Tanpa disadari, Inilah 5 Penyebab Munculnya Jerawat

417

Beauty – Jerawat merupakan masalah kulit yang sering diabaikan banyak orang. Walaupun kecil, sebenarnya kemunculannya sangat mengganggu. Anda pun bisa merasa minder berhadapan dengan orang lain ketika wajah dipenuhi jerawat.

Pada umumnya, jerawat  muncul karena wajah yang kotor dan pengaruh perubahan hormon. Namun ternyata 5 hal yang kerap tak disadari ini juga bisa memicu wajah berjerawat:

Rambut yang Tergerai

Kaum wanita yang memiliki rambut panjang sebaiknya lebih cermat menata rambut mulai sekarang. Karena ternyata rambut yang digerai dan mengenai wajah bisa meningkatkan risiko kemunculan jerawat. Kotoran dan bakteri yang terdapat di rambut dapat berpindah ke wajah saat rambut mengenai wajah. Itulah sebabnya wanita yang berponi juga rentan berjerawat di bagian dahi. Alangkah lebih baik jika Anda menata rambut dengan rapi setiap saat agar tidak mengenai wajah.

Smartphone yang Kotor

Smartphone kesayangan Anda mungkin tampak bersih. Namun sebenarnya ada banyak kotoran dan bakteri yang menempel pada permukaaan smartphone. Kotoran pada permukaan smartphone akan menempel di wajah Anda. Sebaiknya Anda membersihkan smartphone setiap hari dengan tisu basah untuk meminimalkan kotoran dan bakteri tak kasat mata di permukaannya.

Malas Melakukan Eksfoliasi

Membersihkan wajah dengan produk pembersih dan toner setiap hari belum cukup untuk membuat wajah benar-benar bersih. Ada sel-sel kulit mati yang tertinggal di wajah dan rentan memicu jerawat. Jadi, Anda wajib melakukan proses eksfoliasi dengan produk perawatan kulit berbahan alami. Sehingga kulit wajah Anda benar-benar bersih, bebas kusam, dan tidak mudah berjerawat.

Kurang Tidur

Ketika Anda kurang tidur, tubuh akan lebih mudah mengalami stres. Sehingga otak akan memerintahkan tubuh memproduksi hormon kortisol untuk meminimalkan stres. Salah satu dampak produksi hormon kortisol bagi tubuh adalah peningkatan kinerja kelenjar minyak. Akibatnya, wajah Anda jadi lebih berminyak dari biasanya. Jika Anda tak membersihkan wajah dengan benar, kandungan minyak tersebut berisiko menimbulkan jerawat.

Tidak Pernah Mencuci Peralatan Makeup

Jangan menggunakan peralatan makeup setiap hari tanpa mencucinya. Ternyata peralatan makeup yang tidak pernah dicuci rentan menjadi sarang bakteri dan kotoran. Sebaiknya Anda mencuci peralatan makeup seperti kuas, spons bedak, dan beauty blender secara teratur. Gunakan sabun antiseptik untuk membersihkan peralatan tersebut dan keringkan dengan benar sebelum menggunakannya lagi.

Sekarang Anda sudah tahu mengenai penyebab kemunculan jerawat yang sering tidak disadari. Sehingga Anda bisa lebih teliti menjaga kebersihan diri mulai sekarang. Katakan selamat tinggal pada jerawat yang mengganggu rasa percaya diri Anda.

Advertisement