Ternyata Begini Cara Memilih Sikat Gigi Serta Perawatan Yang Tepat!

24
Ternyata Begini Cara Memilih Sikat Gigi Serta Perawatan Yang Tepat!

Sebuah fakta yang dilansir dari National Dental Care bahwa sikat gigi sudah ada sejak abad ke-17 yang berawal dari turis Tiongkok yang membawa kebiasaan menyikat gigi ke Eropa. Pasa saat itu, sikat gigi menggunakan ranting dan siwak yang dibelah. Kemudian di tahun 1983, William Addis yang merupakan penemu sikat gigi di dunia memproduksi massal sikat gigi dari bahan serat nilon di Inggris. Penasaran dengan fakta unik sikat gigi lainnya? Simak dalam penjelasan dibawah ini!

1. Cara merawat sikat gigi yang benar

Menurut penelitian Queensland Health (2018) kita wajib mengganti sikat gigi minimal 6 minggu setelah pemakaian pertama kali. Lalu, ada beberapa tips yang diberikan dalam menjaga kebersihan sikat gigi. Pertama, letakkan sikat gigi secara vertical dengan kepala sikat diatas. Kedua, tidak disarankan menggunakan penutup kepala sikat karena bakteri bisa menumpuk didalamnya. Ketiga, sebelum dan sesudah penggunaan, bersihkan sikat dibawah air yang mengalir. Pastikan kamu memilih sikat yang berbulu halus dan dapat menjangkau bagian dalam rongga mulut.

2. Waktu terbaik membersihkan gigi

Setiap makanan yang kita makan akan meninggalkan bakteri di gigi. Jika malas menyikat gigi, maka akan menyebabkan bakteri lengket atau disebut plak menumpuk di gigi dan menimbulkan masalah seperti bau mulut tidak sedap, gigi berlubang, radang gusi, hingga mendatangkan penyakit periodontitis yang bisa mengancam kesehatan jantung dan paru-paru. Cara mencegahnya adalah rutin menggosok gigi 2 kali sehari yaitu pagi setelah makan dan malam sebelum tidur. Rutin menyikat gigi akan menghambat pertumbuhan bakteri dan menghindarkan dari ancaman penyakit gigi dan mulut.

3. Cara menyikat gigi yang benar

Menurut penelitian American Dental Association (ADA), menyikat gigi dua kali sehari dengan waktu 2 menit setiap menyikat adalah cara yang tepat. Teknik menggosoknya adalah dengan perlahan dan Gerakan memutar, lalu posisikan sikat gigi miring 45 derajat. Diutamakan dalam menggosok gigi adalah menggunakan bulu halus yang masih rapi bentuknya. Penggunaan pasta gigi juga dianjurkan tidak terlalu banyak. Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa menambahkan pendamping pembersih gigi lainnya seperti dental flossing atau berkumur dengan cairan pembersih mulut.

Baca Juga :   Sudah Tahu Belum? Ini Dia Manfaat Sandal Terapi untuk Kesehatan!

4. Cara menentukan sikat gigi yang baik

Sikat gigi terbagi menjadi 2 jenis, yaitu sikat gigi elektrik dan manual. Sikat gigi elektrik dipandang lebih hemat, karena mahal diawal teteapi seterusnya hanya perlu mengganti kepala sikat, sedangkan sikat gigi manual yang rusak harus selalu membeli yang baru. Keduanya memiliki fungsi yang sama tentunya untuk membersihkan gigi dari bakteri, yang terpenting adalah memperhatikan ukuran, biaya, bahan sikat gigi yang terdapat bulu halus, dan bentuknya yang dapat menjangkau rongga dalam mulut dengan sempurna.

Manfaat sikat gigi seringkali tidak disadari bahkan diabaikan. Jangan lupa bahwa kesehatan gigi dan mulut sangat penting karena gigi menjadi akar dari kesehatan organ tubuh lainnya. Tentu Anda ingin bisa menikmati banyak makanan lezat dan menggoda tanpa masalah bukan? Kini, Anda tidak perlu lagi bingung memilih sikat gigi yang tepat bagi keluarga, karena solusinya sudah hadir dengan Dental Jet dari Jaco! Alat flossing gigi berteknologi Korea yang dilengkapi dengan 4 kepala sikat multifungsi (pipa semprot standar, pengikis lidah, pocket tip, dan kepala penyikat), teknologi water flosser yang mampu membersihkan kotoran di sela gigi yang sulit terjangkau hingga membersihkan selaput lendir dan jamur pada lidah, dan tentunya aman digunakan oleh semua jenis gigi termasuk pengguna behel maupun gigi sensitif. Dental Jet ampuh mengembalikan gigi putih alami, memberikan nafas segar, dan merawat kesehatan mulut setiap hari, apalagi mesin dirancang dengan teknologi tinggi sehingga hanya membutuhkan daya listrik yang rendah. Penasaran bagaimana cara kerja Dental Jet dalam mengembalikan gigi bersih serta senyum menawanmu? Saksikan hanya di Youtube Channel Jacotvs di sini.