Simak 7 Manfaat Foot Spa Untuk Kesehatan Tubuh Ini, Yuk!

41
Simak 7 Manfaat Foot Spa Untuk Kesehatan Tubuh Ini, Yuk!

Health – Manfaat foot spa atau pijat kaki ternyata sangat baik untuk kesehatan lho. Setelah menjalani hari yang melelahkan di luar rumah, menerima pijatan lembut di kaki atau foot spa dapat meredakan rasa nyeri pada otot dan membuat tubuh menjadi rileks.

Foot spa adalah teknik memijat yang dipercaya mampu menyediakan segala kebutuhan kaki. Teknik ini dapat memanjakan kaki yang lelah setelah melakukan aktivitas seharian. Selain itu, masih banyak manfaat lain foot spa untuk kesehatan tubuh sebagai berikut:

1. Meningkatkan sirkulasi darah di kaki

Bagi orang-orang yang terbiasa menjalani gaya hidup sedentary (malas-malasan), otot-otot di kakinya yang jarang digunakan dan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Selain itu, sepatu yang terlalu sempit atau tidak nyaman juga bisa menyebabkan hal serupa. Untuk meningkatkan sirkulasi darah di kaki, kamu dapat melakukan foot spa selama 10-20 menit setiap hari sebelum tidur. Teknik ini yang dipercaya dapat merangsang aliran darah di bagian kaki sehingga sirkulasi menjadi lancar.

2. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Kondisi medis ini umumnya terjadi akibat stres, pola makan buruk, faktor genetik dan lingkungan. Melakukan foot spa dengan memijat titik-titik akupresur di kaki dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meredakan tekanan di bagian kaki.

3. Mencegah cedera kaki dan pergelangan kaki

Foot spa dinilai dapat meredakan nyeri sendi, mengurangi sakit otot dan membantu proses penyembuhan kaki setelah cedera. Ketika disertai dengan olahraga kaki dan pemanasan sebelum olahraga, foot spa dinilai ampuh dalam mencegah cedera kaki dan pergelangan kaki.

4. Meredakan gangguan kecemasan

Dilansir dari studi yang dimuat dalam Oncology Nursing Forum, foot spa selama 30 menit oleh ahli refleksiologi dapat mengurangi gangguan kecemasan dan perasaan nyeri pada pasein kanker payudara serta paru-paru. Efek ini muncul karena foot spa memberikan efek menenangkan sehingga kecemasan dan rasa nyeri bisa mereda.

5. Meredakan sakit kepala dan migrain

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Alternative Therapies in Health and Medicine, sekitar 220 pasien sakit kepala tegang atau migrain menjalani refleksiologi atau pijat kaki selama enam bulan.

Di akhir penelitian, 78 persen partisipan melaporkan bahwa sakit kepalanya mulai mereda atau terobati. Tiga bulan setelahnya, 81 persen partisipan juga mengalami hal serupa. Sejumlah ahli percaya bahwa partisipan yang menjalani sesi refleksiologi juga mengubah gaya hidupnya menjadi lebih baik sehingga sakit kepalanya dapat diredakan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jangan salah, foot spa juga dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan aktivitas sel darah putih atau leukosit. Sel darah ini memiliki peran untuk melawan infeksi dan berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu, pijat kaki juga mampu meredakan hormon stres (kortisol) yang sering kali mengundang berbagai penyakit.

7. Meredakan edema pada ibu hamil

Edema adalah pembengkakan yang terjadi akibat retensi cairan di bagian kaki dan pergelangan kaki. Kondisi ini umumnya terjadi di trimester terakhir sebelum melahirkan. Foot spa dipercaya bisa meredakan edema pada ibu hamil karena pijatan pada kaki dianggap mampu meredakan cairan berlebihan yang ada disana.

Untuk mendapatkan efek maksimal dari foot spa dalam meredakan edema, ibu hamil juga perlu mendapatkan istirahat yang cukup dan menjalani pola makan sehat.

Jika kamu ingin mencoba foot spa di rumah sendiri, ada Jaco Foot Spa JC 3520 yang merupakan alat pijat elektrik yang dilengkapi pemanas dalam peredaman kaki yang merelaksasi meredakan ketegangan otot dengan pijatan halus dan dirancang dari metode pengobatan pemijatan ala Cina dengan teknologi Jepang.

Jaco Foot Spa JC 3520 ini dapat mendetoksifikasi kaki dan membantu tubuh membuang racun. Detoksifikasi kaki itu sangat membantu dalam mendetoksifikasi hati dan ginjal, membantu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh, membantu membersihkan jerawat dan keriput, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan lain-lain.

Dengan banyaknya manfaat dalam Jaco Foot Spa JC 3520 ini sangat cocok bagi yang sering berjalan kaki seharian, pelari marathon, orang tua yang sulit berolahraga dan pengguna sepatu hak tinggi. Mau sehat dan rileks setelah beraktivitas seharian? Foot spa aja yuk!

Advertisement