Dear Manusia Super Sibuk, ini Dia 4 Tips Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Efektif

498
ini Dia 4 Tips Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Efektif
ini Dia 4 Tips Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Efektif

House Hold – Punya rumah yang selalu rapi dan bersih merupakan impian setiap orang. Namun, kebiasaan malas untuk membersihkan rumah justru menjadi halangannya. Selain menjadi berantakan, malas membersihkan rumah juga bisa menyebabkan rumah menjadi sarang debu dan bakteri. Akibatnya, kamu akan mudah terkena bakteri penyebab penyakit. Nah, mulai sekarang yuk mulai rajin membersihkan rumah, kamu bisa simak 4 tips berikut ini agar lebih cepat dan efektif dalam membersihkan rumahmu!

1. Ganti Sprei dan Vakum Tempat Tidur Anda

Tempat tidur menjadi salah satu tempat yang intensitasnya paling sering kamu kunjungi. Kasur yang kamu tempati setiap hari akan mudah dipenuhi dengan sel-sel kulit mati dan keringat, menjadikan area ini sebagai tempat favorit kuman, tungau dan bakteri berkumpul. Ahli mikrobiologi dari University of East Anglia merekomendasikan mencuci sprei minimal seminggu sekali menggunakan air panas dengan suhu 60 derajat Celcius. Air panas ini berguna untuk membunuh bakteri yang terdapat pada kasurmu.

Selain itu, memvakum tempat tidur juga menjadi agenda wajib. Lakukan setidaknya dua minggu sekali, hal ini berguna untuk mengangkat debu dan menghilangkan jamur, serta mempersingkat waktu bersih-bersihmu loh. Mungkin kamu sering gatal-gatal dan bersin? Nah, hal ini juga merupakan akibat dari jamur dan bakteri tersebut. Untuk itu, sudah saatnya kamu mulai rutin dan rajin membersihkan area tempat kamu beristirahat ya.

2. Bersihkan Dinding Kamar Mandi dengan Cuka dan Lemon

Selain kamar tidur, kamar mandi juga menjadi tempat paling kotor yang mengandung bakteri dan kuman jika jarang dibersihkan. Bagian kloset, dinding dan sudut lumayan sulit dibersihkan apalagi jika ada kerak atau noda yang menempel. Lalu, bagaimana cara membersihkannya?

Baca Juga :   Hanya Punya Waktu 1 Jam untuk Me Time Yuk Lakukan 4 Hal Ini!

Kamu bisa menyemprotkan cuka pada dinding kamar mandi, diamkan sesaat lalu siram dengan air panas sembari digosok menggunakan sikat. Diamkan kembali baru bilas hingga bersih. Selain itu, kamu juga bisa menggosokkan lemon pada dinding yang berkerak dan bernoda. Lalu siran dengan air panas secara hati-hati, kemudian gosok menggunakan kawat aluminium dan bilas hingga bersih.

3. Cara Membersihkan Spons dan Kain Lap

Coba kamu perhatikan spons dan kain lap di rumahmu. Tidak ada gunanya membersihkan rumah dengan kain lap dan spons yang penuh bakteri! Hal ini justru akan semakin membuat rumahmu menjadi sarang kuman loh, Sahabat Jaco. Cara yang benar untuk mencegahnya adalah rendam kain lap dengan larutan deterjen dan jemur di bawah sinar matahari. Setiap kali kamu selesai memakai, pastikan selalu bentangkan di jemuran atau di tempat biasa kamu menggantungnya. Ini berguna untuk mencegah lembap yang jadi sarang perkembangbiakan bakteri.

Untuk spons, rendam di dalam air panas bercampur detergen, diamkan beberapa saat dan remas-remas ketika membilasnya dengan air. Taraaa! Kain lap dan sponsmu sekarang menjadi bersih dan higienis.

4. Jangan Menunggu Piring Menumpuk

Ya, memang kita tahu betapa sulitnya mencuci piring kotor setelah digunakan, terutama saat kita lelah atau sedang terburu-buru. Tapi tahukah kamu kalau tempat cuci piring yang menumpuk itu mengandung bakteri 100.000 kali lebih banyak daripada bakteri di kamar mandi loh! Itu sebabnya, lebih baik segera mencuci piring setelah selesai digunakan. Selain mencegah dan menghindari bakteri dan virus, dapurmu juga akan tetap terlihat bersih dan sehat loh. Jadi sudah tidak ada lagi list mencuci piring lagi di daftar pekerjaan rumahmu keesokan harinya!

Baca Juga :   Hindari Sakit di Musim Pancaroba dengan Cara ini

Meski sesibuk apapun kamu dengan kegiatanmu, kamu harus menyempatkan diri membersihkan rumahmu yaa! Karena rumah yang bersih dan nyaman juga dapat membawa energi positif untuk seluruh anggota keluarga.