Tips Cegah Badan Melar Usai Kalap Makan Saat Lebaran

133
Tips Cegah Badan Melar Usai Kalap Makan Saat Lebaran

Health – Lebaran identik dengan makanan khas yang melimpah ruah dan serba enak. Mulai dari ketupat sayur, opor ayam, rendang, semur daging, sambal goreng hati, aneka kue kering dan masih banyak lagi yang biasanya tersedia di setiap rumah. Tak heran, banyak orang mengalami badan melar usai Lebaran, alias berat badan naik drastis hanya dalam hitungan hari.

Usai sebulan penuh menjalani puasa, banyak orang kerap lepas kendali dan makan tanpa pertimbangan saat Lebaran. Padahal kebutuhan kalori harian Anda tidak berubah, yakni masih sekitar 2000 hingga 2400 setiap harinya. Bayangkan saja, perkiraan kalori yang terkandung dalam satu mangkuk opor ayam berkuah santan adalah 700-800 kalori. Belum lagi dengan ketupat yang 1 ikatnya mengandung sekitar 175 kalori. Dan makanan enak lainnya yang tentunya berkalori tinggi.

Inilah alasan mengapa banyak orang mengeluhkan badan yang melar usai Lebaran. Tak hanya melar, bagi Anda yang memiliki masalah kolesterol atau gula darah, konsumsi makanan berlebihan saat lebaran juga akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Agar berat badan tetap terkontrol, berikut terdapat beberapa tips yang dapat Anda ikuti terkait pola makan selama Lebaran dan tentunya aktivitas setelahnya:

1. Kembali ke pola makan biasa dengan perlahan

Sistem pencernaan perlu waktu adaptasi setelah terbiasa berpuasa lebih dari 12 jam. Langsung banyak makan setelah puasa bisa beresiko mengalami sakit perut, diare, dan berbagai masalah pencernaan lainnya. Ini bisa dimulai dengan memilih menu sarapan ringan yang mudah diterima tubuh misalnya sup.

2. Pastikan selalu konsumsi sayur

3. Buah sebagai camilan atau hidangan penutup

Mengonsumsi berbagai olahan kue kering khas Lebaran boleh saja asal secukupnya dan tidak lapar mata. Tetapi, buah segar bisa menjadi alternatif camilan yang lebih bermanfaat bagi tubuh dibanding kue atau camilan lainnya.

4. Konsumsi teh herbal alami

Teh herbal yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh setelah banyak makan saat Lebaran. Teh Daduzi dari JACO yang terbuat dari teh hijau pilihan dan dikombinasikan dengan bahan herbal dari alam seperti teh hitam, ekstrak lidah buaya, ekstrak asam jawa dan ekstrak asam gelugur yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan metabolisme lemak dalam tubuh sehingga efektif menurunkan berat badan.

5. Kembali berolahraga

Cara lainnya untuk mencegah badan melar usai Lebaran adalah dengan kembali berolahraga rutin setelah bulan Ramadan berakhir. Selama bulan puasa, banyak yang menyesuaikan aktivitas olahraganya dengan ibadah berpuasa, sehingga seringkali olahraga menjadi terbengkalai. Untuk mengimbangi makan banyak di hari Lebaran, segera kembalikan kebiasaan berolahraga agar tubuh kembali bugar dan pembakaran kalori menjadi lebih optimal. Berolahragalah setidaknya 3 kali seminggu selama 30 menit agar hasil yang Anda peroleh pun maksimal. Banyak sekali pilihan berolahraga untuk di rumah saja, seperti pembakaran lemak melalui olahraga cardio menggunakan Treadmill Jaco, Sepeda Statis Jaco, dan alat olahraga Jaco lainnya.

Berbagai tips mencegah badan melar usai Lebaran di atas tentunya memerlukan tekad dan kedisiplinan diri yang kuat. Pertimbangkan selalu konsekuensi dari apa yang Anda makan agar dapat menahan diri saat melihat berbagai hidangan nikmat di depan mata, sehingga niat menghindari berat badan naik usai Lebaran menjadi tak tergoyahkan.