Saraf Terjepit Harus Langsung Operasi, Benarkah?

57
Saraf Terjepit Harus Langsung Operasi, Benarkah

Health – Penyakit saraf terjepit memang terkadang diabaikan masyarakat Indonesia, namun ternyata penyakit ini tergolong berbahaya loh! Karena banyaknya ‘mitos’ yang berkeliaran mengenai saraf terjepit, maka banyak orang yang menganggap penyakit satu ini sangat mematikan dan harus segera naik meja operasi jika sudah mengidapnya.

Alangkah baiknya kita mengenal dulu lebih jauh tentang saraf terjepit. Keluhan ini dalam bahasa medis lebih dikenal sebagai HNP (Herniated Nucleus Pulposus) yang merupakan suatu kondisi dimana bantalan tulang belakang keluar dari ruas tulang belakang dan menjepit serabut saraf di sekitarnya. Saraf terjepit bisa terjadi di sepanjang ruas tulang belakang, namun area yang paling umum terasa adalah leher dan punggung bagian bawah. Jika keluhan terjadi di leher, maka gejala akan timbul di tangan. Sedangkan jika keluhan ada di punggung bawah, maka gejala akan terasa di kaki. Gejala yang dimaksud biasanya berupa nyeri, kebas, atau kelemahan pada area tubuh tertentu yang bisa menetap hingga waktu yang lama dan membuat penderita mengalami ketidaknyamanan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Seringkali orang yang mengalami saraf terjepit hanya mengabaikan rasa sakitnya dengan alasan takut ke dokter dan takut harus dioperasi.

Sesuai pertanyaan yang tertera pada judul artikel ini, benarkah penderita saraf terjepit harus langsung melakukan operasi? Kabar baiknya, TIDAK HARUS! Faktanya, 70-80% kasus saraf terjepit tidak memerlukan operasi. Pada kasus yang ringan, dokter hanya akan memberikan obat-obatan golongan OAINS (Obat Anti-Inflamasi Non-Steroid) untuk meringankan keluhan. Disamping itu, penderita juga bisa beristirahat atau mengurangi aktivitas berat yang memerlukan penggunaan otot pinggang selama beberapa hari atau minggu. Pilihan terapi lain seperti pijat, terapi kompres dingin dan panas, stretching, simulasi otot secara elektris, dan lainnya dapat membantu meringankan keluhan.

Baca Juga :   Hindari Sakit di Musim Pancaroba dengan Cara ini

Operasi HNP baru akan dilakukan jika terapi konvensional gagal memperbaiki, terutama jika pasien mengalami nyeri hebat, kebas atau kelemahan otot, tidak mampu menahan kencing atau buang air besar, dan kesulitan berdiri atau berjalan. Namun, saat ini pilihan operasi HNP kebanyakan secara non-invasif atau tidak memakai pembedahan terbuka seperti dahulu. Dengan demikian, luka sayatan akan lebih kecil dan pemulihannya lebih cepat. Jenis operasi non-invasif akan disesuaikan dengan derajat keparahan penyakit, jenis, serta lokasi tonjolan pada saraf.

Tentunya setiap orang yang menderita nyeri pinggang hingga saraf terjepit tidak ingin sampai dirinya harus masuk dalam ruang operasi. Kita semua ingin agar bisa sembuh tanpa harus melalui operasi, dan itulah mengapa tahap pencegahan sangat penting agar jangan sampai penanganan saraf terjepit menjadi terlambat. Nyeri pinggang yang semula hanyalah gejala ringan dan bisa sembuh dengan pencegahan yang tepat, namun karena dibiarkan dalam waktu lama akhirnya bertambah parah dan menyebabkan resiko saraf terjepit semakin besar.

Salah satu cara paling mudah ketika kamu mulai merasakan gejala nyeri pinggang yang mengganggu adalah menggunakan bantal terapi tulang belakang seperti Lumbar Pillow dari Jaco. Bantal terapi Lumbar Pillow didesain dengan fitur dan teknologi tercanggih yang memastikan kesehatan dan kenyamanan tulang belakang menjadi prioritas utama. Lumbar Pillow telah menggabungkan teknik-teknik pencegahan dan pengobatan tahap awal yang disarankan, seperti Dynamic Traction yang berfungsi merenggangkan ruas tulang belakang dan mengembalikan lengkungan S kepada posisi normal, Heating System yang berfungsi sebagai kompres panas untuk merelaksasi otot pinggang yang kram dan tegang, serta Medical Magnet yang memancarkan ion negatif untuk memperlancar aliran darah. Lumbar Pillow juga disertai dengan Sinergy Tray, yaitu lembaran herbal gabungan dari 26 obat herbal Tiongkok yang dapat merelaksasi area pinggang. Bantal terapi Lumbar Pillow dapat menjadi solusi ampuh untuk kamu yang sedang mengalami nyeri pinggang bahkan saraf terjepit tahap ringan, sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir akan dinginnya meja operasi yang bisa saja menyambut kamu. Mari, sama-sama kita cegah saraf terjepit sebelum semakin parah dengan Lumbar Pillow! Dapatkan Lumbar Pillow yang asli hanya di www.jaco.co.id ! Tidak perlu ragu, karena Lumbar Pillow Jaco telah direview dan digunakan oleh Dokter terpercaya Indonesia, untuk selengkapnya dapat simak di Instagram @jacotvs!

Baca Juga :   Sering Sakit Pinggang Saat WFH? Simak Cara Mudah Mengatasinya!