Tips Skincare Tepat Sesuai Jenis Kulit!

36
Tips Skincare Tepat Sesuai Jenis Kulit!

Beauty – Setiap orang memiliki kondisi dan tipe kulit yang berbeda satu dengan yang lain. Hal ini juga membuat masing-masing orang memiliki cara perawatan kulit yang berbeda. Namun, banyak orang yang masih sering mengabaikan perawatan kulit karena alasan malas, tidak punya cukup waktu, mahal, dan lainnya. Padahal, kulit adalah area yang selalu terpapar debu, kotoran, dan sinar UV hasil dari beraktivitas di luar ruangan. Semoga tips dibawah ini bisa bikin kamu makin sadar dan terbuka untuk rutin merawat kesehatan kulit ya!

1. Kulit normal

Seperti namanya, orang dengan tipe kulit normal berarti tidak terlalu berminyak maupun tidak terlalu kering. Kulit normal memiliki produksi sebum yang seimbang dan sirkulasi darah yang baik, ditandai dengan tidak sensitive, pori-pori rapat / hampir tidak terlihat, dan kulit cerah. Bagi tipe kulit ini, kamu hanya perlu memastikan bahwa kulit wajah tetap terhidrasi dengan minum yang cukup, gunakan tabir surya (sunscreen) untuk menghindari kulit dari paparan sinar UV berlebih, dan menggunakan pelembap setelah membersihkan wajah secara rutin.

2. Kulit kering

Kulit kering adalah kondisi kulit yang bertekstur dan kasar, kadang terasa kencang sehingga menyebabkan iritasi. Kulit kering dapat diperparah akibat faktor usia, genetik, cuaca, sinar UV, air panas, atau bahan tertentu dari produk kosmetik yang tidak cocok. Ciri pemilik kulit kering adalah pori-pori hampir tak terlihat, kulit kusam, kasar, bercak merah, mengelupas, gatal, hingga meradang. Tips pentingnya adalah kamu harus menggunakan sabun yang ringan dan lembut, jangan menggosok kulit terlalu keras, hindari suhu udara yang panas, dan tetap minum banyak air agar kulit terhidrasi.

3. Kulit berminyak

Minyak pada kulit disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih. Jenis kulit ini cenderung lebih mengkilap dan punya lebih punya kemungkinan untuk punya banyak jerawat dan komedo, serta pori-pori yang terlihat besar. Tips skincare yang tepat adalah rutin membersihkan wajah setelah berkeringat dan gunakan pembersih yang lembut. Hindari memegang dan memencet jerawat, dan gunakan produk perawatan kulit yang non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori.

4. Kulit kombinasi

Beberapa orang juga memiliki kulit tipe ini, yaitu campuran dari kulit berminyak dan kering. Pada jenis ini, biasanya T-zone atau Zona T yaitu bagian dahi dan hidung berminyak, sedangkan bagian pipi kering. Lalu pori-pori terlihat besar, komedo, kulit mengkilap, hanya berjerawat di dahi, dagu, dan hidung. Cara merawatnya mudah saja, gunakan pembersih wajah yang lembut, dan bisa menggunakan 2 produk perawatan yang berbeda untuk zona T dan pipi.

5. Kulit sensitif

Tipe kulit ini sangat mudah bereaksi terhadap sesuatu yang bisa menyebabkan kulit meradang, seperti makanan pedas atau produk kosmetik tertentu. Ciri kulit sensitive adalah kemerahan, kering, gatal, memerah saat mandi air panas atau makan makanan pedas. Cara merawatnya adalah pastikan kamu melakukan uji coba produk kosmetik pada kulit sebelum menggunakannya dengan rutin, lalu jangan berlebihan dalam membersihkan wajah karena dapat membuat kulit bereaksi.

Memiliki kulit wajah yang sehat dan berseri adalah impian setiap orang, tapi untuk memilikinya tentu kita harus memberikan investasi perhatian yang tidak sedikit. Banyak orang sering merasa ragu untuk membeli skincare karena belum tahu tipe kulit yang dimilikinya. Bagi kalian yang mencari rekomendasi perawatan kulit yang cocok untuk semua jenis kulit dan bisa dilakukan di rumah, kamu bisa gunakan Nano Beauty Face! Perawatan wajah dengan teknologi uap yang menghasilkan ion negatif yang dapat menjaga kelembaban kulit alami, mencerahkan wajah, mengangkat sel kulit mati, menghangatkan handuk wajah, bahkan menghangatkan ruangan. Nano Beauty Face sangat cocok digunakan untuk memastikan kulit wajah tetap ternutrisi dan menghilangkan polusi di kulit wajah yang berlebih. Apapun tipe kulitmu, jangan khawatir karena Nano Beauty Face siap menjaganya setiap saat!

Advertisement