Terhindar dari Nyeri Lutut, Bagaimana Caranya?

178
Terhindar dari Nyeri Lutut, Bagaimana Caranya

Health – Jangan abaikan nyeri lutut yang Anda alami karena bisa sangat menggangu aktivitas. Jika berbicara nyeri sendi, salah satu yang paling sering dialami adalah nyeri lutut. Nyeri lutut bisa terjadi karena berbagai faktor. Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika merasakan sakit nyeri lutut. sendi lutut adalah bagian sendi yang paling sering mengalami nyeri.

Hal ini terjadi karena sendi lutut merupakan sendi yang menopang hampir seluruh berat badan seseorang. Berjalan, berlari, melompat, naik-turun tangga, tidak lepas dari bantuan sendi lutut. Nyeri lutut tak sekadar sampai di situ saja. Seiring bertambahnya usia, kemampuan sendi lutut juga akan semakin menurun. Dalam kondisi seperti ini, nyeri dan kekakuan sendi lutut akibat peradangan disebut dengan osteoartritis.
Meski begitu, saat Anda nyeri lutut, hal itu bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana di bawah ini:

1. Melakukan latihan

Beberapa latihan, terutama latihan kardio memperkuat otot-otot yang mendukung lutut Anda dan meningkatkan fleksibilitas. Latihan beban dan peregangan juga perlu dilakukan. Untuk kardio, beberapa pilihan yang baik termasuk berjalan, berenang, dan sepeda statis. Sementara itu, tai chi juga dapat membantu meringankan kekakuan dan meningkatkan keseimbangan.

2. Perhatikan kenyamanan sepatu Anda

Ini terutama bagi orang yang sering berolahraga dan sepatu sebagai “senjatanya”. Sol yang empuk dapat mengurangi stres pada lutut Anda. Untuk osteoartritis lutut, dokter sering merekomendasikan sol khusus yang Anda masukkan ke sepatu. Untuk menemukan sol yang sesuai, bicarakan dengan dokter Anda atau ahli terapi fisik.

3. Hitung suhu

Untuk 48 hingga 72 jam pertama setelah cedera lutut, gunakan kompres dingin untuk meredakan pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit. Kantung plastik berisi es atau ice pack dapat membantu Anda. Gunakan selama 15 hingga 20 menit dalam tiga atau empat kali sehari. Bungkus kompres es Anda dengan handuk agar tidak terlalu dingin pada kulit Anda. Setelah itu, Anda dapat “memanaskan” lutut Anda dengan mandi air hangat, menggunakan bantal pemanas, atau handuk hangat selama 15 hingga 20 menit, tiga atau empat kali sehari.

4. Jangan goyang sendi Anda

Hindari latihan atau olahraga yang membuat lutut bekerja keras, seperti berlari, melompat, dan kickboxing. Juga hindari melakukan squat-jump. Itu karena membuat banyak tekanan pada lutut Anda. Ini dapat memperburuk rasa sakit dan, jika tidak dilakukan dengan benar, menyebabkan cedera.

5. Berikan sedikit tekanan

Untuk mencegah terjadinya pembengkakan, Anda bisa memberikan sedikit tekanan dengan melilitkan perban elastis pada bagian lutut yang terasa sakit. Meski demikian, jangan melilitkan perban terlalu kencang karena dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah pada lutut, yang dapat memperparah kondisi Anda.

6. Jangan malu menggunakan alat bantu jalan

Kruk atau tongkat dapat menghilangkan tekanan dari lutut Anda. Belat lutut juga dapat membantu lutut Anda untuk tetap stabil. Selain alat bantu jalan, ada juga alat yang dapat membantu menyebuhkan dan mengatasi masalah pada nyeri lutut, yaitu Joint Care.

Joint Care adalah alat terapi lutut untuk membantu mengatasi masalah pada nyeri lutut. Pijatan dan getaran yang dihasilkan berfungsi untuk merelaksasi lutut sehingga mengurangi rasa sakit, kaku dan tegang pada sendi. Sinar Inframerah pada alat dapat melancarkan sistem peredaran darah. Pemakaian secara rutin dapat mencegah terjadinya radang pada sendi, mengurangi resiko penyakit sendi pada lansia dan usia yang lebih muda, serta membantu pemulihan kondisi sendi yang sakit akibat kecelakaan.

Atasi masalah nyeri lutut dan sendi lebih mudah dan ampuh hanya dengan satu alat. Dapatkan Joint Care di Website www.jaco.co.id sekarang juga!

Advertisement