Sulit Tidur Di Malam Hari? Mungkin Ini Penyebabnya!

45
Sulit Tidur Di Malam Hari Mungkin Ini Penyebabnya

Health – Penelitian oleh International Journal of Occupational Medicine and Enviromental Health menyebutkan bahwa seseorang paling lama dapat bertahan hidup tanpa tidur selama 11 hari atau 264 jam berturut-turut. Walaupun begitu, dalam prosesnya pasti kamu akan mulai mengalami banyak masalah kesehatan seperti depresi, kecemasan, paranoid, hingga halusinasi dan akan memperbesar risiko terkena penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, dan gangguan kejiwaan. Sebesar itu manfaat tidur yang diperlukan oleh manusia untuk dapat menjalani aktivitasnya dengan lancar. Terlepas dari efek mengejutkan tadi, nyatanya kurang tidur atau sulit tidur sudah jadi hal yang biasa bagi masyarakat sekarang. Beberapa hal dibawah ini disinyalir jadi penyebab sulit tidur, apakah kamu juga mengalaminya?

1. Masalah kecemasan atau stress

Semakin tinggi level stress, orang juga semakin sulit tidur di malam hari. Hal ini dikarenakan otak manusia dirancang dapat membedakan hal secara rasional ketika terjaga, namun saat tidur otak sulit memilah kekhawatiran atau ancaman yang datang. Makanya, pastikan pikiran jernih dan rileks sebelum tidur. Kamu bisa mengurangi stress dengan melakukan relaksasi, latihan pernapasan dalam, dan belajar meditasi.

2. Kelenjar tiroid aktif

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif dapat memicu stimulasi berlebihan pada sistem saraf. Imbasnya, detak jantung dapat meningkat dan jadi mudah merasa cemas. Makanya penderita tiroid seringkali merasakan sulit tidur di malam hari. Sebaiknya segera periksakan dokter apabila terus berlarut-larut.

3. Lapar

Tidak selalu disebabkan masalah yang serius, tapi lapar juga jadi alasan kita sulit tertidur. Ini mungkin terjadi jika kamu makan malam terlalu awal atau melakukan aktivitas berat hingga malam hari. Untuk mengatasinya kamu bisa mengonsumsi cemilan sehat seperti buah apel, pir, atau pisang. Makanan ini akan mengganjal perut tanpa membuat penumpukan kalori yang berlebihan.

4. Konsumsi kafein berlebihan

Banyak orang minum kopi di pagi hari, siang hari, bahkan malam menjelang tidur. Alhasil kafein berlebihan akan mengganggu jadwal tidur dan mengurangi kualitas tidur kita. Cobalah untuk membatasi asupan kafein dari kopi, the, dan cokelat maksimal 2 cangkir per hari. Pastikan juga tidak mengonsumsinya berdekatan dengan jam tidur atau kamu siap terjaga semalaman.

5. Terlalu lelah

Kelelahan mungkin sering membuat orang berpikir akan mudah tidur di malam harinya, tapi ternyata bagi beberapa orang justru membuat kesulitan tidur. Hal ini disebabkan suhu inti tubuh dan detak jantung meningkat karena tubuh terus melepaskan adrenalin. Hal ini mungkin sudah sering dialami oleh pekerja kantoran yang sering lembur, tapi sebisa mungkin coba bagi waktu yang rata antara bekerja dan istirahat.

Tidur telah memakan 1/3 dari 24 jam waktu yang kita miliki dalam sehari, karena peran dan manfaat tidur sangat penting untuk mengembalikan energi dan konsentrasi kita agar siap belajar dan bekerja kembali di keesokan harinya. Penting untuk memiliki tidur yang berkualitas setiap harinya, dengan memperhatikan hal-hal seperti alat tidur, suasana kamar, dan waktu tidur. Salah satu yang sangat berperan dalam kualitas tidur adalah bantal. Banyak orang yang mudah merasa sakit dan pegal di leher akibat salah bantal. Disarankan agar kamu segera menggunakan Cervical Pillow dari Jaco, yaitu bantal terapi khusus untuk penyembuhan nyeri leher, kaku otot leher, saraf terjepit dan masalah lain pada tulang leher. Bekerja dengan teknologi fisioterapi yang bekerja dengan laser berbentuk cincin menggunakan metode akupuntur, rutin terapi Cervical Pillow akan bantu tuntaskan masalah leher. Dengan begitu, tidur nyenyak akan kamu dapatkan di setiap malam dan tubuh serta pikiran akan terasa lebih segar!

Advertisement