Sering Sakit Pinggang Saat WFH? Simak Cara Mudah Mengatasinya!

70
Sering Sakit Pinggang Saat WFH Simak Cara Mudah Mengatasinya

Health – Bekerja dari rumah atau yang dikenal dengan istilah WFH menjadi jamak di tengah pandemi. Ini artinya sebagian besar mobilitas masyarakat akan dihabiskan di rumah, bekerja di depan gadget atau laptop selama berjam-jam.

Salah satu masalah utama saat WFH adalah kondisi rumah yang tak seideal kantor untuk bekerja. Kondisi inilah yang membuat masalah nyeri punggung bagian bawah alias pinggang semakin banyak dikeluhkan masyarakat.

Dr. Koh Kim Hwee, pemimpin klinis untuk SingHealth Polyclinis Musculoskeletal Workgroup, melihat lebih dari 1.000 pasien dengan sakit punggung atau keseleo datang setiap bulan. Melalui Channel News Asia, Dr Koh Kim Hwee mengatakan bahwa cedera semacam itu mungkin umum terjadi pada pekerja dengan pekerjaan di atas meja karena postur kerja yang tetap, posisi duduk yang lama dan pekerjaan yang berulang.

Fisioterapis senior, John Abraham dari Rapid Physiocare juga memperhatikan tren yang sama bahwa telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlah cedera saat WFH. Menurutnya, WFH menyebabkan gaya hidup lebih tidak aktif karena bangun tidur pekerja hanya tinggal buka laptop dan duduk mengerjakan tugas tanpa harus berjalan jauh yang membuat gerak tubuh jadi sedikit.

Oleh sebab itu perlu diingat untuk mengatasi nyeri pinggang bawah saat duduk, Anda perlu bergerak minimal 20 menit sekali. Anda juga bisa mengubah posisi duduk, seperti menyilangkan satu kaki atau posisi miring bergantian setiap sisi. Jika kedua cara tidak juga ampuh, berikut 4 cara mudah untuk mengatasi sakit pinggang saat WFH:

1. Lakukan peregangan

Melakukan peregangan atau exercise dengan membentuk posisi tubuh berlawanan dari duduk yang menyebabkan nyeri pinggang selama 15 menit akan membantu. Latihan peregangan ini akan membantu meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi nyeri punggung bagian bawah. Salah satu posisi yang bisa dilakukan, seperti berbaring telentang dengan lutut ditekuk, lalu perlahan angkat lutut kiri ke dada selama 5 detik, ulangi sebanyak 10 kali setiap kaki.

Baca Juga :   Penting! Manfaat Foot Spa Untuk Kesehatan Yang WAJIB Diketahui!

2. Mengonsumsi obat

Obat analgesik seperti aspirin, Tylenol (acetaminophen) atau non-steroidal anti-inflammatory drugs (Nsaid) seperti Advil (ibuprofen) atau Aleve (naproxen) bisa membantu meringankan rasa sakit dan peradangan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan efek samping dari penggunaan obat.

3. Terapkan gaya hidup sehat

Orang dengan berat badan berlebih, tidak rutin berolahraga hingga merokok lebih berisiko mengalami sakit pinggang. Sehingga menurunkan berat badan dengan cara berolahraga teratur, mengonsumsi makanan sehat dan berhenti merokok bisa mengurangi nyeri pinggang.

4. Terapi dengan Lumbar Pillow Generasi 2

Namun, jika beberapa hal diatas belum cukup untuk meredakan nyeri pada pinggang Anda, gunakan Lumbar Pillow Generasi 2! Bantal terapi sebagai solusi utama masalah nyeri pinggang hingga saraf terjepit.

Lumbar Pillow Gen 2 dirancang dengan teknologi canggih seperti Traksi (dynamic traction) yang dapat mengembalikan lengkungan tulang belakang akibat saraf terjepit, heating system atau pemanas yang yang akan merelaksasi otot pinggang yang tegang atau sakit dengan suhu 40-55 derajat Celcius serta dilengkapi dengan medical magnet yang memancarkan Ion Negatif untuk menyeimbangkan saraf Otonom, meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan nyeri pinggang dan saraf terjepit.

Penggunaan Lumbar Pillow dapat juga disertai dengan Sinergy Tray yaitu lembar herbal dari gabungan 26 obat Tiongkok yang membantu meredakan rasa tegang dan kaku pada otot. Lumbar Pillow Gen 2 telah terdaftar di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI 21403026752).

Sakit pinggang memang jadi contoh nyata masalah yang sering terjadi selama WFH di pandemi ini. Ketahui cara mengatasinya agar tidak berakibat fatal. Sayangi tulang belakang karena ia adalah tumpuan keluarga!