Tips Latihan Efektif Menggunakan Treadmill Sebelum Anda Membeli Untuk di Rumah

456
Tips Latihan Efektif Menggunakan Treadmill Sebelum Anda Membeli Untuk di Rumah

Sport – Olahraga memang bisa dilakukan di mana saja. Ada yang lebih senang berlari di udara terbuka sekaligus menikmati udara segar. Ada juga yang memilih di ruang tertutup dan menggunakan treadmill, apalagi di kondisi yang kurang bersahabat seperti saat ini penggunaan treadmill akan bisa memastikan kita tak kehilangan kesempatan untuk berlatih.

Treadmill sendiri menjadi peralatan gym yang paling populer digunakan. Hal ini dikarenakan treadmill merupakan alat yang paling mudah dan paling cepat membakar kalori. Siapa pun bisa menggunakannya tanpa perlu keahlian yang khusus. Namun, semudah apa pun jenis olahraga itu, kamu tetap perlu tahu pedoman yang benar. Apa saja yaa tipsnya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Pakai Tambah Incline untuk Lari Menanjak

Tahu gak? Sering naik-turun tangga saja sudah bisa jaga berat badan kamu tetap normal. Naik tangga bisa membakar kalori lebih banyak dari lari di jalanan datar. Nah, ini yang harusnya bisa kamu lakukan buat mempercepat hasil olahraga kamu pakai treadmill.
Hampir di semua treadmill ada mode incline untuk mengubah kemiringan. Semakin tinggi kamu menyetel inclinenya, semakin menanjak jalanan treadmill. Buat kamu yang masih pemula, tak perlu tinggi-tinggi. Cukup naikan incline treadmill di angka 3-5 saja. Itu juga dengan kecepatan 3 km/jam. Jadi, seperti berjalan di tanjakan saja.
Lakukan berjalan ini dalam kurun waktu 20 menit dan rasakan kaki kamu akan merasa lebih ringan setelah berolahraga. Jika kamu sudah terbiasa, bisa naikan lagi inclinenya yaa!

2. Lari Cepat dan Singkat

Bila waktu tak memungkinkan untuk latihan lama, cukup tambah kecepatan treadmill saja hingga hampir batas tubuh kamu menerimanya. Untuk orang yang jarang berolahraga, kecepatan 10-11 km/jam sudah cukup cepat untuk buat kamu ngos-ngosan. Jika sudah lebih terbiasa, tambahkan kecepatan hingga 14-15 km/jam, ya!

Kamu cukup tahan kecepatan itu hingga 708 menit saja, kok. Namun, harus tetap diingat untuk melakukan perengangan otot sebelum dan setelah berlari di treadmill. Cukup lakukan ini dengan rutin dan kamu akan mendapatkan hasil yang bagus.

[irp posts=”568″ name=”Berolahraga dengan Treadmill Tak Boleh Sembarangan, Ini Tipsnya!”]

3. Lari Jarak Panjang

Buat membakar kalori lebih banyak lagi, kamu bisa luangkan waktu lebih lama lagi di atas treadmill. Lari dengan kecepatan konstan selama 25-30 menit tanpa berhenti. Pastikan kamu tidak terganggu dengan hal apa pun. Memang akan terasa membosankan, tapi jenis latihan ini akan menambah stamina dan mental kamu di olahraga lainnya.

4. Lari dengan Interval Kecepatan

Beberapa treadmill modern punya fitur latihan lari interval. Fitur ini akan secara otomatis mengubah kecepatan lari dan kemiringan treadmill selama beberapa kali. Tugas kamu di atas treadmill adalah lari dengan kecepatan yang diminta oleh mesin tersebut.
Sekadar mengingatkan, fitur treadmill yang satu ini bukan untuk pemula. Latihan interval memang biasanya digunakan untuk pelari pro yang akan mengikuti lomba. Namun, kamu tetap bisa melakukannya saat sudah terbiasa lari di treadmill dengan berbagai kecepatan.

5. Pakai Fitness Tracker dan Kenali Kode Tubuh

Banyak treadmill yang juga sudah menggunakan sensor pengukur detak jantung dan pembakaran kalori. Asal kamu tahu, pengukur tersebut sebenarnya hanya estimasi yang keakuratannya tidak sampai 90%. Ada baiknya, kamu tetap menggunakan fitness tracker untuk mengetahui detak jantung kamu saat berlari. Mengetahui detak jantung penting buat kamu tahu waktu yang tepat untuk berhenti atau menambah jarak dan kecepatan berlari.

[irp posts=”1467″ name=”Tips Berolahraga dengan Treadmill agar Latihan Lebih Maksimal”]

Hal yang perlu kamu tahu lagi dari treadmill adalah alat ini tidak ramah dengan lutut. Seberapa bagusnya sepatu lari yang kamu pakai, treadmill tetap akan menyiksa lutut kamu dalam kurun waktu yang panjang. Ada baiknya, kamu tahu saat lutut kamu sudah mulai tidak menerima lagi latihan, misalnya saat kecepatan dan kemiringannya sudah terlalu tinggi. Sudah siap beli treadmill untuk mulai olahraga di rumah?

Advertisement