Waspadai Gangguan Mata Akibat Terlalu Lama Memakai Gadget

27

Health – Penggunaan gadget memang dapat mempermudah aktivitas sehari-hari. Anda bisa bekerja, berkomunikasi, mencari informasi, dan menikmati hiburan melalui gadget. Sayangnya, menggunakan gadget secara berlebihan justru dapat memicu timbulnya kesehatan gangguan mata Anda. Beberapa gangguan kesehatan mata yang dapat diakibatkan oleh penggunaan gadget berlebihan yaitu:

Mata Kering dan Iritasi Ringan

Gangguan yang satu ini merupakan gejala paling ringan yang bisa timbul saat menggunakan gadget dalam waktu lama. Mata Anda akan terasa kering karena frekuensi kedipan berkurang dan cahaya menyilaukan yang berasal dari gadget. Akibatnya, mata Anda jadi mudah mengalami iritasi ringan dan terasa perih.

Blepharitis

Pada tahapan yang lebih serius, mata kering dan iritasi ringan juga dapat menimbulkan blepharitis. Gangguan kesehatan mata yang satu ini akan menyebabkan kelopak mata bengkak, lelah, dan mata terasa seperti berpasir. Biasanya blepharitis dialami oleh para pekerja kantoran yang aktif menggunakan gadget dan laptop selama berjam-jam dalam sehari.

Cara paling cepat untuk mengatasi blepharitis adalah menghentikan penggunaan gadget untuk sementara waktu. Anda juga disarankan menggunakan obat tetes mata untuk mengembalikan kelembapan alami mata Anda.

Rabun Jauh (Miopi)

Rabun jauh atau miopi lebih dikenal dengan sebutan mata minus di kalangan masyarakat awam. Gangguan mata ini terjadi karena mata tidak dapat menangkap fokus bayangan benda yang jaraknya jauh. Di zaman modern ini, kasus rabun jauh semakin meningkat karena kebiasaan menggunakan gadget dalam waktu lama.

Otot mata yang terlalu sering menggunakan gadget dalam jarak pandang dekat akan kesulitan berkontraksi ketika harus melihat benda yang jaraknya jauh. Akibatnya, pandangan mata menjadi kabur bahkan dapat menimbulkan rasa pusing bila terus-menerus dipaksa melihat dalam jarak jauh. Pengidap rabun jauh membutuhkan bantuan kacamata atau lensa kontak agar dapat melihat secara normal.

Baca Juga :   5 Hal Penting Agar Kesehatan Mata Anak Senantiasa Terjaga

Kerusakan Retina (Degenerasi Makula)

Paparan radiasi gadget yang berlebihan pada mata juga bisa menimbulkan kerusakan retina. Sehingga retina gagal menangkap bayangan yang diperoleh lensa mata. Gangguan kesehatan mata ini tergolong sangat serius dan dapat berujung pada kebutaan.

Kalau Anda sedang merasakan gangguan kesehatan mata saat ini, alangkah lebih baik bila Anda segera memeriksakannya ke dokter. Jangan sampai gadget kesayangan Anda malah menimbulkan gangguan mata serius yang mempengaruhi fungsi penglihatan Anda. Mulailah menjaga kesehatan mata Anda mulai sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here