health, para peneliti telah menemukan bahwa latihan penciuman dapat membantu orang-orang mendapatkan kembali kemampuan mereka untuk mendeteksi aroma atau bau. Menghirup minyak esensial yang beraroma kuat seperti Eucalyptus akan perlahan merangsang dan membangkitkan indra penciuman kembali.

Anda bisa terapkan cara ini dengan bantuan Nano Beauty Face dari Jaco! Terapi teknologi uap yang menghasilkan Ion Negatif dengan Nano Beauty Face akan membantu melegakan rongga pernapasan dan mengurangi polusi udara di ruangan, sehingga bernapas jadi lebih segar melalui fitur Reduce Pollution. Teteskan 3-5 minyak essensial kedalam Nano Beauty Face yang berisikan air panas dan teknologi uap akan bekerja merangsang indera penciuman. Kini tidak perlu panik lagi jika Anda mengalami gejala Anosmia, karena Nano Beauty Face bisa menjadi andalan Anda untuk mengatasi Anosmia karena infeksi virus di masa pandemi ini! Namun, tidak hanya fitur tersebut, Nano Beauty Face juga memiliki fitur Face Steamer mampu menghasilkan ion negative yang dapat menyerap skincare lebih cepat dan memaksimalkan kinerja skincare pada kulit wajah, lalu fitur Warms Up Towel yang dapat menghangatkan handuk/towel. Tunggu apalagi? 3 fungsi dalam 1 alat sekaligus yang hanya bisa anda dapatkan di Jaco!

Baca Juga :   Tips Berolahraga dengan Treadmill Agar Aman dan Tetap Maksimal!